Wednesday, April 29, 2015

(Bahasa Indonesia) Chit chat: Cara Membersihkan Sisir Sendiri

Aloha girls!

     Sorry i'm just back with another chit chat, karena sedang banyak kegiatan untuk minggu ini dan bulan ini memang benar-benar hectic banget dengan berbagai masalah ga jelas, aku bakal mulai posting tentang review-review produk di bulan depan ya, hopefully semua nya lancar-lancar aja karena aku sembari ngerjain skripsi lagi (akhirnya). I hope this unlucky month kelar di bulan april and semoga may gonna be a bright month for me! Anyway kali ini aku mau bahas tentang cara membersihkan sisir sendiri, yuk lihat blog post berikut!



     Mungkin beberapa dari kamu mikir ngebersihin sisir itu ngga penting-penting banget, ada yang cuma nyiram sisirnya trus dikeringin gitu aja, ada yang malah dicuekin aja tu sisir. Ihhh, tapi ternyata bersihin sisir itu penting bangeetttt buat kesehatan rambut! Ngga cuma sampo yang tepat aja yang penting biar rambut mu sehat, tapi sisir yang bersih pun bakal menunjang kesehatan rambutmu lho!
     Intinya sih sisir cukup penting di bersihin beberapa saat sekali, kalau ngga bakal ada build-up sisa minyak-minyak rambut, debu, trus juga rambut-rambut rontok yang bikin sisir jadi ewwww. Ini aku mau share sedikit aja cara mudah bersihin sisir yang bisa kamu lakukan kapan aja kok! Langsung aja yaa:

Ketahui kapan saat yang tepat untuk membersihkan sisirmu:

     Apakah kamu rajin untuk menarik sisa-sisa rambut rontok dari sisirmu setiap habis digunakan? Kalau ngga,  kamu mungkin bakal mau melakukan hal simple ini deh sebelum fokus untuk membersihkan keseluruhan sisir mu. Kalau kamu sehari-harinya memang selalu menarik sisa-sisa rambut rontok dari sisirmu, dalam beberapa waktu kamu akan menyadari bahwa di bagian dalam alas sisir mu terlihat kotor dan mungkin sedikit menjijikan kalau terlampau banyak, kotornya tu keliatan kaya debu cuma lengket gitu, eww. 
     Kotoran tersebut dapat merupakan debu, minyak dari rambut, sisa produk styling rambut, bahkan debu yang berasal dari kulit mati kepala mu! Eewwww kan? Tentunya kalau hal ini ngga dibersihkan malah bakal bisa bikin rambut ikutan kotor dan ngga sehat! Intinya, kurang lebih jarak waktu untuk membersihkan sisirmu adalah sekitar sebulan atau tiga bulan sekali. Tapi tentunya akan lebih baik kalau kamu mau membersihkan kotoran tersebut lebih sering lagi. Ya tergantung lah, intinya jangan males-males banget hahaha.


Cara membersihkan sisir:
1. Tarik sisa-sisa rambut rontok yang menempel pada sisir. 
2. Tuangkan sedikit sampo bayi atau sabun pencuci kuas makeup ke dalam air hangat dan rendam sisirmu beberapa saat. Ini biar minyak-minyak dan debu yang nempel bisa gampar terangkat.
3. Gosok-gosok bagian alas sisir dengan menggunakan sikat gigi agar lebih dapat membersihkan dengan baik. Hal ini memang diperlukan biar semua kotoran yang nempel cuss hilang.
4. Bilas dan keringkan.

     Kalau model sisir yang kamu punya dapat dipisahkan bagian alas dan gigi-gigi sisirnya, maka hal itu akan lebih memudahkan mu untuk membersihkannya. Sisirku kaya gitu (mirip banget sama gambar yang di atas tadi), jadi tinggal copotin aja gigi-gigi sisir nya trus tinggal bersihin alas sisirnya dan tempel balik gigi-gigi sisirnya. Jangan lupa juga sih gigi-gigi sisirnya dibersihin.
     Jika sisirmu merupakan bulu-bulu seperti kuas makeup maka saat mengeringkannya hadapkan bagian bulu ke handuk agar air-airnya terserap kebawah dan tidak merusak gagangnya. Kaya kalau nyuci kuas aja, kan bulu nya di hadepin kebawah biar ngga rusak gagangnya. Untuk gagang sisir yang terbuat dari kayu, maka jangan terlalu lama merendamnya, cukup celupkan saja kepala sisirnya ke dalam air beberapa saat sebelum di gosok bagian alasnya dan cepat keringkan setelahnya.

Cara membersihkan round brush atau sisir bundar:

     Sisir yang ini memang terlihat jauh lebih susah untuk dibersihkan, ini lebih tricky banget terutama saat menarik rambut-rambut yang menyangkut di gigi-gigi sisirnya, tetapi sebenarnya mudah saja kok! Keliatannya aja ribet itu rambut pada belibet di sisir bundarnya, padahal cara membersihkannya sama saja dengan sisir yang lain. Yang perlu diperhatikan adalah cara untuk menarik sisa rambut yang menyangkut. Gemesin emang, tapi kalau tau triknya, it's a piece of cake! Menarik-menarik sisa rambut dengan asal-asalan tidak akan membuat sisa rambut itu mudah terlepas.
     Kamu dapat menggunakan ujung lancip dari pick comb (sisir lurus dan tipis yang memiliki gigi-gigi sisir yang rata, seperti buat menyasak) untuk menarik rambut ke atas dari gigi-gigi sisir untuk memudahkan menarik sisa rambut tersebut. Atau kamu dapat mengunting sisa rambut yang menyangkut tersebut dan menariknya dengan mudah setelahnya! Aku sih lebih prefer gunting gunting dulu baru tarik sisanya, lebih gampil!

----
     Ya segitu aja sih tips and trick bersihin sisir dari aku, moga-moga ngebantu sih hahhaha, yang pasti jangan lupa bersihin sisirmu. Kalau sisirnya dekil kan males juga makenya, belum malu nya kalau ada temen yang mo minjem hahhahaa. That's all for now, see you on my next post! 

Love,
Auzola

No comments:

Post a Comment