Friday, May 29, 2015

(Bahasa Indonesia) Chit-chat: SPF? Apa fungsinya sih?

Alohaaaaaaaaa~

     Semoga ga bosen ya chit-chat melulu. Tapi aku lagi ada beberapa pengetahuan lagi yang mungkin dapat membantumu! Hehehe, jadi kepengen aja aku share. Jadi siapa sih yang ga pernah dengen kata-kata SPF?? Di sunblock atau body lotion jaman sekarang pasti banyak yang nyantolin tulisan SPF, cream muka, bedak, daaaan banyak lagi. Tapi apa kamu sebenarnya tahu apa itu SPF dan fungsinya? Terus apa sih yang bedain angka-angka pada SPF? Yakin SPF 75 jauh lebih baik dari SPF 30? Well, yuk langsung aja check chit chat ku yang kali ini!


Apa sih SPF itu sebenarnya?

     SPF itu merupakan singkatan dari Sun Protection Factor, yaitu ukuran seberapa baik suatu poduk (sunscreen) dapat melindungi kulitmu dari sinar UVB (radiasi yang bisa bikin sunburn dan bikin kanker kulit). SPF ini juga memiliki tingkatan masing masing, dari SPF 15, SPF 30, SPF 50 dan sebagainya.

Terus apa sih beda itu angka di label SPF yang 15, 30, 50 dan sebagainya itu?

      Nah kan si SPF ini buat ngelindungin kulit kita dari sinar UVB dan angka-angka ini tu mengacu pada seberapa lama ini sunscreen bisa ngelindungin kulit kita. Cara ngukurnya juga cukup gampang, tinggal kaliin aja durasi lama kamu di bawah matahari sampai terkena sunburn dengan angka di label SPF nya.
      Bingung? Nih contohnya kamu kalau terkena paparan matahari bakalan kena sunburn dalam waktu kurang lebih 10 menit, maka kalau kamu pakai sunscreen dengan SPF 15, itu 10 tinggal kamu kaliin 15, yaitu sekitar 150 menit atau 15 kali lebih lama dapat terpapar matahari tanpa terkena sunburn.
     Terus juga, angka-angka ini juga ngebedain seberapa besar ini sunscreen dapat melindungi kulitmu dari sinar UVB. Tapi ternyata walaupun angkanya gede-gede perbedaannya, ternyata tingkat perlindungannya itu sendiri ga begitu gede.

  • SPF 15 dapat menahan sampai 93% sinar UVB
  • SPF 30 dapat menahan sampai 97% sinar UVB
  • SPF 50 dapat menahan sampai 98% sinar UVB
     Nah karena perbedaan tingkat perlindungan yang ga begitu signifikan ini, banyak ahli yang menyarankan buat makai yang SPF nya 15 atau 30 aja, tapi dengan pemakaian yang sesuai. Dan luckily, karena kita orang tropis yang pigmentasi kulitnya lebih oke daripada orang bule, makanya kita pun ga perlu pakai SPF yang terlalu besar. Toh ga ngaruh banyak juga, kita ga kena sunburn segampang bule dan proteksi SPF nya sendiri cuma beda dikit-dikit banget, ga signifikan lah. 
      Tapi yah, yang penting itu kita benar cara pakai SPF nya. Biasanya kita tu cuma ngolesin sunscreen terlalu tipis (paling normalnya sekitar 1/4 atau 1/2 dari yang sebenarnya kulit kita butuhkan) yang bikin suncreen ini ga bekerja maksimal. Baiknya kalau makai sunscreen itu agak tebal, sekitar 2mg/cm2 pada kulit atau sekitar satu ons pada seluruh tubuh dan selalu diaplikasikan berulang setiap kurang lebih 2jam sekali.  

Lah emang kenapa kalau mau pake yang SPF tinggi? 

     Yaaa, gapapa juga sih kalau kamu punya duit buat dihambur-hamburin ke hal yang ga penting hahaha. Well, seperti yang uda disampaikan, it's a bit useless and waste of money (biasanya yang embel-embel SPF 50 keatas itu lebih mehong bok! Padahal bedanya cuma satu persen dan makin atas makin dikit bedanya buat ngelindungin kulit dari UVB). Apalagi kita orang indo yang pigmentasi kulitnya uda oke dan lebih tahan akan papaan sinar matahari hehhee, jadi ga begitu beda laahh ngaruhnya tu SPF tinggi. Terus juga ni ya, kita tu jadi salah paham mikir kalau pakai SPF tinggi kulit kita bakal lebih terlindungi, padahal mah sama aja, apalagi kalau kita makainya ga cukup banyak. Bah. Ga ngaruh. 
     Lalu walaupun pakai SPF kita tetap disarankan ngga bejemur terlalu lama di bawah sinar matahari lhoo, jadi jangan terlalu pede gosong-gosongan abis makai SPF gara-gara kamu mikir, "alah ga papa lama-lama bejemu, tar ga bakal tambah item atau ngerusak kulit, SPF nya tinggi kok". It's totally wrong, honey! (Jujur awal-awal aku juga sempet mikir gini hahhaaha). 
     Selain itu biasanya SPF yang tinggi itu cuma nawarin perlindungan UVB aja dan kadang lupa buat perlindungan UVA nya. Padahal sinar UVA juga bahaya buat kita (dapat memicu penuaan kulit) dan juga sama bahayanya sama UVB dampaknya kalau tepapar terlalu lama. Jadi pastiin juga selain SPF nya pas untuk ngelindungin kamu dari UVB, si sunscreen ini juga menawarkan perlindungan terhadap UVA!

---
     Yah gitu aja sih infonya..siapa tau masih ada yang salah persepsi tentang SPF macem aku dulu hahhahaa. Yang pasti jangan menganggap dengan SPF tinggi kulitmu aman dari sinar matahari sepenuhnya dan tetep bakal putih ya, gak bakal hahhahaa. :P

Anyway aku mungkin ada salahnya, jadi jangan ragu buat cari-cari informasi lain tentang SPF ya guys! Ini hasil analisku dai beberapa artikel yang ku baca hehehe. See you on my next post pretty!

Love,
Auzola


2 comments:

  1. Artikelnya bagus banget! Gatau juga sih sejak pake SPF 50 kulitku jadi ga gampang item kena sinar matahari., lebih ampuh daripada SPF 25 yang dulu sering kupakai. Tapi tetep aja ga mau panas-panasan. Hehe

    bjorkiagadzotica.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe thanks dear! Kalau aku sih so far pakai yang 30-50, tapi semenjak baca-baca ternyata ga jauh beda, paling pas makai aku banyakin biar maksimal si SPF kerjanya hihihihi :P

      Delete