Friday, May 29, 2015

(Bahasa Indonesia) Chit chat: Jenis-jenis Pewangi Tubuh

Aloha everybody!

     Kembali dengan chit chat bersama Auzola dan kali ini kita akan ngomong jenis-jenis pewangi tubuh dan apa sih yang membuat mereka berbeda?? (ngomongnya ala-ala mc reality show hahaha. Seperti yang kita tau, pewangi tubuh atau fragrance itu banyak rupa dan namanya, ada yang disebut, parfum, eau de parfum, eau de toilette, dan sebagainya yang sebenarnya cukup bikin bingung orang awam macam saya (hahaha).
     Jadi akhirnya aku mencoba nyari tau apa sih bedanya mereka-mereka itu dan yuk langsung di cek aja di bawah ini!


     Yaaa, sekedar mau ngasih tau aja, ternyata label-label itu gak cuma beda di nama aja, tetapi juga di dalamnya itu ada klasifikasi fragrance lho! "Apa sih maksud lo?", well gini, setiap klasifikasi dari label fragrance itu menandakan jumlah konsentrasi dari esens yang ada di dalamnya. Jadi beda nama, beda tingkat konsentrasi esensnya. Makin mahal, makin tinggi juga konsentrasi esensnya dan makin tahan lama, yang mumer ya bau sekilas terus ilang aja gitu hahaha.

1. Body Mist

     Nah si Body Mist ini termasuk kasta paling rendah dalam per-fragrance-nan. Konsentrai esensnya itu imut banget, cuma sekitaran 1.5-3% dan sisanya itu air dan juga alkohol. Maka itu wangi dari si body mist ini ngga bakalan bertahan lama dan cepet banget nguap dari badan. Well, keuntungannya body mist ini murah banget ya, sebotol gede aja bisa gak abis-abis dan biasanya di bawah 50ribuan. Ya bau-bau dikit yang penting cocok di kantong lah hahhahaha.

2. Eau de Cologne

     Eau de Cologne ini cuma keren di nama aja, padahal sih mirip-mirip sama body mist yang di kasta paling rendah tadi. Konsentrasi esens nya itu paling banyak sekitaran 7% aja dan ya sisanya air. Eau de Cologne ini juga biasanya dikemas dalam ukuran besar, ya karena itu tadi, banyakan airnya. Mirip sama si body mist, eau de cologne ini juga ngga bertahan lama wanginya, jadi siap-siap aja nyemprotin 50x sehari biar tetep wangi. ;)

3. Eau de Toilette
   
     Eau de Toilette mungkin salah satu nya yang sering kita denger juga, tapi bukan toilet wc loh guys. Percaya ga percaya, aku pas kecil bingung apa hubungannya parfum sama toilet. Dulu gw mikir itu mungkin parfum yang hanya boleh di pake di toilet hahahhaa. Untung abis itu otak ku berkembang dan sadar ini ga ada hubungannya sama toilet wc hahahhaa. Well, tapi ternyata ngga sekeren namanya, hasilnya lumayan biasa hahhaa. Eau de Toilette biasanya mengandung sekitaran 10% untuk konsentrasi esensnya. Sayangnya si Eau de Toilette ini juga sebenarnya ga bertahan lama-lama banget di badan. Ya tapi biasanya packagingnya lebih keren dari si body mist and cologne, jadi tenang kamu bisa terlihat tetep keren megang si Eau de Toilette ini.

4. Eau de Parfum

     Nah ini mulai agak kece dikit. Eau de Parfum biasanya mengandung konsentrasi esens sekitaran 15-20% yang bikin wanginya ini lebih tahan lama di banding 3 sebelumnya. Eau de Parfum juga biasanya tercium lebih wangi dan bisa di semprot ke rambut atau pakaian, tapi ya better liat-liat dulu, kali berbekas. Tapi jujur, aku ga pernah make yang eau de parfum (atau ngga sadar).

5. Parfum

     Akhirnya kita tiba di kasta paling tinggi. Terorettt~ Well, si Parfum ini merupakan jenis fragrance yang paling mahal dan juga paling tahan lama. Parfum bisa memiliki konsentrasi esens sampai sebesar 40%. Wangi yang dikeluarin pun lebih kuat dan tentunya tahan lama. Selain itu pakai parfum sebenar-nya hemat-hemat aja. Cukup di pakai di titik-titik nadi tertentu aja, kaya pergelangan tangan, belakang kuping, leher dan sebagainya. Nah, apapun yang kamu lakukan (ntah itu emang lagi korslet atau emang rencanan mau pamer), jangan nyemprot parfum satu badan! Yang ada mabok orang disekitar mu, kebayang kan kamu masih 1 kilo lagi cuma wanginya uda nyampe tempat tujuan hahhaha. So plis, jangan deh.

---
     Nahhh, itu dia jenis-jenis dan perbedaan fragrance. Tapi sih in the end jangan terlalu berlebihan kalau makai wewangian, kasian hidung orang-orang yang disekitarmu. Bisa-bisa idung mereka mengkerut macem idung squidward terus jatuh ke lantai. ;P

Hayooo, yang mana yang paling kamu suka pakai?

Yang pasti aku cuma mampu sampai eau de toilette hahhaha. Pernah makai parfum mama, cuma karena masih bocah maen semprot aja, kebayang teler satu rumah, abis tu diumpetin parfumnya hahhahaha. Dan setelah itu saya masih setia kok sama eau de toilette, lol.

Sekian dulu yaaa, see you!

Love,
Auzola


2 comments:

  1. Aku suka pakai parfum. Dasarnya aku ga suka re-apply parfum, 2 semprot cukup untuk seharian :P
    Aku baru tahu loh jenis-jenis parfum. Aku kira eau de toilette itu pengharum toilet wkwkwk.
    Thank for sharing dear ^^

    bjorkiagadzotica.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sebenarnya juga males sih sering-sering nyemprot, cuma karena careless cuma di kasih mentok di eau de toilette ama mama hahhaha xD
      anyway thanks for mampir yaaa :*

      Delete