Friday, August 28, 2015

(Bahasa Indonesia) Chit chat: Hair Removal 101 "Shaving - Waxing - Depilatory Cream - Laser - IPL"

Aloooohhaaa!

     I'm back, dengan chit chat terbaru! Kali ini aku mau ngebahas tentang beberapa metode hair removal, dari shaving, waxing sampai IPL! Pasti kamu-kamu di sini suka sebel kan kalau ada muncul rambut yang mengganggu, contohnya di ketiak, ekstrem nya di daerah V. That's disturbing don't you think? Nah aku mau sedikit kasih info tentang beberapa hair removal yang bisa kamu cobain!

sumber: https://moopon.co.id
1. Shaving
Cara Kerja: Shaving atau mencukur menghilangkan rambut pada bagian luar kulit tetapi tidak menghilangkan sampai ke dalam. 

Baik Untuk: Kaki dan ketiak. 
Pro: Murah, tidak terasa sakit, mudah. Dengan menggunakan shaving cream maka hasilnya pun bisa lebih halus. 
Con: Pertumbuhan rambut nya cepat dan dalam beberapa hari rambut sudah kembali panjang. Pertumbuhan bulu pun terkadang menjadi lebih tebal dan menghitam. Terkadang bisa saja kulit terluka atau iritasi. Selain itu sering mencukur juga bisa menyebabkan ingrown hair atau rambut yang tumbuh ke dalam. 
Tips: Jangan terlalu sering mencukur. Sebaiknya mencukur setelah mandi atau dengan menggunakan shaving cream.

2. Waxing  

Cara Kerja: Wax di aplikasikan pada bagian yang bermasalah lalu di tarik menggunakan kain khusus dengan arah sebaliknya pertumbuhan rambut. 
Baik Untuk: Kaki, ketiak, bikini area dan sebagainya. 
Pro: Dapat menghilangkan rambut secara sementara, sekitar 3 atau 4 minggu, tergantung dari keadaan rambut kita. 
Con: Harus menunggu sampai setidaknya rambut tumbuh setengah senti sebelum bisa di wax. Rasanya agak sakit karena rambut di tarik dari akarnya. Tetap bisa menyebabkan ingrown hair. 
Tips: Sebaiknya wax ke profesional jika belum bisa melakukan waxing dengan baik. Hindari melakukan wax saat sedang menstruasi karena kulit akan terasa lebih sensitif. Pilihlah kualitas wax yang baik agar hasilnya pun lebih baik. 

3. Depilatory Cream 

Cara Kerja: Krim hair removal menggunakan bahan kimia yang dapat membuat folikel rambut melemah dan membut rambut yang di aplikasikan rontok. 
Baik Untuk: Kaki dan ketiak. 
Pro: Mudah dilakukan sendiri di rumah. Relatif cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit. 
Con: Bahan kimianya dapat membuat kulit kita iritasi, terutama jika kulit kita sensitif. 
Tips: Carilah depilatory cream yang sesuai dengan kondisi kulit kita. Biasanya terdapat dua macam, yang untuk kulit normal dan sensitif. Selain itu, jika ingin menggunkan depilatory cream pada bagian selain kaki dan ketiak, pastikan krim tersebut memang aman digunakan untuk bagian lain.
 

4. Laser Hair Removal 
Cara Kerja: Laser mempenetrasi ke dalam lapisan kulit dan mematikan folikel, di mana hal ini dapat membuat rambut hilang secara permanen. 
Baik Untuk: Ketiak, kaki, bikini, wajah, dan sebagainya. 
Pro: Menghilangkan rambut secara jangka panjang. Kulit pun lebih halus karena tidak terkena tarikan atau cukuran. 
Con: Laser mungkin akan terasa sakit, di mana rasanya akan terasa seperti di cubit atau rasa panas. Kulit yang sensitif bisa saja mengalami iritasi. 
Tips: Konsultasikan dulu pada dokter kulitmu sebelum melakukan laser hair removal untuk amannya. Pilihlah tempat penyedia jasa laser hair removal yang terpercaya dan aman. Walaupun memang terasa lebih mahal, sebenarnya laser hair removal ini dapat menjadi investasi, karena rambut akan hilang dengan permanen. Kalau di hitung-hitung in the end lebih murah dari pada terus-terusan perawatan seperti waxing dan sebagainya. 

5. IPL Hair Removal 
Cara Kerja: sinar dari IPL atau intense pulsed light mempenetrasi ke dalam lapisan kulit dan mematikan folikel, di mana hal ini dapat membuat rambut hilang secara permanen, mirip kaya laser treatment. 
Baik Untuk: Ketiak, kaki, bikini, wajah, dan sebagainya. 
Pro: Menghilangkan rambut secara jangka panjang. Kulit pun lebih halus karena tidak terkena tarikan atau cukuran yang berlebihan. 
Con: IPL juga mungkin akan sedikit nyelekit juga, di mana rasanya akan terasa seperti di cubit atau rasa panas. Kulit yang sensitif bisa saja mengalami iritasi. Tapi nowhere near as hurt as kalau di wax hahhaa.
Tips: Konsultasikan dulu pada dokter kulitmu sebelum melakukan IPL removal untuk amannya, soalnya kan dia kaya mirip-mirip sama laser, kali aja kulitmu sensitif dan ga kuat. Pilihlah tempat penyedia jasa IPL removal yang terpercaya dan aman. Sama kaya laser, emang mungkin agak mahal kalau dibayangin, tapi hasilnya lebih oke kok dari pada waxing atau cukur gitu-gitu. 

*p.s permanen pada IPL dan Laser itu bukan berarti selamanya gak tumbuh, tapi tetap tergantung hormon dan keadan tubuh kita nantinya. I guess nothing is permanent babe. 
 ----

     Dari kelima itu favorite ku yang IPL sama wax so far. Laser aku belum coba, tapi cukur atau cream hair removal aku palinng males deh jujur. Kalau proses IPL emang boleh nya di cukur sih selama rentang nunggu treatmen berikutnya, cuma itu biasanya juga aku biarin tumbuh karena males cukur, soalnya bisa bikin ketiak tambah item yang ada. 
     Oya, aku IPL buat ketiak, kalau buat kaki dan bikini aku masih pakai wax (like i got no money hahhaa, but when i have a real job later, i surely bakal mau nyoba IPL buat kaki or bikini hehehe). Anyway, believe it or no, bikini wax pertama ku dan sampai sekarang dilakuin sendiri hahhahaa. Gile broh nyelekit. Pengen nyoba di wax saloon gitu-gitu tapi belum kesampean (a.k.a bokek mulu kebanyakan foya-foya yang lain hehehe). 
      Jadi actually sih tergantung kondisi (kulit dan keuangan lol) mau milih yang mana kalau menurutku. But ga ada salahnya juga kalau kamu mau langsung nabung dan nyoba IPL atau laser gitu, it's better dan less pain i guess. Hihihihi, jadi so far kamu uda nyobain yang mana aja guys? And which yang jadi favorit mu?? :D

See you!

Love,
Auzola


9 comments:

  1. Ola... Nice post... IPL rasanya kyk diselepet karet tebel dari deket berkali - kali non stop!!! Sakit.. hahaha. Tp udahannya pertumbuhan bulunya jd jarang2 ya...

    Mungkin boleh dishare gmn bikini wax bisa dilakukan sendiri.. Bahanny gmn n caranya pie??? *kepo hahaha..

    imtheonlydaughter.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhahaa kalau gw malah IPL paling gak berasa..nyelekit kali2 aja kaya di bagian tengah ketiak, sisanya anget2 doang hahaha..
      Kalau bikini wax pakai sugar wax biasa, terakhir gw pakai sugar pot, cuma ntah kenapa gw agak kurang suka, msh sukaan sm wax gw yg dulu (cuma lupa beli dimana T_T)
      Caranya sih basically sama kaya kalau mau wax underarm, di oles searah pertumbuhan bulu, teken-teken dikit baru JEBREEETTT tarik lawan arah dari pertumbuhan bulu. Rasanya gitu deh wkkwkwkw >_<

      Delete
  2. aku selalu pake wax, IPL lom coba. lumayan harganya untuk yg lifetime treatment >.<

    impiccha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa iya ipl mayan banget, makanya ini cuma underarm aja yg di ipl, yg lain gak kuat kantong T_T
      Biasanya aku ipl di zap, cuma skrng lagi lanjut di tokyo belle karena kemarin ada promo 500k setahun hahahahaa

      Delete
  3. Depilatory cream nggak banget, menderita, kulitku iritasi.. padahal makenya baru sebentar.. ada rasa panas and perih hiiks.. WAX juga takut T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaa berarti lw sensitif mak kulitnyaaa >_<
      gw juga awalnya ngetes dulu sih, takut iritasi, tapi sukurnya gapapa. Wax paling gampang dan termasuk murah hahahaha :P

      Delete
  4. Cukuran sebenarnya yang paling gampang, murah XD

    Waxing aku udah gak lagi, tumbuhnya banyakan ke dalam kulit, gak enak banget dilihat, masa iya aku mau nusuk2 kulit aku buat keluarin bulu2nya XD;;

    IPL sih sekarang aku ya, cepet, gak sakit sih menurutku, apa karena aku terbiasa waxing ya hahaha...

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaaha aku sebenarnya ga suka cukur, gatel dan tajem2 soalnya tumbuhnya hahaha..mendingan wax, walaupun emang kadang ada ingrown hair, tapi lebih halus xD
      IPL oke sih, cuma kalau awal2 kan masih tetap kudu di cukur, jd masih sabar2 nih nunggu hasil hahhaha

      Delete
    2. Iya sih IPL mah masih butuh cukuran, tapi berhubung udah mahal2 bayar IPL, kan gak boleh waxing, jadi ya cukur adalah cara yang paling enak buatku XD Cuma perlu bayar alat pencukur dan sabun dikit XDDD

      Delete