Thursday, February 22, 2018

(Bahasa Indonesia) Chit chat: Istilah Makeup yang Perlu Kamu Tahu

Halo guys!

      Mumpung lagi ada tenaga, aku menguatkan diri untuk nulis artikel chit chat lagi (rampungnya lebih dari dua minggu hahaha). Kali ini artikelnya dalam bahasa indonesia yah dan mungkin topiknya cukup menarik buat kamu pecinta makeup atau kamu yang baru aja terjerumus dalam indahnya makeup hahaha. Yap! Kali ini aku mau kasih tau beberapa arti dari istilah makeup yang mungkin sering kamu temui/dengar tapi kamu masih bingung maksudnya. Yuk di baca!




      Jadi artikel ini sendiri topiknya udah ada dari november lalu, lebih tepatnya terinspirasi sama Mawar, seorang mahasiswa yang kemarinan lagi ngerjain penulisan ilmiahnya yang kurang lebih berkaitan sama jargon-jargon di dunia per-makeup-an. Setelah dapat email dari Mawar yang meminta bantuan untuk jadi interviewee secara digital dan sempat chatting di whatsapp tentang beberapa arti istilah makeup, aku jadi kepikiran buat nulis ini di blog aku dan baru terealisasi sekarang. Kenapa dijadiin artikel? Soalnya lumayan informatif juga sih, especially buat kalian yang masih suka bingung sama istilah-istilah makeup yang beredar selama ini.

      Ini beberapa istilah yang kepikiran yang aku kumpulin, mungkin kalau ada yang sekip terus kalian mau tanya boleh langsung komen aja, aku bantu sebisaku untuk menjelaskan istilah tersebut. So say no more, berikut beberapa istilah makeup yang perlu kamu ketahui:

- Oxidation: merupakan sebuah reaksi kimia saat terpapar dan tercampur dengan oksigen pada udara. Hal ini biasa terjadi saat mineral makeup atau beberapa jenis foundation lainnya bereaksi dengan oksigen pada udara yang membuat shadenya terlihat lebih gelap, kekuningan/orange pada kulit seiring berjalannya waktu.

- Pigmented: seperti artinya, pigmented yaitu memiliki pigmentasi yang pekat. Misalnya eyeshadow/blush on atau produk makeup yang dikatakan pigmented akan terlihat pekat dan "keluar" warnanya saat kita aplikasikan.

- Dupe: dari kata "duplicate", merupakan istilah yang digunakan untuk dua produk atau lebih yang benar-benar mirip atau serupa tapi beda brand biasanya. Kadang kemasannya pun bisa mirip, atau bisa aja beda dari segi kemasan tapi warna/konsistensi/performa nya serupa. Biasanya dupe memiliki harga yang lebih affordable dan bisa dibandingkan dengan suatu produk yang lebih mahal. Misalnya warna lipstick yang sangat persis walaupun milik dua brand yang berbeda. Contoh: Urban Decay Naked 3 vs Makeup Revolution Iconic 3, Real Technique Miracle Complexion Sponge vs Beauty Blender, etc.

- Day Cream: krim pagi/siang. Skincare untuk wajah berbentuk cream yang ditujukan untuk pemakaian di pagi/siang hari.

- Dark Spot: bintik hitam pada wajah.

- Loose Powder: bedak tabur.

- Translucent Powder:  merupakan bedak yang tipis dan tidak bewarna, biasanya digunakan untuk men-setting makeup dan mengontrol kilap pada wajah (bukan untuk menutupi atau menambah warna pada kulit).

- Buttery: perasaan akan suatu tekstur yang halus. Misalnya tekstur eyeshadow/blush on yang lembut dan halus.

- Baking: bukan bikin kue pastinya haha. Baking dalam makeup merupakan teknik mengaplikasikan beberapa layer bedak (biasanya translucent powder) setelah menggunakan foundation dan concealer lalu didiamkan selama beberapa menit sebelum sisanya disapukan menggunakan kuas makeup. 

- Strobing: Teknik mengaplikasikan produk highlight pada area-area tertentu pada wajah di mana cahaya akan menyinari secara natural (misal bagian tulang pipi, tulang alis, tulang hidung, cupid bow, dan bagian tengah kening) untuk menghasilkan tampilan yang terlihat dewy dan glowing.

- Contour: Teknik yang digunakan upaya untuk membuat ilusi bentuk wajah yang lebih dalam, berbentuk dan ramping dengan menggunakan makeup bewarna gelap dan terang pada bagian-bagian tertentu.

- Patchy: tidak merata. Misalnya foundation atau lip liquid kamu warnanya terlihat tidak merata (ada yang lebih gelap dan lebih terang) dan malah memperlihatkan kekurangan kulit/bibir bukannya menutupi dengan baik.

- Ashy: menjadi keabu-abuan. Yup, jika makeup, seperti foundation misalnya, tidak menyatu warnanya dengan shade dan tone kulit maka warnanya dapat terlihat seperti keabu-abuan. Jadi pastikan memilih produk wajah yang sesuai dengan tone dan shade kulit kita.

- Cakey: hal ini sering kali terjadi kalau kita terlalu banyak dan tebal dalam menggunakan foundation/bedak. Pasti sering kan kamu denger atau mengucapkan "gile dempulannya tebel banget", nah itu dia penjelasan gampangnya cakey hehe.

- Cut Crease: Teknik pengaplikasian eyeshadow yang menegaskan bagian kelopak mata (kelopak mata dibuat garis yang jelas dan nyata, seperti di "cut") dengan eyeshadow bewarna kontras. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil eye makeup membuat bagian mata terlihat tegas dan dalam.

- Smudge: luntur. Misalnya mascara atau eyeliner yang luntur (terkena minyak pada kulit maupun karena air) di mana membuat mata jadi hitam seperti raccoon. 

- Flake: sedikit berbeda dengan smudge, flake menandakan adanya serpihan-serpihan dari makeup yang luntur. Misalnya mascara yang kamu gunakan terlihat luntur, tapi ngga bikin mata kamu hitam kaya raccoon, cuma kamu kerap menemukan serpihan-serpihan hitam di bawah mata. 

- De-pot: mengeluarkan suatu produk dari wadah aslinya dengan tujuan untuk memindahkan ke wadah lain. Misalnya bullet lipstick yang dicairkan lalu dipindahkan pada suatu jar kecil lainnya. Atau eyeshadow pan yang kamu cungkil dari palette nya untuk kamu pindahkan pada palette lain bersamaan dengan eyeshadow lainnya.

- Hit Pan: saat kamu sudah menggunakan makeup mu sampai bagian bawah palette/compact nya terlihat, alias produk tersebut udah mau habis. 

- Makeup Haul: kegiatan memperlihatkan produk-produk makeup yang sudah kita beli, terutama melalui social media, biasanya dilengkapi dengan detail produk apa saja yang baru dan juga harganya. Kegiatan pamer cantik lah intinya hehe.

- Holy Grail: suatu beauty produk yang sangat esential dalam beauty routine mu dan kamu suka banget sama itu produk. Misalnya kalau Holy Grail foundation ku itu Kat Von D Lock It Tattoo Foundation, serum Holy Grail ku itu Sulwhasoo First Care Activating Serum, micellar water Holy Grail ku itu Bioderma Sensibio/Hydrabio, etc. Di mana pasti aku bakalan megap-megap kalau mereka sampai discontinue hahaha.

- Overline: kegiatan menggunakan lip liner atau sejenisnya dan mengaplikasikannya melebihi dari garis natural bibir untuk tampilan bibir yang lebih tebal atau untuk menyeimbangkan bentuk bibir.

- Clumpy: menggumpal. Misalnya clumpy mascara yaitu mascara yang menggumpal pada bulu mata pas sudah diaplikasikan.

- Creasing: saat makeup yang kamu gunakan luntur dan malah menampilkan kekurangan pada wajah. Misalnya concealer yang creasing akan membuat bagian bawah mata kamu terlihat garis-garisnya atau eyeshadow yang creasing warnanya akan menghilang dari kelopak mata mu dan garis-garis kelopak mata malah terlihat jelas.

- Fall out: mirip dengan flakes, tapi biasanya fall out lebih menjelaskan bubuk-bubuk eyeshadow yang berjatuhan di bawah mata saat diaplikasikan.

- On Fleek: istilah yang biasanya digunakan saat makeup kita benar-benar bagus. Misalnya "eyebrow on fleek" tandanya alis yang kita gambar saat itu sangat sempurna. Atau misalnya "eyeliner on fleek" tandanya eyeliner kita lagi benar-benar presisi dan cakep banget, etc.

- Non-comedogenic: produk kosmetik yang non-comedogenic berarti produknya tidak menyumbat pori-pori, jadi ngga membuat kulit iritasi atau jerawatan.

- Double Cleanse: metode membersihkan kulit yang popular di Korea. Seperti namanya, proses pembersihan wajah melalui dua tahap; pertama menggunakan cleanser yang mengandung oil/minyak agar makeup terangkat dengan baik, lalu dilanjutkan dengan cleanser foam untuk membersihkan wajah dengan lebih menyeluruh dan lebih bersih.

- Multimasking: belakangan istilah ini lagi sering terdengar nih. Multimasking sendiri adalah metode menggunakan beberapa masker yang berbeda pada bagian-bagian wajah tertentu pada saat yang bersamaan. Misalnya menggunakan pore cleansing mask pada bagian T-zone, sedangkan bagian lainnya menggunakan moisturing mask.

---

     So far itu dulu sih yang kepikiran hehe. Kalau misalnya aku ada yang salah, mohon bantuannya membetulkan, hehe. Sekian dulu chit chat kali ini. Semoga membantu kalian terutama yang masih bingung-bingung. See you guys on my next post! :)

Love,
Auzola


10 comments:

  1. Ini membantu banget ka aul buat orang-orang yg masih bingung ttg kata-kata di dunia beauty. ��

    ReplyDelete
  2. Noted! Makasih mbk, sangat bermanfaat ini. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  3. Waahh aku banyak yg belum paham ternyata heheheh.

    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
  4. Holy grail itu tadinya istilah baru buatku pas dulu masih baru2 jadi bblogger. Ngga ngerti artinya, dicari definisinya di Google makin ngga ngerti. Trus dengerin lagunya Jay Z dan tercerahkan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, sama nin, awal2 denger bingung apaan si holy grail holy grail xD

      Delete
  5. Beberapa aku udh tau istilahnya.. Tp ada iatilah baru yg baru ngerti pas baca ini :D. Dan dulu aku kira loose powder dan transluscent powder itu sama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, semoga membantu ya artikel kali ini :D :D

      Delete