Saturday, August 25, 2018

(Bahasa Indonesia) Motherhood: Healthy Habits for Breastfeeding Mom (Tips Menyusui!)

Halo guys!

     Duh, rencananya mau update blog dari kemarin, tapi ngga kesampaian karena bayi lagi suka cranky! Ngga cuma bayinya, lama-lama mamaknya juga cranky hahaha. Cranky abis sampai produksi ASI pun menurun huhu. 


     Jadi ya gitu deh baru sempat lagi update blog sekarang. Kali ini aku mau share event yang pertama kali aku datangin semenjak lahiran! Pastinya ngga sembarang event dong, kali ini eventnya pas banget karena tentang breastfeeding! Yang tadinya males banget mau keluar rumah buat event, jadi semangat karena merasa bermanfaat buat aku sekarang yang emang baru aja memasuki masa-masa jadi ibu menyusui! Yang penasaran yuk dibaca, aku mau share ilmu yang aku dapat juga lho dari event kemarin :)


    Sooo, sebelum memutuskan buat ikutan event Healthy Habits for Breastfeeding Mom bersama C Channel dan Bio Oil, aku emang lagi cranky abis, karena Isa pun cranky abis tiap malam. Plus aku itu cranky banget karena kamar ku dan bagian luar-luarnya ngga kunjung kelar beresinnya. Ughhh, i have so many stuffs!!

     Jadi aku masih tinggal sama mama papa, dan bagian atas rumah (lantai 2), itu isinya aku doang, mama papa pindah ke kamar bawah, abang dan adikku juga ke bawah. Jadi di atas ada 3 kamar, satu kamarku yang gedean, satu lagi kamar lama ku (yang lagi mau dijadiin studio makeup dan kerja), satu lagi kamar abang dulu yang sekarang udah beda fungsi jadi gudang, itu udah penuh sama barang-barang karena basically gudang udah penuh, jadi barang lainnya pindah ke sana (aku sama papa sama-sama doyan ngumpulin barang), nah sama ruang tengahnya deh. Dan itu PENUH SAMA BARANG KU SEMUA. Ichi sampai bete nyuruh buang-buangin hahaha. 

    Pas awal nikah aku masih ngga ikhlas buang-buangin barangku yang super crowded dan banyak ngga dipake itu, tapi akhir-akhir hamil Isa, mulai sadar barang emang harus dikurangi, biar Isa enak nantinya. Sumpah barangku banyak banget. Akhirnya mulai deh satu-satu dikurangin dan puncaknya ya sekarang ini, biar aku bisa balik lagi ke rumah (sekarang lagi di rumah mertua, tapi kadang-kadang nginep di rumah aku, di kamar abang yang di bawah hahhaha). Rumah in laws is fineee, buuuuttt, yah namanya cewek ya kayanya emang tetep aja kurang enak tinggal di rumah mertua. Enakan tinggal ama mama papa bisa tetep jadi "anak" alias tetep minta dimasakin dan dimanja bagai anak remaja, lol.


Ini penampakan kamar yang udah agak kosong hahaha.

     Yha, tapi berhubung kondisi masih belum fully sembuh, pekerjaan membersihkan kamar dan ruangan sekitarnya jadi tertunda. Masih ngga bisa angkat-angkat berat lah, cepet capek lah, darah pun masih ngocor lah (padahal udah lebih dari 40 hari, jadi si Ichi masik panik abis), tiap kurang lebih 3 jam harus pumping lah, Isa tiba-tiba mau sama mamaknya doang lah dan sebagainya. Jadi karena barang-barang ku tu banyak, kebayang ya nyortirnya bikin migren dan Ichi ngga bisa bantu sortir juga takut salah buang. Alhasil sampe sekarang aku nulis blog, ruang atas (include kamar ku dan kamar studio) ya belum beres. 

     Nah hal ini sukses bikin aku cranky abis. Sebaik-baiknya mertua, tetep aja aku maunya tuh balik ke rumah. Kangen juga sama kucing-kucingku, bawaannya sedih kalau inget udah lama ngga main sama mereka huhuhu. Kayanya karena berbagai hal yang bikin aku campur aduk dan cranky itu, ASI ku jadi agak berkurang, biasanya mompa cepet dan mayan banyak, jadi drastis berkurang. Itu bikin aku makin cranky, karena biasanya stok ASIP Isa bisa lebih 4-6 botol, ini cuma 1-2 botol aja!


     Padahal Isa itu kurang jago netek, jadi kalau direct breastfeed doang, dia sering ngga kenyang dan tetap harus dibantu dot ASIP setelahnya biar kenyang. Makin pusing lah aku, jadi ngga bisa ninggalin rumah sama sekali kan tu, stok asi tipis abis. Belum lagi kalau lagi mompa denger komentar "kok sekarang dikit ya asinya, padahal dulu banyak". I mean bawaannya makin migren aku tuh. Yah kaya aku tau kenapa jadi sikit, kaya aku kepengen gitu ASI dikit. Kan ngga.

     Jadi pas ditawarin event ada embel-embel breastfeeding dan Ichi pun bolehin ikut (karena ichi harus anterin, aku masih suka capek gitu, mungkin karena HB masih suka rendah), aku semangatin dikit tuh nyetok ASIP buat event. Mayan hari itu ada sekitar 3 botol, jadi Isa bisa ditinggal. And yesss! Eventnya useful banget!

---
     Event C Channel x Bio Oil kali ini diadakan di Buba & Bump 11 Agustus lalu. Seneng banget pas datang bisa ketemu teman-teman blogger lagi, so fun! Anyway, event dibuka oleh CEO C Channel, Yamato-san, dan diteruskan dengan pemberian plakat pada pembicara, yaitu Dr. Dimple Nagrani, Sp. A (pediatrician), Putricaya (Puchh, influencer), dan Sinthya Dewi (product trainer Bio Oil).


     Setelahnya, topik yang paling aku tunggu-tunggu yaitu tentang ASI dan breastfeeding oleh Dr. Dimple! Dokternya enak banget ngomongnya, easy to catch on dan informatif banget. Jadi awal-awal kita dijelasin dulu mana mitos, mana fakta tentang menyusui, yang pastinya kamu sering denger seliweran dimana-mana. Berikut rangkumanku yang mana mitos dan fakta:

1. Besar payudara menentukan jumlah asi - MITOS
     Jadi payudara mau kecil mau gede ngga menentukan jumlah ASI loh guys. Jadi kamu jangan minder duluan kalau punya payudara kecil, karena ngga ada hubungannya kok! Yang penting keep on positive!

2. Ibu sakit boleh menyusui - FAKTA
     Tapiii, tergantung sakitnya apa ya, yang pasti kalau sakitnya rentan menular lewat darah dan penyakit berbahaya, mending stop dulu ngasih ASI nya. Tapi kalau cuma flu, batuk, gitu-gitu, don't worry kita tetap bisa menyusui. Especially katanya ada antibodi yang terbentuk dalam ASI saat kita sakit, jadi kalaupun anak ngga sengaja tertular dia bisa sembuh juga dengan cepat.

3.  Menyusui dapat membantu menurunkan berat badan - FAKTA
     So jangan takut makan agak banyak saat menyusui, hihihi, tapi tetap dijaga nutrisinya yah guys. Biar bayi tetap ternutrisi dan kita pun bisa sedikit langsing huahaha. Eh tapi bener loh, aku malah turun sekitar 2kg semenjak lahiran.

4. Ibu tidak dapat menyusui kalau punya puting terbenam - MITOS
     Kalau putingnya benar-benar terbenam kamu masih bisa pakai alat bantu seperti nipple shield, jadi don't worry ya. Plus kalau emang susah juga, bayi-nya ngga suka ngisap nipple shieldnya (macem Isa), kamu bisa pompa aja dan berikan ASIP pakai botol dot.

5.  Inisiasi menyusui dini tidak dapat dilakukan apabila melahirkan secara SC - MITOS
      Nope. Tetep bisa kok guys. Cuma untuk beberapa kasus, contohnya aku kemarin yang pakai pendarahan heboh (BACA DI SINI), emang pemberian ASI nya jadi tertunda banget, tapi gapapa juga, yang penting kan semua selamat. Jadi ngga usah begitu dipikiran lah yang kaya gitu-gitu, beban-bebanin pikiran ajah.

6. Susu formula membahayakan kesehatan bayi - MITOS
     Ngga loh guys! Susu formula itu emang udah diformulasikan supaya menyerupai nutrisi ASI, walaupun emang banyak kandungan ASI yang ngga ada di susu formula. Cuma ngga berbahaya dan pastinya ngebantu serta baik untuk diberikan ke bayi jika emang ASI ngga keluar atau keluarnya cuma sedikit banget. Jadi buat kamu yang terpaksa kasih susu formula ke bayi mu, jangan sedih, yang penting bayi sehat dan kenyang! Ngga salah kok kasih susu formula, we know you love your baby as much, jangan dengerin yang nyinyir. It's super ok! :)

7. Menyusui dapat mengurangi resiko kanker pada ibu - FAKTA
     Menurut penelitian bener loh, jadi makin semangat kan ngasih ASI, karena emang benefitnya besar juga untuk ibu. Walaupun begitu buat yang ngga bisa langsung memberikan ASI jangan berkecil hati ya!

8. Pada hari pertama bayi lahir tidak perlu minum susu - MITOS
     Well, hakikatnya bayi emang bisa bertahan beberapa hari tanpa langsung minum susu, tapiii bukan berarti "tidak perlu" loh guys. Kalau emang ngga ada situasi apa-apa dan bisa kasih ASI ya langsung susuin bayimu lah.

9. Pada kasus di mana berat badan bayi ngga naik menandakan ASI ibu encer - MITOS
     Ngga ada tuh yang namanya asi encer, jadi jangan mau dinyinyirin ibuk-ibuk random yang bilang kalau ASI-mu encer makanya bayi BB nya ngga naik. Mungkin ada problem lain, jadi langsung aja cek ke dokter anak dan main-main juga ke konsultan laktasi.

10. ASI yang sudah dicairkan tidak boleh dibekukan kembali - FAKTA
     Jadi kalau kamu sudah nyairin ASI beku kamu, jangan di bekuin lagi ya! Kalau sudah dihangatkan dan tersisa, katanya juga baiknya dibuang aja :)

     Nah, itu dia 10 mitos atau fakta tentang ASI. Sekarang aku mau share juga kenapa ASI itu penting! Tapi bukan berarti kamu harus stress kalau emang kondisi tidak memungkinkan untuk memberi ASI ya! Berikut manfaat dari kandungan ASI baik untuk anak maupun ibu yang aku screenshoot dari materi Dr. Dimple kemarin:


     Jadi kandungan ASI itu emang udah super komplit banget dan baik untuk pertumbuhan bayi. Tapi susu formula pun diusahakan untuk sedemikian rupa menyerupai kandungan ASI, supaya anak yang tidak bisa mendapatkan ASI tetap mendapat nutrisi yang dibutuhkan. Memang, beberapa kandungan alami dari ASI ngga bisa ditiru oleh susu formula (seperti yang kamu bisa lihat di gambar atas), jadi kalau, memang usahakan untuk memberikan ASI terlebih dahulu pada anak. Namun kalau ngga bisa ya jangan di bawa stress, karena susu formula juga ngga apa-apa yang penting bayi tetap sehat! Yang pasti terus beri kasih sayang pada bayi :)



     See, banyak ya keuntungan memberikan ASI, baik untuk anak maupun ibu! Nah, supaya ASI lancar, nih ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan:


1. Smile and positive mind set
     Dengan tersenyum dan memiliki mind set yang positif bakalan nge-boost produksi ASI. Makanya banyak ibu yang stress atau bawaan lagi negative thinking malah bikin ASI menurun bahkan ngga keluar! Plus percaya deh, berapapun jumlah ASI yang kita punya, jangan iri sama kulkas tetangga yang ASInya berbotol-botol sampai kulkas penuh. Satai ajah dengan apa yang kita bisa hasilkan. Kita harus percaya kalau kita bisa!
     Terus nih, pastinya jangan dengerin deh nyinyiran ibu-ibu lain yang merasa lebih superior atau siapapun itu, bahkan suami! Kalau suami nyinyir, jewer aja. So, kita harus happy guys!! Semangatttsss!

2. Skin to skin contact
     Kontak langsung dengan bayi sangat penting loh untuk memperbanyak produksi ASI. Kaya aku nih, walaupun Isa ngga jago direct breastfeed, aku tetep lakuin setiap hari walaupun durasinya ngga lama-lama dan setelahnya dia di kasih dot lagi biar fix kenyang. Nah itu emang nge boost ASI karena percaya ngga percaya, pas pegang si bayi atau denger nangisnya itu payudara langsung cekit-cekit deh. Jadi jangan lupa untuk sering-sering skin to skin contact dengan si bayi!

3. Rutin menyusui
     Ini nih, baiknya emang menyusui itu rutin, jadi payudara terus kosong dan kasih sinyal ke tubuh buat produksi ASI lagi. Kalau aku karena Isa emang ngga pernah ngosongin payudara, jadi diakalin sama pumping ajah, ya tapi emang kudu rutin sih. Sementara aku kadang masih suka bandel kelamaan dipendem ASI nya haha, soalnya kadang terlalu capek buat pumping.

4. Diet Sehat
     Ngga bisa dipungkiri, makanan sehat pastinya bisa boost ASI. Jadi jangan sungkan buat masukin menu-menu makanan sehat dikeseharianmu ya. Tapi gapapa juga sih menurutku buat makan yang agak cheat sedikit, kalau bikin bahagia mah hahahhaa.

5. Memompa ASI
     Nah ASI yang ngga terkuras abis bisa kamu pompa. Karena kaya yang aku bilang tadi, payudara kosong bikin sinyal buat tubuh produksi ASI lagi, dan semakin sering di sinyal kosong, maka ASI pun semakin banyak! Jadi ngga usah takut-takut buat pompa ASI, lumayan juga kan buat cadangan kalau ada apa-apa :)

6. Me Time
     Ini juga penting bangeeett! Cuma ya pasti susah. Me time aku so far adalah tidur tanpa terganggu. Soalnya mau nyempetin waktu buat spa atau apalah pasti ngga sempet, ada aja sesuatu last minute. Beberapa ibu bahkan bisa menganggap waktu pumping sebagai me time. Kalau aku sih ngga, pumping itu hal yang membuatku cukup menderita soalnya. Walaupun aku yakin payudara aku lagi full sama ASI, flow nya itu lambat banget, jadi kalau pumping aku bisa satu jam sendiri biar kekuras keluar (bahkan itu kadang ngga fully kekuras). Muak.

     Pada intinya sih bikin diri kita senyaman dan sebahagia mungkin. Kalau kita merasa nyaman sekali-kali berpisah sama bayi (misal bayi diurus suami atau orang tua dulu selama beberapa jam), ya do it. Bukan berarti ngga sayang kok, tapi ya biar kita waras dan ASI tetap lancar, ngga papa kok membahagiakan diri.

     Soalnya siapa sih yang ngga stress denger bayi nangis hampir seharian, apalagi pas lagi nangis kejer. Pasti sebagai ibu kadang suka ngerasa gagal lah, apalah, jadi gapapa kok kalau emang perlu waktu pisah dulu sama si bayi. Akupun gitu ke Isa. Kalau aku udah emotionally drained, aku milih Isa buat dijaga Ichi, mama papa atau mertua dulu sementara waktu, karena bayi kayanya tau juga kalau kita cranky, dia makin cranky. Nah abis tu aku bawa tidur sih biasanya. Bangun-bangun kan mood udah lebih cerah, balik lagi deh ke Isa. All happy!

    Back to the event, setelah itu kami juga diajarkan cara pijat payudara oleh Dr. Dimple. Nih ya aku screen shoot dari materi yang ada kemarin itu, kali kalian juga ada yang mau coba hehe:


     Gambar di atas buat yang pijat sendiri yah. Bisa dicoba sebelum nyusui atau pumping. Dokternya bilang juga bisa pijat saat kamu mandi dengan air hangat biar ASI nya makin mudah keluar. Aku mau nyobain sambil shower air hangat, cuma mesin air hangat di rumah ku lagi rusak, dan kata bokap apanya gitu jadi susah kalau mau diganti (yha rumah tua mo gimana). Jadi ini masih wacana.


     Nah ini massage oksitosin yang bisa kita minta bantu sama pasangan kita atau siapapun. Caranya pijat dari dalam keluar dibagian samping tulang punggung (jangan ditengah-tengah ya), bisa kamu lihat di gambar atas. Oksitosin ini sangat berperan biar ASI banyak dan lancar jaya!


     Setelah keseruan ngelihatin cara pijat payudara, Dr. Dimple kembali mengingatkan bahwa kita ngga boleh musuhi susu formula. Jadi kalau memang udah kepepet, it's okay kok buat menggunakan susu formula. Jangan dengerin deh apa kata orang, kita pasti tau apa yang terbaik buat anak kita sendiri. Sumpel aja tuh yang nyinyir-nyinyir pake kaus kaki bauk. Dih.

     Terus eventnya dilanjutkan sama perkenalan lebih lanjut tentang Bio Oil dan sharing tentang jadi ibu dan menyusui oleh Puchh. Sama seperti ibu-ibu lainnya, Puchh mengakui kalau dia juga sering kena nyinyirin ibu-ibu yang merasa lebih superior, padahal kadang itu ibu-ibu random aja gitu ngga dikenal. Jadi emang jadi ibu tu kita harus sabar-sabar, apalagi ngadepin mak-mak nyinyir haha.

     Anyway, kalau tadi penting buat bayi, sekarang masuk ke sesi yang penting buat ibu! Yaitu pentingnya penggunaan Bio Oil dikeseharian, especially dari masa kehamilan sampai udah lahir. Karena emang ibu hamil atau menyusui itu pasti ngga jauh deh dari masalah kulit. Dan luckily, Bio Oil itu manfaatnya banyak abissss dan bisa digunakan dari ujung kepala sampai ujung kaki!


     Bio Oil itu terbuat dari PurCellin oil yang ternyata sangat baik untuk kulitmu. Bio Oil sendiri sudah teruju secara klinis untuk merawat permasalahan kulit seperti: scars, stretch mark, dehydrated skin, ageing skin, dan uneven skin tone. Karena manfaatnya banyak kamu bisa langsung baca lebih lanjut DI SINI ya, aku udah pernah tulis tips & trick penggunaan Bio Oil dari kepala hingga kaki :)

     Aku juga pengguna Bio Oil dari sekitar tahun 2014 dan setiap lagi rajin menggunakan Bio Oil berasa sih manfaatnya. Sayangnya pas hamil kemarin aku tu males banget ngapa-ngapain (bahkan jarang cuci muka maupun mandi), yah karena muntah-muntah sampai lahiran :(

     Jadi karena aku males itu, aku pun ngga pakai Bio Oil dengan rajin, agak nyesel sih, cuma sekarang aku lagi coba rajinin pakai Bio Oil di perut biar kulitnya mendingan. Semoga aja kulit balik lagi. Sedih liat perut sekarang banyak guratan gelapnya gitu yang muncul pas hamil huhuhu. Semangat! Harus lebih rajin lagi pakai Bio Oil dan pastinya semangat menyusui.

----
     Anyway guys, sekian sih untuk event report kali ini. Event-nya fun banget dan sangat-sangat informatif. Semoga kedepannya makin sering event bagus seperti ini hehe. Looking forward to write and update more! Doain semoga Isa ngga sering-sering cranky ya guys hahhaa.

Love,
Auzola

4 comments:

  1. wah aku baru tau produk ini mba, makasi infonya, lumayan untuk prepare mengASIhi anak kedua nanti aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, bagus loh ini mba buat kitanya hihihi, yuk dicoba ;D

      Delete
  2. wah massage oksitosin bagus banget emang memperlancar ASI. btw aku juga pake bio oil.. bagus deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. betulll, tapi suaminya yang harus pinter2 belajar massage nya hihihi xD

      iyaa, kalo rajin2 pake bio oilnya bagusss, aku suka nyesel karena malesan huhu

      Delete