Thursday, May 18, 2017

(Bahasa Indonesia) Review: Gastromaquia Jakarta

Hello guyys!

      Kalau biasanya aku review makeup, kali ini aku mau kembali lagi review makanan! Huahaha, as a big fan of eating, boleh lah kali-kali ngepost review makanan hehe. Well, kali ini aku mau review pengalaman aku nyobain makanan di Gastromaquia, Senopati, Jakarta. Penasaran gimana? Yuk langsung scroll aja!


ABOUT THIS RESTAURANT

Gastromaquia
Alamat:
Jl. Ciniru I No.1
Kebayoran Baru
Jakarta 12180
Phone: (+6221) 29305091

Price: sekitar IDR 350k untuk dua orang.

Opening Hours:
Sun – Thur 11.30 – 22.00
Fri – Sat 11.30 – 00.00

     Anyway, seperti yang sudah aku sebutkan diatas, kali ini aku mau review pengalaman ku lunch di Gastromaquia, terutama review tentang menu Ramadhan-nya nih. Kebetulan kali ini aku mendapatkan undangan untuk mencoba makan di Gastromaquia dari Clozette. Yay! Jujur, aku memang belum pernah mencoba datang atau makan di restaurant Gastromaquia, jadi aku cukup excited dengan kedatanganku saat itu. 

     Gastromaquia merupakan restauran ala Spanyol yang berlokasi di Senopati, Jakarta. Menu-menu yang disajikan di Gastromaquia kebanyakan adalah makanan internasional yang terinspirasi dari Spanyol, tapi kamu juga masih bisa menemukan menu-menu lain yang spesial disajikan hanya di Gastromaquia Jakarta. 

    Jadi aku ke sana di hari minggu siang untuk lunch bersama dengan cowokku, Ichi dan juga adiknya, Wina. Frankly, walaupun tempatnya mudah ditemukan, tapi first impression ku mengenai restaurantnya kurang wah. Yang bikin first impression aku kurang wah adalah karena exterior resto-nya yang somehow kelihatan tidak terawat. It actually look pretty, mengingatkanku pada resto-resto luar negri dari exteriornya yang terkesan sangat homey and i would love it, jika saja terawat. Sayang aja, penampilannya sudah kusam dan kurang terawat. Too bad.





     Seperti kebanyakan resto-resto di daerah Senopati sana, parkirannya imut-imut, walaupun begitu tersedia jasa Valet, jadi kamu ngga perlu khawatir. Saat keluar dari mobil, kami sudah langsung disambut oleh pak satpam yang super ramah dan juga setelahnya dibukakan pintu oleh attendance nya. 

     Luckily, restauran yang terdiri atas dua lantai ini memiliki interior yang terkesan homey dan nyaman. Dengan perabot kayu dan juga hiasan-hiasan unik yang terbuat dari utensils, membuat Gastromaquia terkesan unik. Sayangnya dimasing-masing meja tidak dilengkapi dengan hiasan atau bunga yang bisa membuat suasana lebih apik pada saat aku datang, but it doesnt matter, it still looks quite pretty.










     Setelah di escort ke tempat duduk kami dilantai 2, kami dipersilahkan untuk memilih bangku di bagian indoor atau outdoor. Karena malas kena angin siang (takut gerah), jadi kami memutuskan untuk duduk dibagian indoor saja.









     Setelah nyaman duduk, mas pelayannya memberikan kami buku menu utama dan selembar menu khusus Ramadhan. Berikut isi dari menu Ramadhan-nya:


    Jujur aja aku bingung mau pesan apa hehe. Tapi karena kami penasaran sama menu Ramadhannya, akhirnya kami memutuskan untuk memesan menu Ramadhan yang berbeda-beda. Selain itu, kami juga memesan appetizer dan dessert dari menu utama. Untuk minumannya, kami memesan minum yang sama, yaitu orange juice biar segar dihari yang panas itu hehe. 


TASTE

Appetizer

Chicken Quesadillas
(IDR 65k)

     Chicken Quesadillas in Gastromaquia is quite tasty. Dua tumpuk tortilla yang berisikan ayam panggang, paprika, bawang bombay dan melting mozzarella, yang dipotong dalam bentuk segitiga. I quite love the taste, terutama rasa ayam dan melting mozzarella-nya, yumm! Sayangnya, kurang dipping sauce nya aja, hehehe. But overall,  Ichi, Wina and I still quite like it.





Main Course

Seafood Fideua
(IDR 95k)

    Seafood Fideua ini merupakan campuran Seafood paella dengan spanish noodle. Paella merupakan makanan ala spanish yang cukup terkenal yang biasanya merupakan campuran nasi, tapi paella disini sepertinya adalah "pan", a.k.a seafood pan. 

     Isi dari seafood paella ("pan") ini terdiri dari cumi dan udang. Dicampur dengan mie ala spanyol yang tipis-tipis menghasilkan masakkan yang berwarna kemerahan. Untuk rasanya lumayan enak, tapi bukan merupakan makanan yang membuat aku sampai ngiler, as in it's just okay. 

     Seafood fideua ini merupakan pesanannya Ichi, dan menurutnya rasanya memang cukup unik, tapi dia biasa aja sama rasa makanannya. Menurutnya, lidahnya terlalu indonesia, jadi makanan spanyol jadi berasa plain hahaha.


Aglio Olio with Crispy Calamary
(IDR 68k)

     Aglio Olio di Gastromaquia merupakan perpaduan antara pasta, minyak zaitun, bawang putih, chili flakes, beef bacon dan cumi. Pasta yang ditumis ini memang selalu menggugah selera. Yang membuat unik dan berbeda adalah cumi kecil utuh yang digoreng dan diletakkan diatas pastanya. 




     Ini adalah pesanannya Wina, tapi aku dan Ichi juga suka sama Aglio Olio nya. Menurut kami, Aglio Olio Gastromaquia ini adalah pesanan yang paling kami sukai diantara main course pesanan kami lainnya. Walaupun enak, menurutku chili flakes nya masih kurang banyak, jadi tidak sepedas Aglio Olio biasanya, karena juga tidak menggunakan cabai potong. Tapi cumi goreng tepungnya a.k.a crispy calamary-nya enak! Tidak alot dan kenyal nya pas. 


Arroz Negro
(IDR 95k)

     Arroz Negro merupakan perpaduan antara nasi yang creamy, green pepper, udang, cumi dan kerang yang diaduk dengan tinta cumi. Seperti namanya, warnanya benar-benar hitam seperti tinta cumi. 



     Frankly, pas liat awalnya aku agak kaget karena emang item banget hahaha. Itu squid ink macem disiram keseluruh nasi nya. Lalu yang bikin kaget adalah pas ngaduk nasi nya, ternyata ada tiga clam/kerang yang terkubur didalamnya. Unik, tapi ribet karena nasinya ngumpul di dalam kerangnya. 



   Untuk rasanya sendiri sebenarnya unik. Aku belum pernah makan sesuatu yang kaya begini sebelumnya. Unik as in aku sebenarnya cukup suka sama rasa quid ink nya, tapi menurutku masih kurang gurih sedikit, jadi saat makan aku memeras cukup banyak lemon untuk memperkaya rasa. Untuk nasinya, bentuk dan rasanya sebenarnya seperti risotto, alias creamy banget, bikin cepat kenyang. 

     Yang paling aku suka dari Arroz Negro ini adalah udang, cumi dan kerangnya yang enak rasanya. Udang dan cumi nya itu lembut, especially cumi nya lembut dan kenyal, tapi ngga alot. Tasty. Cumi dan udangnya juga banyak, jadi enak. Untuk clam atau kerangnya, aku suka karena ngga amis dan emang enak rasanya, bahkan Ichi juga berkata demikian. Overall aku cukup suka karena rasanya yang unik, tapi ya cuma suka biasa aja hehe. 


Drink

Orange Juice
(IDR 15k)

     Untuk minumannya, kebetulan kami memesan minuman yang sama, yaitu orange juice. Sedikit tips, saat bulan puasa nanti pesannya orange juice dari menu ramadhan aja, karena harganya lebih murah dibanding di menu utama hahaha.


     Untuk rasa orange juice nya sendiri sebenarnya tidak terlalu wah, tapi manisnya pas dan cukup membuat segar dihari yang gerah. Plus, ada potongan sunkist disetiap gelasnya yang membuat minumannya makin segar, karena aku suka makanin sunkist nya hehe. 


Dessert

Homemade NY Cheesecake 
(IDR 68k)

     Cheesecake yang disajikan di Gastromaquia berbeda dengan cheesecake yang biasa aku makan. Teksturnya padat dan solid, walaupun begitu tetap, lembut, melting dan enak saat dimakan. Cheesecake ini dipadukan dengan graham crackers crust yang menghasilkan rasa yang pas karena kepadatan cheesecake-nya berpadu dengan baik dengan crust nya. 



     Aku memang lebih prefer cheesecake yang lebih creamy, tapi cheesecake homemade buatan Gastromaquia ini juga enak. Menurut Ichi rasanya yang padat dan crust nya yang renyah pas banget dan membuat cheesecake nya terasa enak. Wina juga menyukai cheesecakenya, bahkan dia yang ngehabisin cheesecake nya hahaha. 

---
OVERALL SATISFACTION

     Overall, pengalaman ku makan di Gastromaquia cukup enak. Menu-menu nya menarik dan rasanya unik dan masih acceptable untuk lidahku yang tidak biasa makan makanan spanyol. Pelayanannya juga lumayan baik, walaupun agak lelet saat penyajian makanan. Kedepannya aku berharap service nya lebih cepat sih, jadi kita ngga keburu kelaparan. Lalu aku juga masih menyayangkan exteriornya yang kurang terawat. Semoga kedepannya exteriornya dibenarkan jadi saat ngeliat resto nya pun langsung senang hehe.

      In the end aku cukup merekomendasikan kalau kamu penasaran sama makanan spanyol. Yang pasti, kamu harus nyobain chicken quesadilla nya kalau kesini karena emang lumayan enak. Homemade NY Cheesecake-nya juga enak kalau kamu penyuka tipe cheesecake ala NY yang padat dan renyah. Oya, kalau kamu suka menu-menu unik, jangan lupa untuk nyobain Arroz Negro nya ya, soalnya ini makanan emang unik menurutku hehe. 

Overall Rating: 3.5/5

---

     Sekian review ku kali ini, kalau kamu mau tau lebih lanjut bisa langsung cek sosial media-nya Gastromaquia di sini:


      See you guys on my next post!

Love,
Auzola


2 comments:

  1. wah ada rooftopnya yaa. bagus gak rooftopnya untuk foto-foto?
    tempatnya instagram-able, ya. hihi. :3


    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan rooftop juga sih hehe, lebih semacam balkon besar di lantai 2 gitu..
      mayan oke sih buat foto-foto, cuma kurang rapi aja keliatannye hehe xD

      Delete