Sunday, June 21, 2015

(Bahasa Indonesia) Chit chat: Tips Untuk Mewarnai Rambut Di Rumah - Lembaran Baru 'Unveils The Excellence in Me'

Heiiihoooo~

     Aku kembali lagi, dengan problema yang sama yaitu "RAMBUT BARU", hahaha, kali ini ga sekedar potongan rambut yang berbeda kaya yang biasanya aku lakukan, tapi warna nya juga beda! Mungkin kamu uda tau kalau ini pertama kali nya aku ngecat rambut (dengan L'Oreal Excellence). Makanya aku cukup waspada sebelum melakukannya, hehehe. Berikut beberapa tips yang sudah aku rangkum dari berbagai sumber yang aku baca agar mewarnai rambut di rumah jadi lebih aman dan rambut tetap lembut!



     Well, mewarnai rambut ku merupakan satu step besar dalam kehidupanku (lebay, tapi serius), aku suka warna rambut ku dan takut gak cocok kalau aku mewarnai rambut (which is ternyata bisa dihindari dengan tau tips dan trick memilih warna rambut yang tepat, bisa baca di sini hehehe).
     Oleh karenanya, kemarin sebelum aku memberanikan diri untuk membuka Lembaran Baru dan ngecat rambut ku pakai L'Oreal Excellence 4.26 warna Purple Brown (which is really aman, gak bikin rambut kering, plus warna tahan lama karena ada triple care technology nya), aku nge-search google dulu buat tips-tips ngecat di rumah. Jadi kamu kamu yang baru memberanikan diri ngecat rambut kaya aku, bisa baca di sini tips-tips nya hehehe. Biar makin mantap :)

1. Make it simple dan wajar.
   
     Ini penting banget ni, kalau kamu ngga mau rambut kamu berubah jadi ijo (padahal niatnya blonde), atau jadi biru demek, atau warna-warna lainnya yang gak sesuai, mending keep it simple aja deh. Jangan pilih warna yang aneh-aneh, apalagi kalau ini percobaan pertama kamu ngecat sendiri dan belum ada pengalaman sebelumnya. Warna-warna kaya yang di L'Oreal Excellence Cream itu menurut aku bagus-bagus buat cat sendiri, karena emang ditujukan buat ngecat di rumah. Dan kemungkinan warnanya itu berhasil mirip sama yang ada di gambar, i mean setidaknya gak bakal berubah warna kaya dari blonde jadi ijo gitu deh. So, pilih warna yang aman biar ga menyesal! (kalau uda ekspert bolehlah mulai eksplore warna dramatis lainnya hehe).

2. Pilih warna yang sesuai. 


     Pastinya kamu bingung menentukan kira-kira warna yang cocok apa. Kamu bisa menyempitkan pilihan warnamu dengan menggunakan tone kulitmu lho! Kaya misalnya kalau kamu cool undertone, kamu bisa nyoba warna hitam, ash brown, platinum blonde, icy white blonde, blue black, golden brown, dan sebagainya. Sedangkan kamu yang punya warm undertone bisa coba warna cokelat gelap, chestnuts, golden brown, auburn, red, strawberry blonde, dan sebagainya. Dan kamu yang undertone nya netral (congrats) kamu cocok pakai warna apa aja. Lihat di post ku di sini buat pembahasan lebih lanjut mengenai pemilihan warna rambut!


     Gambar di samping merupakan warna yang aku pilih, itu pun karena abis konsultasi sama mba-mba L'Oreal nya hehehe.



3. Persiapkan alat perangmu.

Yah, tentunya kamu harus siapin semua peralatan perang mu pas mau ngecat rambut, jangan sampai nanti ada aja yang kurang. Yang ada kamu ribet sendiri dan belepetan lagi. Ni kurang lebih yang perlu kamu siapkan itu adalah:

  • Sarung tangan plastik (biasanya uda ada di box cat rambutnya, at least L'Oreal punya ku sih gitu)
  • Kaos gak di pakai lagi atau handuk kimono warna gelap gitu biar ga kotor satu badan
  • Vaseline (buat di olesin ke bagian jidat atau leher, biar warna cat rambut gak membekas di sana, tapi untungnya yang L'Oreal sih ga ngebekas karena aku ga pakai vaseline sama sekali dan aman aja)
  • Tisue atau kain lap buat ngelap cat yang netes-netes (pas aku pakai L'Oreal kemarin karena aplikatornya cukup kece, sukurnya ga banyak yang netes)
  • Jepitan rambut (buat misah-misahin rambut jadi ngecat perbagian lebih mudah dan rata)
  • Kuas yang buat cat rambut kalau perlu ngeratain bagian atas-atas nya
  • dll
Ini dia beberapa peralatan perang ku kemarin, semuanya dari box nya hihihi.

4. TESTING DULU!!

     Ku rasa di berbagai kotak cat rambut pasti kamu di wajibin buat ngetest produknya dulu sebelum melakukan pengecetan. Kenapa? Soalnya kadang ada aja bahan yang mungkin bisa bikin kamu alergi. Jadi coba tes di belakang kuping seharian atau dua hari, kalau ga gatel-gatel langsung lanjut. Selain itu, testing juga warnanya di beberaa helaian rambut dalammu. Kali aja ternyata kamu ga suka hasilnya di rambutmu, dan karena cuma bagian kecil, hasilnya bisa di tutupi rambut lain sampai kamu memilih warna yang pas. Tapi sih kalau uda yakin sama warnanya, ga perlu lagi testing-testing di beberapa helaian rambut, langsung aja keseluruh rambut hehehe.

5. Ngga usah cuci rambut sebelum dan sesudah.

     Nah ini dia, aku kemarin agak lupa ngelakuin. Aku nyuci rambut sehari sebelum ngecat (gak sampai 24 jam). Ternyata ada baiknya kalau rambut kita dibiarin berminyak saat di cat. Soalnya kalau baru di cuci rambut kekurangan minyak yang ternyata dapat menyerap cat rambut dengan lebih baik, yang bikin warnanya lebih nyata tentunya. Jadi setidaknya tunggu 24 - 48 jam dari mencuci rambut kalau mau ngecat rambutmu. 
     Terus juga, hindari mencuci rambut mu menggunakan shampo setelah pewarnaan, baiknya gunakan saja conditioner khusus yang biasanya tersedia di box-box cat rambut. Dari L'Oreal sendiri aku dapat protective conditioner nya, jadi cukup pakai itu saat bilas. Selain itu baiknya menunggu sampai 48 jam sebelum mencuci rambut pakai shampoo, karena biar warna nya bisa meresap dulu dan jadinya lebih tahan lama. Plus pakai shampoo dan conditioner yang memang di tujukan buat rambut yang di cat yaaa (aku sendiri sekarang pakai L'Oreal Color Vive shampoo dan conditionernya, it's true warnanya masih se oke pertama kali ngecat kemarin).

6. Ikutin instruksi di box cat rambutmu.

     Ini penting juga. Kenapa? Karena masing-masing cat rambut memiliki instruksi yang ada perbedaannya. Kaya misalnya di L'Oreal nunggu nya sekitar 30 menit kalau pertama kali cat dan gabungan antara 20 menit untuk pangkal rambut, lalu di lanjutkan 10 menit saat setelah mengecat ujung rambut. Tapi ngga semuanya 30 menit, jadi baca aja instruksi nya baik-baik dulu, bisa saja cara pengaplikasian yang disarankan berbeda satu sama lain :)

---
Sekian aja sih tips-tips penting dari ku hehehe (baca tips dan trick ala L'Oreal Paris di sini dan pengalaman ku cat rambut pertama kali di sini), semoga ini membantu dan mencerahkan kamu dalam mengecat rambut! :)

Love,
Auzola



-----------------------------------------------------------------
P.s bagi kamu yang blogger, L'Oreal juga lagi ngadain kontes “Lembaran Baru: Unveils The Excellence in Me with L’Oréal Paris Excellence”, yuk ikutan karena hadiahnya wow loh! Kontesnya cuma sampai tanggal 23 Juni 2015 ini aja, jadi jangan sampai ketinggalan ;)

No comments:

Post a Comment