Saturday, August 29, 2015

(Bahasa Indonesia) Chit chat: Bikini Wax - Brazilian Wax 101

Heeeeyyy hooo!

    Di artikel ku sebelumnya aku ngebahas tentang Hair Removal 101, nah sekarang mau ngomongin sedikit tentang waxing! Ga sembarang wax, tapi bikini wax! Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum dan sesudah melakukan bikini wax agar prosesnya lebih lancar dan tidak terlalu menyakitkan!

sumber: keepcalm-o-matic.co.uk
      Bikini atau brazilian wax mungkin uda sering kamu denger. Tapi masih ada yang bingung bedainnya? Basically, kalau bikini wax itu bagian yang dihilangkan adalah di bagian luar garis bikini / celana dalam, seperti misalnya dekat paha dalam dan bagian atas yang dekat dengan perut. Kalau brazilian wax adalah menghilangkan seluruh bulu yang ada di daerah v termasuk bagian bokong juga biasanya.  
     Well, aku selama ini melakukan bikini wax dan juga brazilian di rumah hahahhaa. So it's really hurt especially when you do it yourself. Pas mau narik dag dig dug dulu hahhaa. Jadi aku mau berbagi sedikit tips yang bisa dilakukan biar prosesnya pun semakin lancar jaya :P

Sebelum Melakukan Bikini Wax


1. Lakukan eksfoliasi beberapa hari sebelumnya
     Gunakan scrub yang berpartikel halus dan eksfoliasi kulit secara lembut. Hal ini bertujuan untuk menghindari ingrown hair dan juga iritasi karena rambut yang tersumbat. Pastikan kamu melakukan hal ini beberapa hari sebelum waxing kalau ngga ingrown hair itu nyebelin jadi kaya jerawat -.-

2. Pastikan rambut telah tumbuh setidaknya ½ cm 
     Agar dapat di wax, rambut harus tumbuh setidaknya ½ cm sebelum melakukan wax. Kamu boleh merapikan bagian rambut yang terlalu panjang, tetapi pastikan setidaknya kamu telah meninggalkan rambut tumbuh sekitar ½ cm, kalau kepanjangan bakal lebih sakit IMO dan kalo kependekan sampe capek tar ga ketarik-tarik sama wax nya hahhaa.

3. Konsumsi pereda nyeri jika dibutuhkan 
     Bagi kamu yang tidak tahan nyeri, lebih baik kamu mencoba untuk mengkonsumsi pereda nyeri sebelum melakukan wax untuk amannya. Kalau aku bisa tahan nyeri nya sih so far, jadi ga perlu konsumsi pereda nyeri segala hehe.

4. Jangan lakukan saat sedang mentruasi atau saat ingin mentruasi 
     Saat sedang atau ingin menstruasi, maka kulit pun akan menjadi lebih sensitif. Oleh karena itu, jika kamu wax dalam masa-masa ini, pasti rasa sakitnya akan menjadi berlipat ganda. Tunggu sekitar 1-2 minggu setelah menstruasi jika ingin melakukan waxing. Trust me girls, waxing deket-deket mens atau baru kelar mens cukup bikin air mata mengalir, alias lebih sakit hahaha. So, mending sabar waxing nanti-nanti.

Setelah Melakukan Bikini Wax

1. Gunakan after shave gel atau aloe untuk meredakan iritasi 
      Karena bagian kulit akan ditarik saat waxing, ada kemungkinan kulitmu akan mengalami iritasi ringan atau kemerahan. Oleh karena itu gunakan produk-produk yang dapat menenangkan kulit seperti after shave gel atau aloe gel. Aku biasanya pakai cream dari Oriflame, cuma kayanya uda ga keluar lagi deh. Dan aku biasanya sih pakai alkohol dulu abis selesai wax, takut ada yang luka kulitnya karena tarikan berkali-kali. So far sih adem bukannya perih, but cari aman aja ya hahhaa.

2. Jangan eksfoliasi kulit, berenang atau pun berjemur setidaknya sampai dua hari setelahnya
     Hindari eksfoliasi kulit, berenang dan berjermur setidaknya 2 hari setelah waxing karena kulit masih ada kemungkinan mengalami iritasi. Oleh karena itu jauhi dulu hal-hal ini sampai kulit benar-benar siap.

3. Hindari menggunakan dalaman yang ketat untuk beberapa saat 
    Hindari juga menggunakan dalaman atau pakaian yang ketat agar kulit dapat bernafas dan terhindar dari iritasi dan infeksi. Ya seengga-nya dua tiga hari lah pakai yang agak longgar dulu, kasian kulitnya abis di tarik terus di press hahhaha.

4. Lakukan secara berkala 
    Agar kamu terbiasa dan waxing pun menjadi lebih mudah, ada baiknya kamu melakukan bikini waxing secara berkala. Hal ini juga dapat membuat hasil setelah waxing lebih tahan lama, serta pertumbuhan rambut pun lebih tipis dan tidak sekasar sebelumnya. Jangan kaya aku, suka-suka bikini/braziliannya, since emang dikerjain sendiri jadi aku males-males. Tunggu mood, next time mungkin mau nyoba ke waxing saloon aja, sekali-sekali nyoba hehehe.

---
     Nah itu sih beberapa tips yang bisa aku kasih buat menemani perjalanan waxing di bawah sana. It darn hurt the first time, tapi when you get used to it, it's not gonna as hurt as before kok :)
      Oya, kalau kamu takut ngelakuin waxing sendiri, apalagi for the first time bikini wax atau brazilian wax, mending kamu coba ke salon aja. Pasti nya yang ngurus lebih profesional. Dan biar bener-bener yang nanganin pro, better cari tempat wax yang benar-benar terjamin ya!
      Ada tips yang mau di tambahin? And if you have any question dont be shy to ask it with me yah!

See you on my next beauty talks or review or anything hehhee!


Love,
Auzola


3 comments:

  1. Dulu, dulu, duluuuuuu sekali pingin cobain brazilian wax, tapi begitu ngeh kalau waxing di daerah lain aja tumbuhnya gak enakin banget, banyak yang tumbuh di dalem kulit malahan, jadi udah ditahan aja XD Cukuran, atau yang terbaru sih sekarang aku pakai IPL itu hehehe...

    Nice tips btw ;)

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih kadang ada ingrown hair, tapi jarang kok. Kalau menurutku sih wax tumbuhnya paling enak, soalnya ga tajem2, yg bete sih iya emang kalau kebetulan ada ingrown hair hehehe

      Delete
    2. Tumbuhnya enak karena lebih halus ya, cuma kalau di aku justru malah banyak bulu yang tumbuh ke dalam, itu pun awalnya aku gak ngeh, yang ngeh justru temen aku, matanya tajam bener ih, tau aja ada yang tumbuh di dalem, terus aku perhatiin ternyata lumayan banyak, ganggu juga sih kalau udah tau ada beginian XD Tangan tuh jadi geli pingin banget robek kulit terus keluarin bulunya XD;;;

      Delete