Wednesday, April 29, 2015

(Bahasa Indonesia) Chit chat: Panduan Memilih & Menggunakan Maskara Untuk Pemula

Heyyaaa~

     Kali ini aku mau ngebahas sedikit tentang cara memilih dan menggunakan maskara buat pemula! Atau siapa aja yang masih bingung buat menentukan dan menggunakan maskara! Hehehe. Dalam bermakeup maskara memang kayanya produk kosmetik yang musti wajib banget dipake selain eyebrow powder/pencil, lipstik dan eyeliner, terutama buat kamu yang bulu matanya pendek. Tapi ternyata milih maskara tu susah-susah gampang loh! Karena memang banyak banget pilihannya dari berbagai merek kadang kamu pasti merasa bingung mana maskara yang oke buat mu. Ni aku mau jelasin dikit lah tentang cara-cara milih maskara, kali aja membantu hehhee :)


     Oya, sebelum kamu pergi untuk membeli maskara mu, biar ngga bingung pas sampai toko, mending kamu pastikan dulu sebelumnya kalau kamu telah menentukan hal ini: apakah kamu menginginkan maskara untuk memanjangkan bulu mata, melentikkan bulu mata, menebalkan atau semuanya? Beranjak dari sana, maka kamu akan lebih mudah menentukan maskara yang tepat! Berikut ini aku kasih sedikit sedikit panduan dasar untuk memilih maskara dan cara penggunaannya~

1. Tentukan kuas maskara yang sesuai
     Sebelum kamu membeli maskara, ada baiknya kalau kamu sebelumnya menentukan dulu kuas maskara seperti apa yang kamu butuhkan. Karena beda kuas maskara, beda juga kegunaannya.


  • Untuk mendapatkan bulu mata yang tebal dan bervolum, kuas maskara yang dapat kamu dijadikan pilihan adalah yang tebal, penuh dan memiliki lebih banyak bristle-nya. 
  • Untuk melentikkan bulu mata, kamu bisa nyari kuas maskara yang bentuknya agak melengkung. 
  • Untuk memanjangkan bulu mata, biasanya kuas maskara yang tepat adalah yang lurus dan hampir mirip seperti gigi-gigi sisir ketimbang bristle maskara pada umumnya. 
  • Untuk memenuhi dan mempertebal bagian samping bulu mata, kamu mungkin mau memilih kuas maskara dengan ujung bundar agar dapat mencapai daerah-daerah samping bulu mata dengan baik dan gak bleberan ke mana-mana.
  • Untuk bulu mata yang tampil lentik natural, maskara dengan kuas tipis dan bergigi jarang dapat menjadi pilihanmu, jadi hasilnya pun tipis dan natural, gak lebay.
     , semakin banyak jarak antara bristle atau gigi-gigi maskara maka semakin baik juga kuas tersebut untuk memisahkan bulu mata satu sama lain. Kalau kamu ingin bulu mata yang tebal dan bervolum lebih baik pilih juga kuas maskara yang bristle nya tebal. Kalau mau yang bulu matanya panjang aja dan terlihat natural cari yang bristle nya agak musuhan a.k.a jauhan hahhaa. 

2. Tentukan formula maskara yang diinginkan
     Tidak hanya kuas maskara yang menentukan hasil, tetapi formula yang terdapat di dalam maskara juga sangat berpengaruh lho! Lihat deskripsi pada produk maskara yang ingin kamu beli untuk menentukan formula yang tepat. Karena memang tiap maskara kayanya memiliki formula yang beda-beda deh.


  • Kalau kamu menyukai bulu mata yang panjang maka carilah formula maskara yang memanjangkan. Maskara ini biasanya memiliki bahan dasar seperti serat yang dapat menempel pada bulu mata agar telihat lebih panjang. Biasanya formula maskara ini cukup ringan dan kamu dapat menggunakan beberapa lapis dari maskara ini tana menyebabkan gumpalan. Maskara tipe ini cocok sekali untuk kamu yang berbulu mata pendek, jadi mata mu bisa lentik-lentik ganjen kalau uda makai tipe maskara ini hehehe.
  • Kalau kamu ingin hasil bulu mata yang tebal dan penuh, maka carilah formula yang sesuai. Biasanya maskara ini mengandung silicone polimers atau wax yang dapat membuat bulu mata terliat lebih penuh. Kamu dapat menggunakan beberapa lapis maskara dengan formula ini untuk hasil yang maksimal, tetapi jangan lupa untuk tekan perlahan dengan tisu setiap sebelum melapisi maskara agar tidak terlihat menggumpal. Kalau menggumpal soalnya bulu mata bakal keliatan gak bagus *imo.
  • Kalau bulu mata yang lentik adalah yang kamu incar, cari lah formula yang khusus melentikkan bulu mata. Biasanya formula maskara ini mengandung polymer dan juga resin agar dapat menangkat dan menahan bulu mata lentikmu. 
  • Bagi kamu yang menginginkan maskara yang tahan lama walaupun terkena air sekalipun, pastikan kamu memilih maskara yang menyatakan memiliki formula waterproof. Bagi kamu yang lebih menyukai maskara yang mudah dibersihkan, pilihlah maskara dengan formula non-waterproof.
  • Kalau kamu yang nyari maskara tahan lama tapi bisa kena wudhu mungkin bisa nyari maskara-maskara dengan label halal, karena bisa jadi formula nya itu dari air or something yang memungkinkan bulu mata tetap terpapar air wudhu walaupun ngga diapus. Tapi kalau lebih aman dan ga yakin. mending di apus dulu maskaranya.
     Pilihlah formulanya sesuai dengan kebutuhan bulu matamu. Bagi kamu yang merasa memerlukan lebih dari satu formula, maka kamu dapat menelusuri lagi deskripsi maskara yang ada karena banyak juga maskara yang menyajikan formula all in one!

3. Gunakan maskara dengan benar
     Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka kamu juga harus dapat menggunakan maskara yang sudah kamu pilih dengan benar. Berikut beberapa tips penggunaan maskara yang bisa kamu coba:


  • Untuk maskara dengan efek memanjangkan bulu mata, kamu bisa ngelapisin maskara tersebut secara berulang-ulang (di build up) karena biasanya formula nya tidak akan menggumpal.
  • Untuk maskara yang menebalkan, pemakaiannya harus lebih hati-hati dan jangan sekaligus melapisi maskara secara berulang-ulang karena dapat menggumpal dan membuat bulu mata terkesan jelek. Oleh karena itu gunakan tisu untuk mengangkat sisa maskara selang melapisi maskara pada bulu mata. Karena kalau ngegumpal hasilnya pasti gak bagus deh.
  • Untuk mendapatkan hasil yang lentik, pastikan kamu menggunakan maskara dari ujung akar bulu mata secara zig-zag dan tarik ke arah ujung bulu mata. Jangan cuma di ujung-ujung mata nya aja, dari akar lhoooo. Emang agak ngeri awalnya, cuma lama-lama pasti kebiasaan dan gak kagok lagi.
  • Agar maskara dapat bertahan lama, tetapi tetap mudah dibersihkan, maka gabungkan penggunaan dua formula maskara! Pertama gunakan maskara yang non-waterproof atau regular, lalu setelahnya gunakan maskara yang waterproof.
  • Gunakan kuas maskara secara horizontal untuk hasil yang lebih tebal dan secara vertikal untuk hasil yang lebih natural. Cara horizontal kaya biasa kita pakai maskara, kalau vertikal ditegakking ujung maskaranya dan di sodok-sodok ke bulu matanya yang ujung-ujung aja sih kalau ngeri ke tusuk hahaha.
-----
     Sekian aja sih tips and trick di chit-chat kali ini. Sudah tau apa maskara yang kamu butuhkan sekarang? Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu ya biar hasil yang nanti didapat juga maksimal dan sesuai keinginan. Sedikit tambahan, lebih baik kamu tidak menggunakan maskara secara bergantian dengan orang lain. Bakteri dapat menempel pada kuas maskara dan saat kamu mengembalikan kuasnya ke dalam botol maskara maka bakteri ini tentunya juga akan menyebar di dalamnya. Jadi ada baiknya kalau kamu menyimpan maskaramu khusus untuk dirimu sendiri. Ngeri kaaannn kalau sampai terinfeksi bakteri, hiii. 
      Oya, memilih maskara juga butuh trial and error kok, jadi jangan nyerah dulu kalau kamu kebeli maskara yang ternyata kurang tepat walaupun uda yakin banget dari deskripsi bakal cocok. Aku juga gitu kok, butuh trial and error dulu, tapi so far my fave itu makaranya dari Maybelline, yang hitam, volum' express sama yang rocket volum'. Selain murah kualitas nya juga oke menurut aku. Cuma ya balik lagi, tiap orang beda-beda soalnya hehehe. Goodluck finding your true mascara! :*

Sekian dulu ya, see you!

Love,
Auzola

No comments:

Post a Comment