Saturday, December 15, 2018

(Bahasa Indonesia) Experience: Mustela Baby untuk Kulit Normal

Halo guys!

     Ngga berasa banget ya ini udah desember aja, bentar lagi kita udah loncat ke tahun 2019! Whoa, perasaan baru aja kemarin tahun 2018. Gimana nih tahun 2018 so far? Tahun yang oke, kece banget, atau malah pengen cepet-cepet ganti tahun? Aku cukup senang di tahun 2018 ini, Alhamdulillah. Banyak yang terjadi yang bahkan beberapa ngga terduga: 1 year marriage, Isa lahir dengan selamat, keluar dari pekerjaan (memutuskan jadi mama rumah tangga for the time being), mulai makeup-an yang colorful lagi dan sebagainya. Cuma satu nih, belum langsing! Hahaha.

     Anyway, kali ini aku ngga bahas skincare buat aku dulu, melainkan bahas skincare buat Isa! Loh bayi juga pakai skincare? Yaiyalah, kan perlu mandi, sampoan, body lotion-an, so yes bayi juga perlu skincare/bodycare hahaha. Ini lebih ke first impression sih jatohnya, karena aku baru pakai rangkaian dari Mustela Baby / Mustela Bebe untuk kulit normal ini ke Isa sekitar 2 mingguan aja. Walaupun shampoo nya udah 2 bulan aku pakai sih, cuma aku mau share pengalaman untuk penggunaan keseluruhan produk yang aku coba, jadi singkat aja perproduknya yah! Yuk di cek!


     So, dari awal Isa kulitnya bermasalah pas usia 2-3 bulanan itu aku udah bolak balik ganti shampoo dan sabun dia. Jadi di awal itu Isa kulit bagian jidat dan pipinya suka kaya jerawatan gitu, merah-merah, terus kepalanya ada cradle cap (kerak di kepala), dan kadang pipinya kulitnya suka kering (ini pas jerawatannya mulai hilang).

     Aku emang udah research mengenai skincare yang pas dan pas itu udah kepengen banget nyobain Mustela. Tapi karena jerawat di wajah Isa membaik, sementara cradle cap-nya belum, jadi aku mutusin buat cobain dulu shampoo new born dari Mustela, yang aku baca-baca emang ditujukan buat newborn yang ada cradle cap. Tadi mau beli cream khusus gitu yang buat cradle cap juga, cuma belum masuk Indo sepertinya. 

     Eh, ternyata cradle cap pun berangsur membaik (dibantu penggunaan minyak juga sambil di scrub lembut dengan sisir beberapa hari sekali, karena aku males kan ya kalo tiap hari haha). Isa sih mandi dan shampoan mostly hampir setiap hari, walaupun pas cradle cap aku selang-selangin keramasnya, katanya itu juga bisa ngebantu ngurangin cradle cap. 

     Karena cocok, aku senang banget pas kemarin diundang oleh Mom Blogger Community untuk join talkshow-nya Mustela di Imbex JCC. Tadinya sih males ke pameran gitu, karena pasti rame banget, dan aku anaknya suka pusing kalau rame-rame gitu. Tapi karena penasaran sama talkshownya, akhirnya aku menyempatkan diri untuk datang.

     Jadi, saat talkshow yang bertema "Kenali Apa Jenis Kulit Bayimu" dengan Dr. Raisa (Dokter dan Brand Ambassador Mustela) dan mas Mochamad Nurhadi (Brand Manager Mustela), dijelaskan mengenai fakta, jenis-jenis kulit bayi dan juga pastinya tentang produk Mustela.



 Photos courtesy of Amallia Sarah

      Faktanya, kulit bayi yang berusia 0-2 tahun itu masih belum terbentuk dengan sempurna. Kulit bayi pun cenderung lebih kering dan walaupun begitu bayi lahir dengan jenis kulit yang berbeda. Mungkin ini makanya awalnya Isa kulitnya kaya kering, tapi sekarang biasa aja. Nah perawatan masing-masing jenis kulit itu tentunya berbeda.

     Utamanya, ada tiga jenis kulit bayi, yaitu normal, kering dan atopik, dengan ciri-ciri:

1. Normal: Kulit lembut, lembab, dan bersih.
2. Kering: Kulit kasar, bersisik, dan kadang terkelupas. 
3. Atopik: Kulit gatal, sangat kering, dan kadang terdapat bercak merah.


     Isa sendiri sebenarnya kulitnya masuk ke kategori normal, walaupun kadang ada bagian kering yang muncul. Tapi nih, yang pasti untuk bayi yang memiliki kulit kering atau normal perawatannya pun harus lebih dibanding bayi dengan kulit normal. Oleh karena itu, penting untuk kita tahu jenis kulit bayi kita. Biar ngga salah pilih skincare pastinya, karena skincare yang tepat dibutuhkan oleh bayi kita agar merasa nyaman. Mustela sendiri memiliki rangkaian produk perawatan yang berbeda untuk masing-masing jenis kulit bayi tersebut.

     Ada rangkaian Normal Skin untuk kulit normal (kemasannya yang paduannya warna biru muda). Terus rangkaian Dry Skin untuk kulit kering (kemasannya yang paduannya warna kuning). Lalu ada juga yang rangkaian Eczema-Prone Skin / Stelatopia untuk kulit atopik (kemasannya yang paduannya warna tosca). Nah kalau di Indonesia kayanya baru keluar 3 rangakaian ini, sementara di US ada satu rangkaian lagi yaitu Very Sensitive Skin untuk kulit yang sangat sensitif (kemasannya yang paduannya warna merah).





     Apa sih yang bikin Mustela beda? Mustela memiliki Avocado Persesose yang merupakan bahan alami aktif yang terdapat pada semua variant mustela. Jadi Avocado Persesose itu memiliki sifat biomimetric, yaitu struktur yang serupa dengan kulit bayi (tolerance). Manfaat dari bahan aktif ini adalah:
1. Melindungi kulit bayi.
2. Menjaga kelembaban kulit bayi.
3. Menjaga kekayaan sel kulit bayi - "Protect baby skin today for tomorrow".

      So, akhirnya aku mencobakan rangkaian Mustela Baby untuk kulit normal ke Isa selama hampir 2 minggu belakangan. Aku juga memakaikan Isa Mustela Barrier Cream setiap menganti popok dan mencoba menggunakan Massage Oil dari Mustela juga. Ini aku jabarin sedikit ya first impression aku mencoba Mustela Baby pada Isa:


MUSTELA GENTLE CLEANSING GEL

Label: green label
Isi: 200ml
Harga: sekitar IDR 180k
Harga berdasarkan toko online di Indonesia seperti Baby Wise / Fany Baby. Toko seperti Mothercare etc biasanya lebih mahal.

     Diformulasikan khusus untuk digunakan sejak hari pertama kelahiran bayi, *Mustela Bebe Gentle Cleansing gel sangat cocok untuk menjaga kebersihan bayi sehari-hari
  • Membersihkan kulit dan rambut bayi dengan lembut.
  • Formula bebas busa menjaga kehalusan kulit dan kulit kepala.
  • Kandungan emolien menjadikan kulit lembut dan lembab.
  • Tidak pedih di mata.
* Termasuk bayi baru keluar dari perawatan neonatal.




     Jadi ini ngga terlalu berbusa sabunnya, tapi hasilnya lembut dan halus. Aku suka pakai ini untuk Isa karena kulitnya jadi kenyal dan lembab seharian, walaupun aku skip besoknya ngga mandi hehe. Tapi aku baru nyobain ke badan aja sih, belum ke rambut juga karena aku lagi pakai shampoo yang cradle cap.


MUSTELA FOAM SHAMPOO FOR NEWBORNS

Label: yellow label
Isi: 150ml
Harga: sekitar IDR 125k
Harga berdasarkan toko online di Indonesia seperti Baby Wise / Fany Baby. Toko seperti Mothercare etc biasanya lebih mahal.

     Diformulasikan khusus untuk digunakan sejak hari pertama kelahiran bayi. Mustela foam shampoo ideal untuk mengatasi dan mencegah munculnya cradle cap pada bayi baru lahir:
  • Membuat rambut bayi bersih sempurna dengan ultra-gentle cleansing action.
  • Tidak mengganggu keseimbangan kulit kepala bayi.
  • Menghilangkan cradle cap dengan keratin regulating action.
  • Membantu mencegah kembali munculnya cradle cap.
  • Ultra-gentle formula tidak pedih di mata.







       Jadi udah sekitar 2 bulan belakangan ini aku pakai Mustela Foam Shampoo for Newborn ini buat Isa. So far cradle capnya memang hilang, walaupun itu aku juga pakain dia oil dan scrub pakai sisir sesekali. Tapi luckily sampai sekarang udah ngga muncul lagi cradle capnya. Aku masih rajin pakain shampoo ini hampir setiap mandi. 

     Rambut Isa jadi lebih halus, kulit kepalanya juga bersih. Udah 3 mingguan lebih bebas dari cradle cap. Sekarang rambutnya lagi rontok sih karena belum dicukur, tapi numbuhnya cukup bagus dan banyak rambutnya. Semoga ngga ada masalah kulit rambut kering lagi.  

 

MUSTELA BODY LOTION

Label: yellow label
Isi: 300ml (ini aku versi mini dari Newborn Starter Kit - 50ml)
Harga: sekitar IDR 185k
Harga berdasarkan toko online di Indonesia seperti Baby Wise / Fany Baby. Toko seperti Mothercare etc biasanya lebih mahal.

     Secara khusus diformulasikan untuk digunakan sejak bayi baru lahir,* Mustela Hydra Bébé® body lotion dirancang untuk perawatan sehari-hari pada bayi:
  • Vegetal oil and vitamins E and F melembabkan kulit secara instan untuk jangka waktu yang lama.
  • Shea butter membuat kulit menjadi kenyal, lembut, dan halus dengan sempurna.
*Termasuk bayi yang baru keluar dari perawatan Neonatal


     Aku ngga sering menggunakan lotion ini ke Isa, paling setiap abis mandi aja. Tapi teksturnya emang enak saat diaplikasikan, ngga lengket dan cepat nyerapnya. Yang penting, tetap memberikan kelembaban yang oke untuk kulit Isa. 

     Kemarin kulit Isa sempat ada spot kering sedikit dibagian dekat lutut, itu aku pakain ini dengan frekuensi yang lebih sering 2-3x sehari, dan udah lumayan lembab bagian keringnya. I think soon bakal hilang keringnya. So, it's nice lotionnya.


MUSTELA FACIAL CREAM

Label: yellow label
Isi: 40ml (ini aku versi mini dari Newborn Starter Kit - 5ml)
Harga: sekitar IDR 120k
Harga berdasarkan toko online di Indonesia seperti Baby Wise / Fany Baby. Toko seperti Mothercare etc biasanya lebih mahal.

     Secara khusus diformulasikan untuk digunakan sejak bayi baru lahir,* Mustela Hydra Bébé® facial cream dirancang untuk perawatan sehari-hari pada wajah bayi:
  • Vegetal oil and vitamins E and F melembabkan kulit secara instan untuk jangka waktu yang lama.
  • Shea butter membuat kulit menjadi kenyal, lembut, dan halus.


     Ini aku juga pakainya ngga sering, hanya setiap habis mandi. Biasanya aku cuma pakaikan di Isa pada bagian pipinya aja yang cenderung suka kering. Sampai sekarang belum ada muncul lagi bagian kering di pipi Isa. Pipinya soft dan kenyal. Oya, ini emang khusus buat wajah, jadi teksturnya pun lebih light dan gampang menyerap.


MUSTELA BARRIER CREAM (Diaper Rash Cream 1 2 3)

Label: green label
Isi: 50ml
Harga: sekitar IDR 80k
Harga berdasarkan toko online di Indonesia seperti Baby Wise / Fany Baby. Toko seperti Mothercare etc biasanya lebih mahal.

     123 Vitamin barrier cream dari Mustela terlah diformulasikan secara khusus untuk menghadang faktor-faktor penyebab iritasi dan kemerahan, karena adanya kombinasi unik dari bahan natural aktif patent Mustela, yang membuat 3 efektifitas produknya:

100% dari pediatricians dan dermatologist dari survey mengkonfirmasi bahwa produknya memiliki preventive properties (pencegahan).


Mengurangi iritasi dan kemerahan pada lebih dari 80% kasus sejak hari pertama digunakan.


80% mengurangi potensi kembalinya iritasi/kemerahan.




     Awalnya aku biasa aja sama produk ini sebelum nyobain karena aku udah ada favorite rash cream lainnya (karena dari aku kecil pun pakai brand itu). Eh tapi ternyata diaper rash cream Mustela itu cakep juga. Kebetulan pas pertama nyobain Isa lagi kemerahan dan iritasi gitu pantatnya karena kelamaan ngga ganti popok (dia lagi susah tidur, pas tidur agak nyenyak ngga tega baguninnya).

     Dari hari pertama udah lumayan kelihatan kemerahannya memudar, dan besoknya sudah ngga iritasi lagi. Jadi aku setiap gantiin Isa popok pasti selalu menggunakan Barrier Cream 1 2 3 ini di pantat Isa. So far belum muncul kemerahan parah lagi walaupun kadang ada suka telat ganti popok. Selain di pantat, aku gunain juga di bagian leher, ketiak dan belakang telinga Isa yang suka kemerahan/iritasi.


MUSTELA MASSAGE OIL

Label: yellow label
Isi: 110ml
Harga: sekitar IDR 160k
Harga berdasarkan toko online di Indonesia seperti Baby Wise / Fany Baby. Toko seperti Mothercare etc biasanya lebih mahal.

     Mustela Bébé Massage Oil diformulasikan khusus untuk digunakan sejak bayi baru lahir.*
  • Sangat sensorik sehingga membuat pijatan menjadi lebih mudah dan mudah meresap di kulit, tidak lengket dan licin dengan teksturnya yang unik.
  • Melembabkan kulit, memberikan nutrisi dan membuat kulit lembut dan kenyal berkat serangkaian eksklusif minyak tanaman dermo-protective yang kaya akan minyak esensial.
*Termasuk bayi baru keluar dari perawatan NICU (Neonatal Intensive Care Unit)




     Aku baru pakai ini sekitar 2x aja. So far enak pas menggunakan ini untuk pijat Isa. Walaupun teksturnya minyak, dia ngga berasa lengket dan cepat nyerapnya setelah penggunaan. Jadi pengen nyobain pijat Ichi pakai massage oil ini juga, karena ngga minyakan rasanya hehe.


MUSTELA GENTLE SOAP

Label: green label
Isi:150gr
Harga: sekitar IDR 90k
Harga berdasarkan toko online di Indonesia seperti Baby Wise / Fany Baby. Toko seperti Mothercare etc biasanya lebih mahal.
    
     Secara khusus diformulasikan untuk bayi yang baru lahir* Mustela Bebe Soap with Cold Cream - nutri-protective sangat cocok digunakan sehari-hari untuk kulit normal dan kering:
  • Membersihkan wajah dan badan dengan lembut berkat pembersih ultra lembut yang terkandung di dalamnya.
  • Menjadikan kulit lembab dan lembut berkat nutri-protective complex pada krim dan ceramides (kunci lipada pada komposisis kulit)
  • Mengimbangi efek kulit kering karena air yang keras.


     Aku belum nyobain yang sabun ini karena bentuknya batangan. Aku males banget pakai sabun batangan karena susah simpannya setelah penggunaan dan ngga efisien aja gitu hahha. Tapi yang aku baca katanya ini bagus buat kulit newborn yang lebih membutuhkan kelembaban.

---
     So, aku rasa Isa cukup cocok dengan Mustela. So far cradle cap memang sudah terlebih dahulu hilang. Terus sekarang kulit Isa belum ada lagi bagian-bagian kering (yang biasa muncul di pipi atau lutut). Wanginya juga enak, khas banget dan semua produk di variant yang aku coba wanginya sama, jadi ngga khawatir wanginya tabrak-tabrak haha. 


     Aku cukup penasaran mau nyobain gentle soap-nya juga sih, cuma mungkin nanti deh (aku emang rada males pakai sabun batangan gitu, gak efisien). In the end kayanya Isa sementara ini bakalan continue pakai si Mustela ini untuk beberapa saat, karena kulitnya makin halus gemesin.

     Oya, seperti yang sempat aku mention, sekarang Mustela juga ada mini essential kitnya gitu yaitu Newborn Starter Kit! Jadi kalau kalian masih ragu beli full size, kalian bisa beli dulu starter kitnya, isinya 4pcs dan emang produk utama-nya. Ini dia penampakannya:




     Sedih juga ini belum ada pas Isa lahir, padahal aku hari itu mau coba mini-mini juga sebelum beli full size hahaha. Untung cocok!

     Anyway, lebih lanjut bisa cek website atau sosial medianya si Mustela aja yaa!


---
     Kalian ada yang penah pakai Mustela juga untuk anaknya? Pastinya kamu sekalian udah tahu kan apa jenis kulit anakmu? Yuk share pengalaman kamu! Anyway, sekian dulu review experience kali ini. See you guys on my next post!

Love,
Auzola

No comments:

Post a Comment