Tuesday, June 21, 2016

(Bahasa Indonesia) Review: Laneige BB Cushion [Pore Control] SPF 50+ PA+++ - no.23 Sand Beige

Hi hi!

     I'm back with a review! Agak susah bikin otakku jalan lancar beberapa minggu ini hahhaa. Jujur emang aku lagi rada malas dan suka sakit kepala, jadi ngga banyak update blog (maupun instagram) jadinya hahaha. Anyway, hari ini aku mau review cushion yang baru-baru ini aku cobain dari Laneige! Cuss yuk di baca, ngga nyesel deh!:)

Check the English version HERE

INFORMASI PRODUK
Blog Label: Red
Brand : Laneige
Nama : Laneige BB Cushion [Pore Control] SPF 50+ PA+++ - no.23 Sand Beige
Isi: 30gr (15gr x 2)
Made In : Korea
Harga : sekitaran IDR 550k (around USD 50)
Harga berdasarkan toko di Indonesia.

     Aku rasa udah pada tau ya Laneige itu apa? Tapi dikit deh ni aku jelasin kali ada yang masih belum familiar hehe. Laneige merupakan salah satu brand yang cukup terkenal dari Korea Selatan. Kalau kamu pecinta korea atau pecinta makeup pasti deh uda tau tentang Laneige ini karena emang terkenal hahaha. Laneige sendiri didirikan di tahun 1994 (aku masih dua tahun cuy) sebagai brand yang berkomitmen untuk membantu para wanita untuk mendapatkan kulit yang bersih dan cerah seperti salju dengan teknologi "water science" nya. Makanya kalau setiap denger nama Laneige yang keinget duluan di otakku pastinya skincare dulu. Aku sendiri sering dengar dan baca kalau produk skincare Laneige itu bagus-bagus, sayangnya belum sempat nyobain pribadi hehe. Anyway ngga cuma skincare, Laneige juga punya makeup lho dan makeup mereka yang terkenal banget itu ya cushion nya!
     Laneige BB Cushion merupakan suatu produk makeup yang sangat inovatif dan terjual setiap 10 detik! Gile. Ngga kaget kalau BB Cushion Laneige ini menduduki peringkat kedua secara global. Cushion itu adalah suatu miracle yang membuat kita bermakeup jadi lebih gampang hahhaha. Oya, Laneige itu sendiri punya beberapa cushion (4 kalau ga salah inget) dan aku nyobain salah satunya nih, yaitu yang Laneige BB Cushion [Pore Control] SPF 50+ PA+++ in Sand Beige (no.23).

     
Sedikit tentang produk BB Cushion Pore Control ini:
1. Pore Control
Pore Purifying Complex™ dapat membersihkan pori-pori dan memperkuat ketahanan alami kulit.

2. Semi-matt Finish
Mengandung Dual Powder Formula yang tetap bikin kulit lembut dan halus serta memberikann hasil akhir yang semi-matte, jadi ngga begitu glowy.

3. Long Lasting
Mengandung Anti-darkening Powder yang dapat menjaga formulanya tetap oke walaupun sudah dipakai cukup lama. 

4. UV Protection
Melindungi kulit dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh cahaya matahari.

5. Cooling Sensation
Ada cooling effect yang memberikan rasa segar saat digunakan.

6. Pore Coverage
Memiliki Silicone Elastomer yang elastis dan juga Soft Focus Powder yang dapat menyamarkan tampak pori-pori.

※ 2-in-1 (UV protection SPF 50+ PA+++, brightening)

    Ngga kaya kebanyakan produk korea yang aku tahu, BB Cushion ini memiliki banyak shade! Tepatnya ada 6, dari terang ke agak gelap! Well, emang rata-rata terang warnanya, tapi at least ada lho yang buat sawo matang atau agak tanned! Plus ada juga yang shade nya terlihat agak kekuninganan jadi cocok untuk kulit yang yellow tone kaya aku.

Kiri ke kanan:
No.13 True Beige: The beige color with yellow tone for bright and clear skin tone.
No.21 Natural Beige: The calm natural beige for chic and natural skin tone.
No.21P Pink Beige: Medium beige color with pink undertone for vibrant, bright complexion

Left to right:
No.23 Sand Beige: The sand beige for healthy and natural skin tone for tanned skin.
No.31 Brown Beige: The brown beige for naturally healthy skin tone for darker skin.
No.35 Cacao Beige: Dark Beige for chocolate undertone.
   

KEMASAN
      Yuk lihat kemasannya dulu:


     Seperti kebanyakan cushion lainnya yang aku tahu, box nya Laneige BB Cushion ini juga gede (persis kaya cushion Sulwhasoo yang aku punya). Kenapa bisa gede gini? Soalnya di dalamnya ada tambahan extra refill! Yay! Anyway kemasan kotaknya sendiri itu silver dan abu-abu, plus sangat mengkilat karena ada hologramnya. Makanya kalau kamu lihat fotonya kaya ada bayangan pelanginya hehe.


     Tadaaa! Ini dia isi dari kemasan kotaknya! Satu cushion berserta isinya dan juga tambahan extra refill!


     Kemasan cushionnya simple aja tapi tetap terlihat mahal. Ukurannya seperti kebanyakan cushion biasanya, ngga terlalu tebal dan besar jadi masih gampang untuk di masukin ke tas ku yang agak imut. Anyway berikut bahan-bahan yang ada di dalamnya:
Water, Zinc Oxide, Titanium Dioxide, Cyclopentasiloxane, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Methyl Trimethicone, Dicaprylyl Carbonate, Polymethyl Methacrylate, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Butylene Glycol, Cyclohexasiloxane, Arbutin, Nylon-12, HDI/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Sodium Chloride, Sorbitan Isostearate, Acrylates/Ethylhexyl Acrylate/Dimethicone Methacrylate Copolymer, Aluminum Hydroxide, Disteardimonium Hectorite, Stearic Acid, Phenoxyethanol, Triethanolamine, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Silica, Melia Azadirachta Extract, Salicylic Acid, Alcohol, Protease, CI 77492, CI 77491, CI 77499, Fragrance


     Ini puff nya. Aku suka puff nya soalnya lebih tebel dan lembut! Well, kalau di gambar sih keliatannya sama aja ya, tapi ternyata beda lho. Jadi aku baca-baca kalau ini tailor-made puff, jadi cuma ada satu aja nih yang kaya gini di dunia. Anyway puff nya bisa menyerap formula bb cushion yang melembabkan ini dan mendistribusikannya secara merata pada permukaan kulit, jadi kulit terlihat natural dan tekstur kulit tetap terlihat lembut.
"Antibacterial air cell sponge / Double puff structure.
The formula sits close to skin without creasing and does not absorb skin's moisture, leaving it cool and refreshed."

Cara memelihara puff:
Pastikan puff selalu dalam keadaan bersih. Gunakan air suam-kuku dengan campuran pembersih natural untuk membersihkan puff nya. Bilas secara menyeluruh, tekan perlahan untuk membersihkan sisa pada puff dan keringkan di tempat yang sejuk untuk pemakaian yang tahan lama.

Cara mencuci puff:
1. Pegang puff nya dengan kedua tangan dan tekan ke bawah dengan ibu jari.
2. Dorong keluar sisa residu foundation ke arah tepi puff.
3. Tekan puff dengan telapak tangan saat membilas untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada.

      Jangan menggosok puff nya saat membersihkan, karena bisa bikin puff rusak atau mudah robek. Ga pengen kan puff cakep cepet robek? Haha.


     Anyway cushionnya itu disegel dengan baik. Jadi kalau baru beli cushionnya itu masih aman banget dari paparan dunia luar hahaha.

SWATCH 
     Let's try to use it baby!

     Seperti yang bisa kamu lihat lebih jelas pada gambar di atas, cartridge bb cushionnya itu dari kaya sponge yang memiliki banyak lubang-lubang kecing. Aku rada males sih kalau lihat dari dekat gini hahhaha. Anyway untuk mendistribusikan isi bb cushion ke sponge atau ke tangan, kamu cukup tekan aja sponge cartridge nya. Btw, liat kan shade nya? Cakep ya, pas banget di tangan ku. Eh, sebenarnya ga pas sih, shade nya agak ketuaan dikit, tapi tone nya pas. Luckily, wajah aku emang lebih gelap dikit dari pada tangan, jadi pas deh ini bb cushionnya hahhaa.




     Teksturnya sendiri sebenarnya cukup padat (thick), tapi jangan salah, soalnya tetap gampang banget diratakan pada kulit dan rasanya di kulit itu tetap ringan kaya kebanyakan bb cream biasanya. Amazingnya, ini bisa cover dosa-dosa pada kulitku dengan cukup baik! Kaya jerawat, kulit merah, darkspot dan juga itu mata panda bisa ke cover dengan cukup baik. Coverage nya itu light to medium dan bb cushion ini juga buildable. I'm impressed. Oh ya, ini juga bisa mengcover pori-pori ku yang gede banget kaya kulit jeruk dengan baik lho! Biasanya aku tu harus pakai primer atau foundation yang rada tebal kalau mau menyamarkan pori-pori, tapi ini pakai si Laneige bb cushion aja uda cakep lho. Ringan tapi bisa menyamarkan pori-pori. Love it!
     Shade nya sendiri pas di kulitku sebenarnya, walaupun ngga se-yellowish yang aku bayangkan, tapi masih cakep dan ngga berubah jadi keabu-abuan sepanjang hari. So i guess ini uda cakep banget untuk produk keluaran korea, karena bisa match ke kulit yang ngga seputih bening orang-orang korea kebanyakan hahhaa. The shade is also perfect on my face, but not as yellowish as i thought. But still, it doesn't turn greyish, so i guess it's still great. I'm happy that i choose shade no.23 in Sand Beige because it's perfect for my skin! <3


OVERALL REVIEW

    BB Cushion ini keceee soalnya bisa nutupin dosa-dosa pada kulit dengan cukup baiiik! Jadi dari first impression sampai sekarang, aku masih suka banget sama bb cushion ini! Jadi, pertama dia itu bisa cover darkspot, jerawat, kemerahan dan sebagainya dengan baik. Terus bisa tahan di wajah dengan cukup tahan lama. Jadi aku pernah pakai lebih dari 8jam dan walaupun udah ngga cover saat awal digunakan, amazingly oil controlnya masih cakep, wajah ku tu ngga berminyak parah kaya biasanya dan kemerahan di wajah juga masih tertutupi dengan cukup oke (walaupun jerawat uda ada yang mulai nongol warnanya karena uda ga begitu  ketutup lagi). Once again Amore Pacific's product does surprise me. I love it!
     Lalu, walaupun teksturnya saat digunakan cukup ringan pada wajah dan mudah diratakan, aku cukup kagum karena ini bisa menyamarkan pori-pori ku yang cukup besar dengan baik tanpa harus pakai primer sebelumnya. Me likey!! <3

Pro:
+ light-medium coverage
+ cocok untuk sehari-hari
+ ringan pada wajah
+ mudah dibaurkan dan diratakan
+ tahan lama pada wajah
+ ada extra refill yay
+ masih mudah dibawa-bawa
+ bye big pores
+ shade nya hampir perfect di kulitku
+ semi matte finish

Cons:
-  aku kurang suka wanginya

Overall Rating: 4.5/5


     Well, i totally love my new cushion from Laneige and i totally recommend this to you guys. Yang aku ngga suka itu cuma wanginya aja kaya yang aku mention di atas, sebenarnya awalnya wanginya enak sih, tapi entah kenapa lama-lama aku merasa kaya bau mbek hahhaha. Mungkin idungku yang ngaco. Tapi so far masih ngga ganggu sih, jadi gapapa hahaha. Kalau penasaran uda deh langsung aja beli di konter Laneige terdekat, ga banyak nyesel deh (at least aku ngga nyesel hahaha).


     Well, Ghoulia is excited as well! Siapa sih yang ngga suka makeup yang ringan di wajah tapi performa nya bagus? Hehehe. Anyway sekian dulu review ku kali ini, see you guys on my next post yaa! Cya~

Love,
Auzola


58 comments:

  1. haii beb .. ini laneige bb cushion yg pore control new 2016 itu ya? yg packagingnya kaya rainbow metalic? hehe kamu beli hrganya brp say? thx before ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai haiii, kalau ga salah ini harganya sekitaran 550an deh hehe, aku juga rada lupa pastinya xD

      Delete
  2. kaaa ini bagus gak buat kulit berjerawat? maksudnya so faaarrr kamu pake ini timbul jerawat gaak?

    ReplyDelete
  3. kaaa ini bagus gak buat kulit berjerawat? maksudnya so faaarrr kamu pake ini timbul jerawat gaak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii, di aku sih sampai sekarang uda habis pakainya ga nimbulin jerawat, kalaupun ada jerawat numbuh di aku sih basically karena stress dan hal lainnya xD

      Delete
  4. Halo Ka:)
    Kalau utk kulit berminyak bb cushion nya prefer pore control atau whitening? Terimakasih;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii, hmm aku belum pernah nyobain yg whitening, tapi kayanya better pakai yg pore control deh kalau kulit berminyak :)

      Delete
  5. Haii kak
    Selama kakak make cushion nya nimbulin komedo kaya bb cream yang lain ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii, ngga sih kayanya, kalau komedo emang ada, tapi kayanya ngga nambah banyak karena makai ini hehe

      Delete
  6. Halo kak, kalo boleh tau selama ini kakak pake foundation merk apa dan shade apa? Aku mau beli laneige tapi galau shade apa yg cocok buat aku... Aku biasanya pake foundie NYX yang shade 03 natural. Kira2 cocok nggak ya kalo pake laneige yang sand beige ini hehe. Makasih kaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo~
      Well, aku foundie warnanya suka beda-beda sih ya tergantung kulit lagi demek atau lagi putihan hahaha. Biasanya aku pakai Covermark soft pact yang warna OB3, kalau benefit pernah pakai yang hello flawless foundation shade "honey", kalau sephora brightening & hydrating foundation aku pakai yang clair light 20, kalau katvond aku pakai yang medium 54, makeover pakai yg shade 01 ochre (tapi krn itu msh keputihan biasanya aku mix sama foundie yang lebih gelap.
      Kalau biar amannya sih kamu coba tester ke konternya aja, coba swatch di bagian rahang, jadi kelihatan cocok sama kulit atau ngga, hehehe :)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. hai sis, ak pengen banget nih beli cushion nya. Ohya beli di althea murah tuh sis. cuma 375. cuman ak bingung nih mo milih shade nya. ada 2 jenis tipe.
    1. neutral tone yello skin shade n
    2.cool tone red skin. apa maksudnya yg shade 1 buat kulit yang yello ke putihan cerah gitu ya? n yg ke2 buat yang agak gelap apa gimana ya?ak pengen beli nih say. tp di tempatku ga ad counter laneige jd mo beli ke althea
    mohon saran nya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai, neutral tone (yellow skin shade) itu biasanya lbh cocok buat kulit orang indonesia yang kaya kuning langsat gitu. Kalau kulitmu putih ala-ala artis korea dan cenderung ngepink gitu better pilih yang cool tone.Krn aku ngga tau warna kulit mu jd ga bisa kasih saran lebih lanjut, intinya sih kl lebih ke kuning langsat pilih yg neutral aja dan kalau putih-ngepink gitu kulitnya better pilih yg cool tone, semoga membantu yaa :)

      Delete
  9. Hai mbak cut.. Di blog mbak ada blg klo mbak pernah pakai cushionnya sulwhasoo ya? Better mana dgn laneige mbak? Thx before ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haai hai, aku sih suka dua-duanya tergantung kondisi wajah. Tapi di laneige bb cushion ini menurutku lebih coverage dikit dibanding sulwhasoo, plus warnanya lebih cocok untuk yellow undertone yg aku review ini. Tapi dua-duanya so far di aku oke sih, jd sesuain aja sama kebutuhan kulitmu yaa :)

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Hi mbak. Kalo untuk kulit berminyak lebih baik pake cushion sulwhasoo apa laneige pore control ini? Saya minta sarannya ya mbak, soalnya lagi cari cushion yang oil controlnya bagus. Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii, sorry baru reply..kalau oil control lebih oke kayanya yang laneige pore ini deh, plus yg sulwhasoo hasilnya dewy banget (walaupun oke buat wajah berminyak), tapi kalau muka berminyak jadi keliatan makin berminyak ntar krn hasilnya mayan dewy hehe..

      Delete
  12. Hi mbak.. Mau nanya dong, klo udah pake bb cushion ini perlu pake pelembab gak ya? thanx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, kalau menurutku pakai produk apapun, pemakaian pelembab sebelumnya penting. Jadi baiknya mungkin 10-15 menitan sebelum pakai makeup bisa sih pakai pelembab dulu, bisa ditepuk-tepuk tisue sedikit sblm pakai makeup untuk ngangkat residu nya juga :)

      Delete
    2. kalo pelembabnya utk kulit sensitif dan berjerawat bagus pke apa mb? thx

      Delete
    3. Hai hai, mungkin kalau sensitif bisa cobain produk-produknya Cetaphil atau Sebamed :)

      Delete
  13. Kalo ada yg mau beli ini aku jual under 500rb. Hihihi. Bisa email ke deasydevayani@yahoo.com

    ReplyDelete
  14. Kalo ada yg mau beli ini aku jual under 500rb. Hihihi. Bisa email ke deasydevayani@yahoo.com

    ReplyDelete
  15. Kalau untuk sweaty gitu, mengurangi gak pake kalau pake laneige? Aku suka review nya, detail banget. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sweaty gimana maksudnya dear? Kamu suka keringetan? Aku pribadi ngga tau sih karena muka ku ngga keringetan, kalaupun keringetan dari dahi ya makeupnya cukup tahan sih, ngga luntur. Tapi kalau mengurangi aku kurang paham hehe

      Delete
    2. Thanks sbelumnya udah dijawab, daerah T-zone ku yang oily juga sweaty banget disitu, jadi double* masalahnya hehehe.
      Mau tanya agak melenceng nih, pelembab dan primer yang cocok merk apa ya? Thanks

      Delete
    3. wah kalau cocok2an agak susah sih say, soalnya bisa aja cocok di aku tapi ngga cocok di kamu. Tapi so far pelembab Guerisson bagus buat kulit ku, ngga bikin nambah berminyak.. kalau primer aku suka the balm Time Balm atau benefit yang porefessional, di aku bisa bikin makeup tahan cukup lama :)
      Mungkin kalau suka keringetan gitu pakai setting spray deh, biasanya setting spray bisa bikin makeup lebih tahan dari keringet

      Delete
  16. Mbak aku kulitnya di T Zone minyakan nah kalo bagian pipinya lebih ke normal to dry. minta saran dong bagusnya beli yang whitening atau yang pore control yaa. thanks mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku lebih nyaranin yang pore control karena bagian t-zone nya kan berminyak dan si pore control ini menurut aku juga masih moist banget jadi g usah khawatir kalau kulit kamu sisanya normal-dry karena dia masih cukup ngelembapin hehehe. Tapi jangan lupa kalau kulit ada yang suka kering gt rajin-rajin pakai pelembab aja :)

      Delete
  17. kak mau nanya dong kakak kalo pake bb cushion laniege ini pake pelembab apa sebelumnya? trus kalo udh pake ini perlu pake bedak lagi gak kak? sama satu lagi kak, bb cushion ini kalo dipake buat sehari2 kaya kekampus gitu cocok gak kak? soalnya kan adatuh beberapa bb cushion yg kalo dipake buat sehari kekampus gak cocok gitu. makasih kak mohon dijawab ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelembabnya sebenarnya terserah aja dear, cuma kalau aku lagi pakai pelembab Guerisson skrng ini. Mau tambah bedak atau ngga terserah kamu sih, kalau kamu merasa perlu boleh kok ditambah bedak lagi, cuma tipis2 aja.
      Kalau menurutku cocok buat kekampus, soalnya dia formulanya cukup ringan dan buildable, jadi bisa digunakan seperlunya buat coveragenya. Yang penting pastiin shade nya matching aja dikamu :)

      Delete
  18. Haloo mau tanya dong bb cushion ini bikin muka berkomedo atau berjerawat engga ya? Hehe thank youu

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii, mukaku emang jerawatan tapi karena hormon, so far dengan pemakaian cushion ini aku ngga ngerasa dia bikin komedo-an atau jerawat, cukup aman di kulitku :)

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Hai ka salam kenal dari reader baru kaka hehe. Aku mau tanya skin tone kaka apa ya? Tx before:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo welcome to my blog hehe
      skin tone aku sebenarnya neutral, cuma lebih ke warm tone menurutku^^

      Delete
  21. Do you wear this everyday? Kira2 satu laneige bb cushion ini habis dalam berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm mungkin ga setiap hari juga sih karena aku ga keluar tiap hari, cuma cukup sering digunakan emang dan satu refill itu bisa up to 3 bulanan kl ga salah ingat :)

      Delete
  22. mbak kalo misalnya pakai skin care laneige ditimpa dengan bb cushion laneige juga boleh ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya bagus dong kalau pakai skincare dulu di awal. Tapi jangan langsung ditimpa ya, kasih jeda waktu dulu buat skincare nya menyerap :)

      Delete
    2. ok berarti gpp ya mbak, soalnya kemaren ad juga yang bilang skin care ga bole timpa sama bb cushion, makanya smpt bingung, mbak juga make skin care laneige ya?

      Delete
    3. setau aku sih ngga masalah, cuma biar penyerapan skincare nya lebih baik dan ngga ganggu produk yang ditimpakan setelahnya, lebih baik dikasih jeda dulu, coba 10-15 menit dan ditepuk-tepuk pelan sama tisue kering buat ngilangin sisa-sisa skincare dipermukaan wajah :)

      Delete
  23. Kalo boleh tau biasa beli dimana sist?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli di store langsung atau di Sephora PI juga ada :)

      Delete
  24. helo mbak cantik. kalo untuk kulit putih ke coklat muda gitu bagusnya warna apa? tolong sarannya ya. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai, kalau agak ke coklat muda maybe bagus di shade no.25, tapi biar lebih pas mending langsung di coba swatch aja di leher/rahang biar pasti shade nya cocok yang mana^^

      Delete
  25. Hallo aku jg berjerawatan, kamu pakai ini pakai sunscreen or sunblock lagi ga ka ? Dan skincare routine kamu pakai apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kebetulan jarang banget pakai suncreen hehe, cuma kadang-kadang aja kalau inget.
      Skincare routine skrng lagi pakai rangkaian basicnya sulwhasoo dan serum bioderma, kadang tambah pakai moisturizernya guerisson :)

      Delete
  26. Hai mba, baru baru ini aku pakai bb cushion laneige pore control tapi kulit terasa gatal (bagiannya pindah pindah tapi tdk berefek merah hanya terasa gatal saja) apa ini gak cocok ya atau gimana ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, kamu merasa gatalnya hanya saat pemakaian bb cushionnya aja? Bisa jadi kamu ga cocok atau ada alergi sama salah satu bahannya sih kalau memang hanya muncul gatal-gatal saat pemakaian aja. Mungkin bisa kamu test patch lagi di tangan atau pipi dan lihat dalam pemakaian jangka waktu lama apakah gatal atau ngga. Soalnya bisa jadi juga karena kulit lagi sensitif aja. Semoga membantu yaa :)

      Delete
  27. Hay kak mau nanya,kulit aku kombinasi,jdi kulit aku itu di kering tpi kalau udh kelamaan di luar ruangan bisa jadi berminyak banget,warna kulit aku kuning langsat kak,kira2 laneige bb cushion yg cocok buat aku yg mana ya kak? Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai haii,

      hmm, menurutku laneige yang bb cushion pore control ini oke kok buat deskripsi kulit mu, soalnya dia semi matte finish, jadi kulit kalau kering pun masih terlihat lembab, dan saat berminyak pore control ini lebih bisa tahan lama di wajah. Untuk shade nya sendiri kalau kamu kuning langsat maybe bisa coba shade yang aku pakai ini yg no.23, cuma buat lebih aman dalam menentukan shade, coba tes dulu di konter laneige terdekat yaaa :)

      Delete
  28. kak mau nanya kalau sebelum pemakaian bb cushion aku pakenya sunblock bukan pelembab sama aja atau gimana ? dan muka ku kan pake perawatan dokter iu ngaruh ga ya kak kalaj pake bb cushion ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo, menurutku sih ngga masalah sepertinya, apalagi si cushion ini juga kan uda ada spf dan cukup ngelembabin..Kalau masalah perawatan dokter aku kurang tau, biar lebih jelas dan aman maybe bisa langsung konsultasi ke dokternya, kali aja ada ingredients yang ngga boleh hehe..

      Delete
  29. Kak ini tahan brp lama ya? Dan rata2 bb cushion itu kira2 bisa brp lama habisnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di aku bisa 3 bulanan baru habis, cuma tergantung pemakaian sih, kalau kamu sering pakainya pasti lebih cepat juga habisnya :)

      Delete