Monday, March 26, 2018

(Bahasa Indonesia) Chit chat: Tips Mengetahui Ciri Kosmetik Palsu

Hai ho guys!

     Seperti yang sudah aku janjikan pada postingan sebelumnya mengenai Bahaya Kosmetik Palsu (yang belum baca bisa cek DI SINI), pada chit chat kali ini aku mau ngasih sedikit tips mengetahui ciri kosmetik palsu biar kita ngga terjerumus buat beli kosmetik palsu. Yuk langsung dibaca :)

      Jadi, kosmetik palsu memang mewabah banget, produksinya dan distribusinya pun cepet bangetttt. Yang ngga niat aja bisa kejebak beli kosmetik palsu, apalagi yang berniat emang beli kosmetik palsu. Kebanyakan nih ya pengen / terjebak beli kosmetik palsu ya karena MURAH, kurang pengetahuan tentang yang palsu-palsu, mau gengsi doang tapi masih belum kuat beli yang asli (sorry to say), dan berbagai macam alasan lainnya.

     Tapi guys, kosmetik palsu itu ternyata BERBAHAYA. Kalau dia ngga berbahaya mah cus lah silahkan beli tuh kosmetik palsu. Masalahnya ngga cuma ngerugiin perusahaan kosmetiknya (terserah deh itu bukan urusan kamu), tapi ini juga ngerugiin kamu, iyes kamu! Karena bahayanya tuh bisa dari cuma iritasi ringan sampai menyebabkan kematian lho (baca DI SINI detilnya). Duh mending jauh-jauh deh dari kosmetik palsu, harga murah ngga sebanding dengan efek sampingnya yang bisa muncul kapan aja.  

     Nah, sayangnya sekarang makin tricky buat memilah-milah mana yang palsu mana yang asli, karena kadang kasat mata produknya benar-benar miriiiipp banget. Kalo udah di samping-sampingin sama yang asli baru deh JRENG keliatan palsunya. Ini beberapa tips yang bisa kamu coba sebelum membeli kosmetik biar terhindar dari yang palsu-palsu:

1. Cek Harganya

     Ini cara termudah buat ragu-ragu suatu produk itu palsu atau asli. Ya gini aja sih, ngga mungkin kan kita bisa beli bedak Chanel dengan harga cuma 150 ribu rupiah aja atau UD Naked cuma 50 ribu aja. Ngimpi? Itu super jelas banget kalau itu produk pasti palsu haha. 

      Memang, harga murah itu emang susaaaahh banget ditolak. Tapi kalau harganya 'too good to be true' sebaiknya kita waspada deh, karena ada kemungkinan itu produk adalah palsu. Brand, terutama yang luxury brand biasanya punya harga jual yang beda-beda tipis ditiap toko ke toko (bahkan biasanya sama satu toko ke toko lainnya). Okay, beberapa online shop terpercaya bisa jual dengan harga yang lebih murah dibanding store retail officialnya, tapi harga tersebut pun ngga akan lebih murah daripada harga jual aslinya di negara aslinya. Kecuali lagi ada diskon, itu pun biasanya selisihnya masih normal kok dan mereka seharusnya ngga bakalan punya banyak stoknya karena ya diskonan punya produk. Diskonpun intinya harus make sense, bukan yang wah banget jatoh harganya jadi murah macem beli lemper.

      Jadi kalo harga di store Indonesia-nya misalnya 500 ribu, harga aslinya di negara brandnya USD 35, terus tetiba kamu nemuin yang jual cuma 100 ribu, udah di stop aja, kemungkinan besar itu palsu. Apalagi kalau dia jualnya dalam bulk-bulk gede dan punya berkodi-kodi dari produk itu, terus ngaku-ngaku punya akses langsung ke pabrik (ha ha). Karena kalau preloved dijual murah kita masih bisa percaya lah ya, tapi kalau sampai dia punya segudang produk yang sama dengan harga yang jatoh banget, udah lambai-lambai menjauh aja :)

 Di online shop Instagram yang satu ini dia jual Chanel makeup sepaket cuma 500k kalau ngga salah. Becanda :|

2. Perhatikan Kemasannya

      Perhatikan baik-baik kemasannya. Mau kamu sebelumnya udah pernah beli produknya atau belum, cek baik-baik kemasannya, karena kalau sekilas ngga terlihat beda tapi kalau kita perhatikan dengan seksama yang palsu pasti berbeda. Hal ini mungkin bakalan susah dilakukan kalau kamu mau beli produknya online, karena foto yang dipajang sama barang yang datang bisa jauh berbeda. Tapi tips ini bisa kamu aplikasikan kalau beli di toko fisik atau bisa kamu aplikasikan setelah beli produknya dari olshop tersebut (seengganya walaupun udah rugi karena sampai kebeli, kita ngga rugi lebih lanjut dengan menggunakan produk abal berbahaya tersebut).

     Biasanya kosmetik palsu kemasannya ada aja minusnya walaupun sekilas mirip banget sama aslinya. Seperti misalnya:
  • Kualitas plastik / kertas / metal casing nya itu lebih terasa murahan, ngga sesuai sama image brand, terutama yang luxury. Raba-raba aja dulu dan rasakan kemasannya hehe.
  • Kemasan casing keliatan ngga rapi.
  • Tulisan / font pada kemasannya ngga rapi, miring, pudar, ngga konsisten atau bahkan salah tulis (misal salah tulis nama shade). Padahal font itu penting bagi brand, sementara produsen kosmetik palsu ngga mau ribet-ribet mikirin masalah seperti itu.
  • Kotak kemasannya ngga dilipat dengan proper, alias keliatan ngga rapi. Ukuran kemasannya juga kadang bisa beda tipis sama yang asli.
  • Beberapa produk biasanya punya stiker "peel-to-reveal" dibagian belakang kemasannya, yang kalau kita kletek bakalan ada stiker lagi di dalamnya yang biasanya bersikan ingredients. Kalau ada ini kemungkinan itu produk asli, karena yang produsen palsu biasanya males sampai sedetil ini.
Mirip, tapi beda. Lihat yang fake lebih ngga rapi dan warnanya terlalu kontras.

 Sekilas emang mirip, cuma kalau diperhatiin yang palsu kelihatan ngga rapi kemasannya dibanding yang asli.

Banyak kosmetik asli yang menggunakan stiker "peel-to-reveal ini" (walaupun ngga semua lho), sedangkan kalau palsu ada kemungkinan si produsen kosmetik palsu ini terlalu males buat bikin stiker ala-ala begini.

     Intinya cek setiap-tiap hal yang bikin kamu curiga dengan sedemikian mungkin. Karena semirip-miripnya, kualitas asli dan palsu pasti bisa keliatan dari kemasannya sekalipun. Karena brand serius dan punya quality control, sementara produsen kosmetik palsu mau cepet aja biar dapet duit.

3.  Cek Barcode, Nomer Seri dan Informasi Manufaktur

      Produk kosmetik yang asli hampir selalu mempunyai barcode, nomer seri, dan informasi manufaktur yang benar dan jelas. Jadi kamu bisa make sure itu produk asli atau ngga dengan mencoba cek barcode, nomer seri atau informasi manufakturnya.

     Untuk kode-kode gitu kamu bisa coba cek di beberapa website yang bisa kamu akses secara gratis, seperti www.checkfresh.com , kalau legit seharusnya data-datanya bisa muncul di sana. Walaupun begitu, kadang ada juga yang ngga muncul sekalipun asli (bisa jadi karena ngga disubmit mungkin), jadi ini jaga-jaga tambahan aja biar makin yakin. Atau kamu bisa coba langsung kontak brand-nya melalui CS pada website brand mengenai barcode, etc apakah emang valid atau ngga.


Kode-kode seperti ini bisa kamu temukan di makeup asli maupun palsu, tapi biasanya yang asli bisa kita lacak kode nya, misalnya dari website check fresh tadi. Tapi terkadang data di sana juga ngga update, jadi bukan penentu utama suatu kosmetik asli atau palsu.

4. Perhatikan Tekstur, Formula, Swatch, & Wangi

     Sama seperti masalah kemasan, formula atau tekstur yang terlihat cheap bisa jadi salah satu indikator kalau produk itu palsu. Seperti misalnya:
  • Eyeshadow, blush, lipstik dan bedak palsu terkadang formulanya berasa lebih chalkier, atau ngga se-smooth makeup aslinya. Teksturnya pun berasa gitu beda dan terasa lebih cheap. Kalau mau lebih detil lagi liat pattern dari isi produknya mirip apa ngga (yang asli bisa cek website nya gitu misalnya).
  • Swatchnya beda banget sama yang asli, misal eyeshadow ternyata pigmentasinya super jelek, padahal seharusnya pigmentasinya bagus, nah bisa dicurigai tuh asli apa ngga.
  • Beberapa produk asli ada yang punya wangi-wangi signature (misal Anna Sui wanginya rose subtle yang enak gitu di hidung), pada makeup palsu bisa aja wangi-wangi tersebut ngga ada atau malah jadi wangi yang super memabukkan macem penghapus jaman sd. Atau bau kosmetiknya cuma apek aja gitu, atau malah bau bahan kimia / obat yang bikin kepala agak sempoyongan, ada kemungkinan besar kalau itu palsu.
  • Kalau pada parfum palsu, wanginya tuh rada off, ngga fresh dan bahkan beberapa bisa kecium sedikit wangi amonia (karena dalam beberapa parfum palsu katanya ditemukan emang ada kandungan pipis manusianya, eww).
 Sekilas boleh mirip si Meet Matte Nude ini, cuma pas dicoba swatch keliatan banget zonk yang palsu, teksturnya dry dan pigmentasinya jelek abis.

     Intinya diperhatikan benar-benar deh setiap detilnya, karena bisa membantu banget dalam menentukan itu produk asli atau palsu.

5. Selalu Cek Website Officialnya

     Mau belanjanya di toko fisik (yang bukan official) ataupun lewat online, selalu make sure tiap-tiap produk yang kita mau beli di website officialnya atau kalau mau lebih detil lagi datengin toko officialnya buat lihat-lihat dan nyolek-nyolek dulu. Biar akrab dulu sama produk yang mau dibeli, supaya mata makin jeli buat liat mana yang asli dan yang palsu.

     Gampangnya, misal mau beli UD Naked 5 yang dijual di toko X, please cek dulu itu website / store officialnya, karena UD Naked aja cuma ada sampai 3, masa mau beli yang 5? Atau MAC yang isinya udah include eyeshadow 200 biji, blush on dan lipstick dalam satu palette, cek lagi, emang ada itu produk begitu keluaran MAC? In the end, apapun itu selalu make sure lagi ya kalau itu produk emang diproduksi beneran dan bukan khayalan si produsen kosmetik abal. Akrab-akrabin diri dulu deh sama yang mau dibeli hehe.

 Come on, Urban Decay Naked ngga sampai 4, apalagi sampai berbentuk lip matte :|

6. Belanja di Tempat Terpercaya

     Ini paling krusial sih sebenarnya. Kalau ngga mau ketipu beli yang palsu, ya amannya belanja kosmetik di tempat yang terpercaya atau store officialnya. Kalaupun mau beli di online shop boleh banget kok, banyak online shop yang terpercaya menjual produk-produk asli, tapi ya harus jeli dalam memilih online shopnya. Jangan sampai kejebak. Misal kamu tau itu online shop ada jual makeup palsu, at least satuuuu aja, udah deh, langsung block dan jangan sampai beli di sana karena ada kemungkinan makeup lainnya pun palsu.

     Kalau aku beli kosmetik via online yang insyallah asli biasanya di Makeupuccino dan Beauty Haul Indo. So far aman, harganya lebih murah dari konter cuma masih make sense. Sisanya aku prefer beli langsung di official store, konter makeup di department store, drugstore, & Sephora, karena ada beberapa produk yang harganya beda tipis aja sama online shop.

---
     So far sekian sih tips dari aku buat mengetahui dan hati-hati biar ngga terjerumus beli kosmetik palsu. Kalau kalian punya tips lainnya, boleh banget dishare di komen biar yang lain juga bisa mengaplikasikan tips nya! Sekian dulu chit chat kali ini, see you guys on my next post and beware of fake cosmetics!

Love,
Auzola


6 comments:

  1. Gak hahis pikir ya, ada aja yg jual fake makeup :/

    svnnyms.com

    ReplyDelete
  2. waduh mantab ini info, harus cepet cepet kabarin orang rumah biar jangan sampai ada yang salah milih / beli

    ReplyDelete
  3. harus banget ya sekarang aware sama produk aspal, abis banyak yg suka jual produk palsu tapi ngaku2 asli :(

    ReplyDelete
  4. Di shopee paling parah sih, pernah kejebak sama morphe palette, kalo makeup yang dipake gitu masih gampang sih ngebedainnya. Kalo yang brush ituloh apalagi RT lumayan susah, bahkan yang fake pun berani pasang harga asli dan buat yang gak pernah beli RT asli bakalan gak tau kalo itu fake, menyedihkan banget :'

    www.rzwdanti.com

    ReplyDelete