Thursday, December 1, 2016

(Bahasa Indonesia) Review: Betadine Feminine Hygiene

Hey ladies!

     Aku mau share review feminine hygiene yang beberapa saat ini aku gunakan nih! Yuk langsung aja baca pengalamanku menggunakan Betadine Feminine Hygiene di bawah ini!


INFORMASI PRODUK
Blog Label: green
Brand : Betadine
Nama : Betadine Feminine Hygiene
Isi : 60ml
Made In : Indonesia
Harga : sekitar IDR 32k (around USD 3)
Harga berdasarkan toko di Indonesia.

      Nah aku sekarang mau bikin reviewnya karena BETADINE Feminine Hygiene (BFH) ini sendiri itu agak berbeda sama beberapa produk kewanitaan lainnya. Berikut aku cerita sedikit ya tentang Betadine Feminine Hygiene ini sebelum masuk ke review.

      Jadi pastinya kalian uda pada tau dong ya brand Betadine? Pasti dari dulu kalau luka langsung di kasih betadine hahahhaa. Jujur pas kecil aku takut pas luka terus nyokap bilang bakal dipakein betadine hahahhaa. Anyway Betadine itu uda terkenal banget deh untuk mengobati luka, dan ternyata ngga cuma itu, Betadine juga ngeluarin Feminine Hygiene nya yang memang ditujukan khusus untuk membersihkan daerah kewanitaan.

     Tapi ngga kaya produk kewanitaan lainnya, BFH ini ngga perlu digunakan setiap hari, tetapi kalau memang dibutuhkan saja. Contohnya kaya saat sedang menstruasi, karena pembersih kewanitaan sehari-hari saja ternyata tidak cukup karena resiko infeksi yang meningkat, makanya kita bisa menggunakan BFH ini yang salah satu tujuannya adalah memang untuk saat menstruasi. Selain itu BFH ini juga bagus digunakan kalau kamu sedang keputihan atau ada masalah lainnya.

     Soalnya BFH ini mengandung zat aktif Povidone-Iodine 10% yang telah terbukti secara efektif dapat membunuh kuman (bakteri, jamur dan virus) penyebab gatal, iritasi, bau tidak sedap dan keputihan (yang disebabkan oleh Trichomonas vaginalis, Candida albicans, dan Gardnerella vaginalis). Jadi BFH ini semacam desinfektan dan antiseptik kewanitaan gitu.

     Dari tadi kan aku uda bilang ini beda ya sama produk kewanitaan lainnya, jadi ini ngga perlu digunakan sehari-hari, tapi kalau saat menstruasi bisa digunakan 2 kali sehari saat mandi. Atau misalnya untuk pengobatan BFH ini dapat digunakan 2 kali sehari selama 5 hari berturut-turut. Kalau lagi emang ngga ada masalah pada kewanitaan mu, kamu ngga perlu menggunakan ini hehehe. Nah itu penjelasan ku tentang BFH ini, sekarang yuk masuk ke review dan pengalamanku dalam menggunakan BFH.


KEMASAN
      Pertama liat kemasannya dulu yaa:



     Kemasannya botol simple aja denganwarna pink dan tutup putih. Ngga eye catchy kalau di aku, jadi dari kemasan biasa aja, even though warna pink nya bikin lucu. Di bagian botol ada penjelasan buat cara pemakaian dan peringatan yang lebih baik kamu baca dulu ya.


     Ini kalau dibuka tutupnya, langsung mengaga, jadi hati-hati pas buka. Di aku aman aja sih soalnya isi botolnya emang ngga penuh, jadi so far aman aja pas buka. Ngga ada kebocoran juga walaupun dijungkir balik saat ditutup, cuma isinya bakal nyisa dibagian mulut botol dan juga di dalam tutup, kalau rajin sih di lap, kalau aku dicuekin aja selama ga netes saat dibuka.


      Isinya kaya gini. Persis kaya Betadine biasa yang kita gunakan kalau luka itu maupun yang Betadine mouth wash yang botol hijau itu. Wangi-wanginya pun mirip, cuma wangi BFH ini lebih kaya yang mouth washnya sih, soalnya kaya lebih minty gitu.


PENGGUNAAN

     Jadi penggunaannya seperti yang uda aku sebutkan di atas, yaitu digunakaan saat daerah kewanitaan sedang bermasalah atau sedang menstruasi saja. Karena setelah aku baca-baca katanya memang pembersih kewanitaan tidak dianjurkan digunakan sehari-hari karena bisa mengganggu pH alami wanita. Dan BFH ini sendiri kan bertujuan untuk mengatasi iritasi ringan, gatal-gatal keputihan dan sebagainya yang bisa saja disebabkan oleh jamur, virus dan bakteri. 

     Kalau untuk pengobatan bisa digunakan sebanyak 2 kali sehari selama 5 hari berturut-turut dan kalau mens digunakan 2 kali sehari selama periode menstruasi. Caranya sebenarnya gampang yaitu tinggal larutkan satu tutup botol (8ml) BFH ke dalam setengah gayung air (+/- 1 liter), lalu tinggal basuhkan pada bagian kewanitaan. Diamkan 1 menit dan bilas dengan air bersih. Tadaa you're done.

     Anyway, penggunaan BFH tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan menyusui, kecuali atas petunjuk dokter yaa. Terus juga kalau kamu penderita hipersensitif terhadap Iodine please jangan gunakan ini karena bisa menyebabkan iritasi. 

     Aku sendiri uda menggunakan BFH ini beberapa kali saat ada masalah ngga enak pada kewanitaan, contohnya saat lagi bau ngga sedap atau gatal-gatal yang bikin ganggu. Dan dulu beberapa tahun lalu daerah sekitar selangkangan sempat kena jamur gitu karena lembab (dulu di kuliah kalau ke toilet suka ngga ada tissue dan pas aku kebetulan lagi ngga bawa karena lupa/abis, so yeah, apes), dan nyokap nyaranin buat makai Betadine ini, soalnya doi emang penggemar berat betadine, apa-apa pakai betadine hahahhaa. Dan dengan pemakaian sabar dan teratur syukurnya itu jamur nyebelin hilang :') 

     Jadi kemarinan aku sempat pakai BFH ini lagi karena beberapa masalah kembali muncul, baru aja nih kemarinan bagian itu mulai agak berbau ngga sedap (alias ngga kaya biasanya), so aku langsung pakai BFH ini dan dalam 2-3 hari wanginya uda berasa normal lagi, kaya wanginya lebih balance gitu dan itu efeknya lumayan cepet loh. Terus juga daerah kewanitaan jadi ngga gatal-gatal lagi, pas muncul bau ngga sedap itu, daerah kewanitaanku juga sempat suka gatel gitu, sumpah ganggu banget, lebih ganggu dari pada muncul wangi ngga biasa hahhaha. 

     That's why aku suka banget sama BFH ini karena dapat mengatasi hal itu dengan cukup cepat dan aku ngga perlu continous pakai tiap hari gitu (which aku emang males makai ginian tiap hari hahaha). Tapi jujur aku belum pernah pakai ini saat mens, tapi kayanya aku bakalan makai ini deh sekarang kalau mens, soalnya emang kalau mens bagian kewanitaan lebih berasa gaaaaakkkk enak banget, gatel lah, bau lah, ish sebel deh pokonya makin bikin mood ga bener hahahhaa. So i guess i'll start using it kalau mens nanti. 


 REVIEW KESELURUHAN

    Bagus! Beneran ngasih hasil yang langsung berasa pada daerah kewanitaan yang mengalami gangguan. Aku sih suka karea efeknya yang langsung berasa ini. Yang bikin aku males sih harus dicampur ke air kalau mau digunakaan. Yah, bukannya gimana-gimana, aku lagi ngga ada gayung dirumah karena digunakan buat kucing (don't ask), so aku kalau pakai ini dicampur air nya dalam botol air mineral gitu hahaha. Tapi lebih enak sih soalnya pas basuhnya lebih fokus gitu ngga kaya kalau pakai gayung hahahaha. Yah intinya kerepotan yang tidak seberapa itu worth lah sama hasilnya, one of the best pembersih/sabun kewanitaan yang pernah aku gunakan.

Pro:
+ beneran berfungsi untuk mengatasi masalah kewanitaan
+ harganya affordable
+ pemakaiannya ngga usah banyak
+ ngga ribet harus dipakai setiap hari
+ membantu menjadi daerah kewanitaan saat mens
+ ngebantu menghilangkan bau tidak sedap pada daerah kewanitaan
+ ngebantu kalau daerah kewanitaan lagi gatal ngga enak
+ beneran bisa mengatasi jamur (tapi aku ngga tau itu jamur apa nama/tipe nya yak)

Cons:
- karena aku lagi ngga ada gayung dirumah, jadi penggunaan yang harus dicampur air jadi agak ribet hahahhaa.

Overall Rating: 4.5/5

---
Anyway berikut ada sedikit Q&A biar lebih jelasnya ya:

1. Apa Betadine Feminine Hygiene boleh digunakan setiap hari?
     Pembersih kewanitaan sebaiknya digunakan saat diperlukan aja, misalnya kalau lagi menstruasi atau ada keluhan/masalah lain seperti keputihan, gatal, iritasi dan bau tidak sedap.

2. Kapan sebaiknya menggunakan BFH?
     Pada saat resiko infeksi meningkat, misalnya kalau lagi menstruasi, keputihan, gatal, iritasi, bau tidak sedap, setelah waxing/shaving, travelling outdoor, berenang di tempat umum, olahraga dan memakai celana ketat.

3. Apa aman menggunakan pembersih kewanitaan yang mengandung pewangi/pemutih?
     Sangat tidak dianjurkan karena tambahan bahan seperti pewangi/pemutih dapat merusak atau mengganggu pH alami area kewanitaan, dan kalau sampai ini terganggu maka jumlah bakteri jahat bisa berkembang lebih banyak

4. Kenapa dokter tidak menyarankan aku menggunakan pembersih kewanitaan?
     Pembersih kewanitaan yang tidak baik dan tidak dianjurkan digunakan biasanya adalah produk pembersih kewanitaan yang digunakan setiap hari karena dapat merusak flora normal. Jika digunaakan hanya pada saat-saat tertentu BFH cukup dianjurkan (tetapi baiknya tetap dengan petunjuk dokter jika ragu).

5. Apa bedanya BFH dengan pembersih kewanitaan lain?
     BFH mengandung povidone iodine yang sudah dipercaya di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun sebagai zat anti-mikroba yang secara efektif terbukti dapat membunuh bakteri, virus dan jamur. 

---
     Sekian review ku kali ini, kalau kalian mau beli langsung aja ke apotek-apotek terdekat ya! See you guys on my next post! :)

Love,
Auzola


7 comments:

  1. itu perih nggak, sih? kan daerah V sensitif banget ya, apalagi aku ngeliatnya kok jadi inget obat betadine yang buat luka tuh, itu kan perihhhh banget. lol


    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ga perih koook, malah seger. Aku juga smpet pakai pas ada jerawat dibagian situ abis pecah, tapi ngga berasa sakit sih sukurnya. Aku juga parno awalnya krn betadine biasanya bikin perih hahaha, but so far ga perih dan ada efek minty nya setelah dibasuh, jadi enak xD

      Delete
  2. Wah... Pas banget nih. Ada review BFH, aku lg ngalamin keputihan n gatal gak nyaman bgt lah... Di perparah saat ngampus di kampus gda tissue nya dan mkin lembab... Makin basah makin gatal pula. Tapi aku mo coba bli BFH ah

    ReplyDelete
  3. Wah... Pas banget nih. Ada review BFH, aku lg ngalamin keputihan n gatal gak nyaman bgt lah... Di perparah saat ngampus di kampus gda tissue nya dan mkin lembab... Makin basah makin gatal pula. Tapi aku mo coba bli BFH ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe yuk di cobain! di aku oke bangettt kalau lagi ada masalah yang bikin kewanitaan ngga nyaman :D

      Delete
  4. Aku susah banget buka botolnya keras sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. oyaa? Aku selama ini beli untungnya ga pernah dapat tutup botol yang susah dibuke hehe

      Delete