Friday, May 18, 2018

(Bahasa Indonesia) Review: Betadine Feminine Wash - Foam, Liquid, & Wipes

Heyyaa!

     Aku balik lagi nih dengan review terbaru! Kali ini produk yang aku review cukup membuatku excited karena merupakan salah satu brand perawatan kesukaanku, yaitu Betadine! Kalau sebelumnya kalian suka baca blogku, pasti tau dong aku pernah review perawatan kewanitaan favoriteku, yaitu Betadine Feminine Hygiene (BFH). Naaahh, sekarang ada produk perawatan kewanitaan terbaru dari Betadine, yaitu Betadine Feminine Wash (BFW)! Wahh, apa bedanya sih? Bagus ngga sih? Cus yuk langsung baca aja lebih lanjut :)

betadine feminine wash

INFORMASI PRODUK
Blog Label: green
Brand : Betadine
Nama : Betadine Feminine Wash
Made In : Thailand

      Berikut aku cerita sedikit ya tentang Betadine Feminine Wash atau sebut aja BFW, yang merupakan produk terbaru, sebelum mulai review penggunaan pribadiku, biar kalian tau bedanya sama Betadine Feminine Hygiene (BFH).
     Oya, mau bilang, Betadine logonya baru lhoooo! Aku notice banget pas beli obat merahnya hahhahaha. Ga penting ya, cuma menurutku logonya lebih catchy yang baru, font dan design-nya juga jadi simple tapi modern gitu, seneng deh liatnya. Hahaha, moga-moga yang BFH juga punya kemasan baru kedepannya. 

     Anyway, fokus lagi, karena Betadine sebelumnya hanya memiliki satu produk perawatan kewanitaan yaitu BFH, yang memang ditujukan untuk digunakan saat keadaan-keadaan tertentu aja (misal lagi ada masalah keputihan, menstruasi / red days, dan sebagainya), akhirnya Betadine memutuskan untuk meluncurkan produk perawatan kewanitaan terbaru, BFW, yang dapat digunakan sehari-hari! 

betadine feminine hygienebetadine feminine wash

     Memang, kadang kita suka bertanya-tanya, emang penting perawatan area kewanitaan dilakukan sehari-hari? Faktanya iya! Karena itu bagian dari tubuh kita yang sangat-sangat harus dijaga, ngga cuma vital tapi juga intim. Jadi emang sebaiknya sih ngga nunggu ada masalah dulu baru ngerawat si miss V. Tapiii, walaupun begitu, sebagai wanita kita tetap aja nih was-was, apalagi kan katanya penggunaan pembersih kewanitaan sehari-hari itu dapat mengganggu bakteri baik yang ada di sana, tapi penggunaan air biasa pun, walaupun aman, sayangnya kurang memadai kebutuhan si miss V. Oleh karena itu saat memilih produk perawatan area kewanitaan kita itu harus jeli banget guys.

     Jengjengggg, lalu sekarang BFW hadir diantara kita! BFW ditujukan sebagai pembersih kewanitaan alami sehari-hari karena merupakan pembersih area kewanitaan non-antiseptik yang terbuat dari bahan-bahan alami yang mengandung prebiotic dan formula Tri-care yang diperkaya dengan bunga Immortelle. Nah BFW ini dikatakan beda nih sama produk-produk lainnya, karena ngga cuma merhatiin pH balance (pH natural yang harus dijaga itu 3.5 - 4.5), tapi juga mengandung si prebiotik tadi nih, buat mendukung pertumbuhan bakteri baik.
  • PREBIOTIK - disebutkan dapat membantu pertumbuhan bakteri baik (normal flora) pada miss V, sehingga bisa memberikan perlindungan yang alami. Karena dengan menjaga kesehatan normal flora di area kewanitaan membuat miss V dapat memproteksi dirinya sendiri lho.
  • IMMORTELLE  - bunga abadi yang tumbuh di Perancis yang merupakan antioksidan alami.
      Terus nih, yang lebih menarik lagi adalah, BFW ini tidak mengandung SLS (Sodium Laureth Sulfate) yang dapat membuat kering dan juga tidak mengandung Paraben, jadi aman lho digunakan saat hamil maupun menyusui. Jadi bersyukurlah para wanita hamil / menyusui yang udah gatel banget mau merawat miss V yang berasa acak-acakan, tapi masih takut-takut hehe (i'm one of them!).
    
      Selain itu BFW sendiri hadir dalam 3 bentuk lho, yaitu Foam, Liquid dan Wipes! Terus ada 4 variant juga lho buat Foam dan Liquidnya. Jadi banyak pilihan yang bisa kamu sesuaikan sama kebutuhanmu. Berikut 4 variantnya:
  • Gentle Protection, Immortelle (Ungu) - pembersih kewanitaan sehari-hari dari bahan alami Immortelle untuk menjaga kesehatan alami kewanitaan. Ini yang versi Original dari BFW. 
  • Fresh & Active, Lemon Verbena (Hijau) - mengandung Lemon Verbena yang memberikan sensasi kesegaran di area kewanitaan, cocok untuk wanita aktif, berkeringat karena aktivitas outdoor atau berolahraga.
  • Odour Control, Witch Hazel (Biru) - mengandung Witch Hazel yang membantu mengatasi bau tidak sedap di area kewanitaan, cocok untuk wanita yang sibuk seharian ataupun berada di udara lembab.
  • Moisturizing, Calendula Oil (Pink) - mengandung Calendula yang mengandung kelembapan yang pas untuk area kewanitaan, seperti pada wanita baru melahirkan atau sudah menopause.
     Nah, lengkap kan yaaa, bisa dipilih sesuai kebutuhan. Dan udah tau ya bedanya sama pendahulunya, si BFH. Intinya sih BFW itu ditujukan untuk perlindungan area kewanitaan sehari-hari, sementara BFH cukup untuk saat-saat tertentu / saat lagi ada masalah aja (kaya lagi keputihan / red days), nih bisa baca reviewnya DI SINI untuk BFH.

     Sekarang aku mau ceritain pengalaman aku menggunakan BFW yang Foam, Liquid dan juga Wipes (yes, ketiganya!), mana yang paling aku suka dan mana variant yang lagi aku fokus gunakan!


BETADINE FEMININE WASH - FOAM

Isi : 100ml
Harga : IDR 51k (around USD 5)
Harga berdasarkan toko di Indonesia.

KEMASAN

      Pertama liat kemasannya dulu yaa:

betadine feminine wash

betadine feminine wash

     Kemasannya sendiri menurutku gemeess, simple tapi cute, beda deh sama kemasan BFH yang kesannya standar dan kaku banget. Kemasan BFW itu lebih girly dengan warna-warna pastelnya. Anyway, ini yang foam jadi ada pumpnya dan pumpnya itu mudah banget di tekan dan diatur takarannya mau pakai sebanyak apa. Ukurannya sendiri cukup besar, jadi emang agak kurang travel friendly yang tipe foam ini. 

betadine feminine wash
 betadine feminine wash

     Ini dia isinya, bentuknya foam pastinya, foamnya ini ringan banget dan watery, jadi mudah diusapkan pada miss V.


PENGGUNAAN

     Jadi seperti yang sudah aku sebutkan di atas, penggunaan BFW ini untuk sehari-hari ya guys. Cara penggunaannya pun gampang banget. Cukup basahi tangan, lalu tekan pumpnya sesuai kebutuhan (biasanya aku 1-2x pump), terus tinggal usap ke area kewanitaan dan bilas deh! Gampang banget dan cepat untuk penggunaan sehari-hari. 

     Walaupun aku beli dua variant foam (yang Pink dan Biru), aku baru makai yang biru aja, karena lagi merasa miss v lembab belakangan dan kadang suka ada bebauan yang tidak diinginkan karenanya. So far enak banget pemakaiannya mudah, terus wanginya juga enak BFW yang Witch Hazel ini (walaupun aku nyiumin empat-empat variantnya punya wangi yang enak dan segar). 
     
     Setelah pemakaian gimana? Well, karena efek hamil kali ya, lembabnya sih tetap (tapi lebih ke bagian selangkangan sih), cuma emang jadi ngga berbau aneh-aneh si miss v, rasanya lebih enak aja dibanding sebelum penggunaan.


 REVIEW KESELURUHAN

    Suka sih so far dengan penggunaan BFW foam yang Witch Hazel (Biru). Aku baru nyobain around 5 harian untuk variant Witch Hazel ini, karena abis itu aku pindah nyobain variant yang Lemon Verbena - Hijau, yang akan aku bahas di bawah, karena pakainya yang liquid hehe. Anyway, seperti yang aku bilang tadi, si Biru ini oke buat nanganin bau kurang enak yang muncul pada miss V. Area kewanitaan pun terasa lebih segar dan bersih, especially karena baunya jadi netral lagi. 

     Terus aku suka yang foam ini karena takarannya bisa kita prediksi, alias ngga nge-pump kebanyakan. Aku cukup 1-2x pump untuk sekali penggunaannya. Foamnya pun lembut dan mudah diusapkan secara merata pada area kewanitaan. Sayang karena ukuran kemasannya yang mayan gede, membuat versi foam ini kurang travel friendly. 

Pro:
+ foam-nya enak digunakan
+ ada pumpnya mempermudah takaran saat penggunaan
+ harganya masih cukup terjangkau
+ pemakaiannya cukup sedikit aja
+ yang Biru oke buat bikin miss V jadi lebih segar dan tidak berbau aneh
+ penggunaannya mudah dan ngga lama
+ ada 4 variant yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan miss V

Cons:
- agak gede, susah dibawa-bawa

Overall Rating: 4/5


BETADINE FEMININE WASH - LIQUID

Isi : 50ml
Harga : IDR 24k (around USD 2)
Harga berdasarkan toko di Indonesia.

KEMASAN

      Pertama liat kemasannya dulu yaa:

betadine feminine wash

betadine feminine wash

     Desain kemasannya sama dengan yang Foam, cuma ini kaya dibotol kecil ramping gitu, yang menurutku enak dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil. Tutup nya yang flip gitu, tapi secure kok, jadi ngga perlu takut bocor/beleber isinya.

betadine feminine wash

     Yang liquid begini isinya. Kental, cuma masih watery teksturnya dan mudah diusapkan juga ke miss V tanpa ribet.


PENGGUNAAN

     Penggunaannya basically sama dengan yang Foam. Jadi basahi dulu telapak tangan kita, tuang BFW liquid ini (hati-hati jangan sampai kebanyakan karena kekentalan tekstur produknya cukup watery menurutku), lalu usapkan pada area kewanitaan dan bilas dengan air bersih. Bisa juga kalian bikin foam dulu kok kalau mau hehe, kalau aku bikin foamnya pas diusap ke miss V. Sama kaya yang foam, pemakaiannya juga gampang dan cepat. Cuma ya itu, karena tekstur liquidnya yang agak watery, jadi jangan kelepasan pas nuang produknya, karena cukup dikit aja udah oke kok untuk penggunaan. Sayang kalo kebanyakan nuang tar cepet habis hahaha (ngga mau rugi).

     Aku belinya dua variant juga, tapi beda sama yang foam, untuk yang liquid aku beli yang Ungu dan Hijau. Tapi karena sesuai kebutuhan miss V, aku baru nyobain yang Hijau untuk versi liquid ini (dan sebelumnya yang Biru versi foam). Kenapa aku nyobain yang hijau? Karena katanya oke untuk yang beraktivitas, berarti maksudnya keringetan dan lembab kan miss V-nya. Dimana lagi aku alami banget nih selama kehamilan belakangan ini. 

     Setelah pemakaian?? Enak! Lebih segar lagi di miss V dibanding yang Biru pertama aku cobain. Wanginya juga segaaar banget dan membuat miss V berasa juga segar dan bersih gitu rasanya. Lembab selangkangan unfortunately masih, cuma miss V lebih bersih. Kenapa aku bisa tau? Well, sebulan belakangan ini miss V lagi agak gatal (maybe keputihan campur lembab keringetan), dan jadi kaya ada dakinya gitu. Kesel sumpah, cuma ngga berani pakai apa-apa haha. Nah semenjak 4 harian ini aku pakai Lemon Verbena (Hijau) ini, daki-dakinya itu berkurang (keliatan kan kalau lagi dilap pakai tisue). Ya maybe karena dia jadi ngga begitu lembab lagi kali ya. Intinya aku cukup happy pakai yang Hijau ini.


 REVIEW KESELURUHAN

    Sukaaa! Mayan mengurangi "daki" mengganggu yang belakangan ini suka muncul, hiks. Plus rasanya yang Hijau ini seger deh di miss V, bikin berasa miss V nya itu bersih. Untuk versi liquid sendiri menurutku ngga beda jauh dengan pemakaian foam, walaupun foam lebih simple penggunaannya, karena takarannya lebih mudah. Si liquid ini harus hati-hati saat penuangan biar ngga keluar kebanyakan, sayang nanti cepat habis hehe. Karena emang ngga perlu banyak untuk satu kali penggunaan. 

     Yang bikin dia lebih unggul dibanding si foam adalah kemasannya yang kecil, jadi mudah untuk dibawa-bawa. Cuma aku tetap lebih senang pakai yang foam sih karena foam-nya berasa halus saat diusap hehe. Jadi kalau aku lebih suka penggunaan yang foam untuk di rumah dan liquid untuk dibawa-bawa. Tapi dua-duanya oke kok, lebih ke preferensi masing-masing aja. 

Pro:
+ liquidnya gampang diusap ke area kewanitaan
+ kemasannya kecil, enak dibawa-bawa
+ pemakaiannya cukup sedikit aja
+ harganya terjangkau
+ yang variant Hijau enak buat bikin miss V lebih segar
+ ada 4 variant in total yang bisa dipilih sesuai kebutuhan miss V

Cons:
- nuangnya harus hati-hati biar ngga kebanyakan

Overall Rating: 4/5


BETADINE FEMININE WASH - WIPES

Isi : 10 sheets
Harga : IDR 12k (around USD 1)
Harga berdasarkan toko di Indonesia.

KEMASAN

      Pertama liat kemasannya dulu yaa:

betadine feminine wash

betadine feminine wash

betadine feminine wash

     Kemasannya kaya tisue basah pada umumnya, yang ukuran kecil. Warnanya didominasi warna ungu. Wipes-nya mudah diambil tanpa nyangkut-nyangkut lebay dengan wipes di bawahnya (biasanya kan ada tuh yang tisue basah ambil satu keluar empat ahaha). Dari ukuran dan kemudahan pengambilan tisue, enak lah si BFW wipes ini untuk dibawa-bawa.

betadine feminine wash

betadine feminine wash

betadine feminine wash

     Ini bentuk dan tekstur wipes-nya. Kalau kamu perhatikan baik-baik bahan wipes BFW ini beda dengan wipes pada umumnya. Wipes nya tebal, halus dan berasa beda deh sama wipes biasanya. Kalau kita sobek keliatan kalau ini wipes bahannya mudah didaur ulang. Ngga kaget sih, soalnya ditulis kalau wipes nya ini 100% Biodegradable. Jadi emang bisa langsung di flush dengan aman di toilet (alias ngga usah takut nyangkut karena dia mudah terurai).


PENGGUNAAN

     Penggunaanya mudah aja, jadi keluarin wipesnya terus usap dari bagian depan kebelakang. Aku udah habis 1 pack wipes ini dan so far senang dengan penggunaannya. Karena berguna banget kalau digunakan saat di toilet umum. Jujur, aku bukan tipe yang mau menempelkan bokongku di toilet umum saat pipis (kalau ngga terpaksa banget gak akan deh nempel-nempel). Jadi biasanya aku gaya kaya setengah squat gitu kalau pipis di toilet umum dan so pasti tidak akan menggunakan air penceboknya yang kaya air mancur itu. 

     Kalau ngga ada tisue basah, pastinya cuma mengandalkan tisue kering ala-ala orang bule gitu deh. Cuma kan kalo keseringan risih juga. Plus pakai tisue basah biasa kadang rasanya tetap kurang nyaman. Sementara pakai wipes BFW ini rasanya lebih enak untuk miss V, berasa lebih bersih dan tetap segar. Dan ini aku ngga cuma menggunakan wipes saat pipis doang, tapi kalau udah berasa ngga nyaman juga suka melipir ke toilet untuk membersihkan miss V dengan BFW wipes ini. Useful banget lah untuk diperjalanan.


 REVIEW KESELURUHAN

    Bagus! Wipesnya enak digunakan dan bikin miss V berasa bersih. Pas banget untuk digunakan saat di luar rumah, apalagi kalau ke toilet yang akses airnya agak ribet / ngga ada. Plus karena dia Biodegradable, ngga ribet-ribet buat ke tempat sampah karena bisa langsung diflush.

Pro:
+ penggunaannya mudah
+ miss V berasa lebih bersih dibanding pakai tisue basah biasa
+ harganya affordable
+ mudah dibawa-bawa
+ 100% biodegradable, bisa langsung diflush

Cons:
- belum ada kalo dari performa, cuma emang masih susah ditemuin di store, sold out muluk :(

Overall Rating: 4/5
----

     Jarang mengecewakan, nambah lagi nih produk Betadine yang aku suka! Dari ketiga produk BFW yang ada aku suka semuanya. Kalau foam dan liquid cuma beda tekstur aja ya, dari performa dan variant sama, jadi bisa kamu sesuaikan sama preferensimu masing-masing lebih suka foam atau liquid. Kalau aku suka keduanya, cuma foam lebih cocok untuk penggunaan di rumah karena botolnya yang cukup besar dan liquid lebih enak dibawa-bawa. Untuk wipesnya, ngga usah ditanya, langsung suka dari awal penggunaan hehe. Sayang aja wipesnya masih suka sold out di store, jadi re-stocknya masih agak pe-er.

betadine feminine wash

     Terus enaknya lagi ada 4 variant berbeda yang bisa disesuaikan sama kebutuhan miss V kita! Kalau menurutku hampir ke-empatnya dibutuhkan dalam waktu yang berbeda-beda haha. Soalnya emang kebutuhan miss V sendiri bisa berbeda tiap harinya. Jadi ngga ada salahnya juga stok semua variant hehe.

     Oya, karena ini baru banget launching, jadi store yang menjualpun masih terbatas nih. Aku sendiri beli nya di Guardian, dan kalau ngga salah juga udah masuk di AEON, family mart dan apotek Roxy, cuma maybe belum semerata Guardian masuk produknya. Jadi kalau kalian mau nyobain cus carinya di Guardian aja biar lebih enak. Tapi ya itu, yang wipes suka out of stock melulu, semoga aja dibanyakin stok BFW wipes secepatnya. Anyway, untuk lebih lanjut kalian bisa cek website dan social medianya Betadine aja ya guys:


     Sekian dulu review ku kali ini. Kalau ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan ya tanya aja di komen hehe. See you guys on my next post!

Love,
Auzola

8 comments:

  1. Waaaa selamat kak Auzola! Sehat terus ya baby, mama sama papanya. Aku tertarik yang wash foam karena bentuknya nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaamiiinn, maacii isthiiii <3

      hehehe iya, foam juga paling praktis makainya krn udah keluar bentuk foam, cuma ukurannya aja yang kurang friendly buat dibawa-bawa xD

      Delete
  2. Aa kemasannya lucu, yg foam enak di rumah yang wipes enak dibawa klo traveling yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, kemasan betadine sekarang jadi gemes dan lebih eye catchy!

      Betul-betul, foam itu emang enak buat dirumah, liquid buat kalo nginep2, sementara wipes kalau lagi diperjalanan hahaha

      Delete
  3. Hai kk..salam kenal ya.. wah makasih reviewnya kak..jadi pengen beli..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo, salam kenal jugaa

      yuk dicobain, kali cocok juga hehe

      Delete
  4. Aku kemarin beli ini yg biru ama ungu. Kalo tisuenya ntr aja, pas ada rencana traveling lg. Bagus utk jalan2 memang. Apalagi kalo ke negara yg ga pake air nyeboknya :p. Risih aku kalo pake tisu kering doang.

    Yg foamnya aku sukaaaa. Beneran bikin nyaman di kewanitaan ya mba. Kalo ini udh abis aku mau beli varian yg lain juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, aku tisue nya suka bawa kalau lagi ke mall, kadang ada juga kan yang wc nya rada2, jadi penyelamat banget wipes nya hehe..
      iyaa, enak kalau habis pakai ini, aku so far paling suka yang hijau :D

      Delete