Thursday, March 21, 2019

(Bahasa Indonesia) Experience: ZAP Photo Facial Acne

Heyyaa!

     Aku ada review terbaru yang berkaitan sama wajah berjerawat ku nih! Ada yang pernah dengar tentang Photo Facial Acne? Jadi ini itu facial kekinian dengan metode IPL untuk mengatasi kulit berjerawat! Penasaran? Apa iya ngaruh? Yuk di cek!



     Jadi kemarin aku berkesempatan nyobain Photo Facial Acne di ZAP dari Clozette Indonesia. Dulu awal-awal ZAP keluar treatment photo facial aku juga pernah nyobain, tapi ngga sempat aku review. Nah sekarang treatmentnya udah lebih advance lagi nih sepertinya dibanding yang pertama dan emang ini lebih spesifik ditujukan untuk kulit yang berjerawat (yang aku cobain ini). 

     Jadi apa sih Photo Facial Acne itu? Photo Facial Acne itu adalah rangkaian perawatan kulit wajah dari ZAP yang prosesnya menggunakan alat-alat canggih dengan menggabungkan 3 metode treatment: Face Toning, Face Rejuvenation dan Oxy Infusion. Perawatan ini mampu meremajakan kulit pada lapisan terluar (stratum korneum), lapisan epidermis dan kulit bagian dalam (dermis) sehingga diperoleh kulit wajah yang cantik dan sehat dari lapisan dalam hingga luar. Dan durasinya pun tergolong cepat, sekitar 30menit lah. 



     Kegunaan Photo Facial Acne ini antara lain adalah untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi produksi kelenjar minyak, mengurangi peradangan jerawat, mengurangi kemerahan pada kulit wajah.

     Ada 4 tahap dalam melakukan Photo Facial Acne ini, yaitu:
1. Konsultasi Dokter 
     Sebelum melakukan treatment kita akan dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter ZAP terlebih dahulu untuk lebih mengetahui permasalahan kulit. Serta crosscheck beberapa hal yang bisa mengganggu jalannya treatment (misal; lagi hamil atau ngga, punya riwayat alergi atau ngga, dan sebagainya). Kalau semua aman, baru deh bisa treatment. Jadi lebih aman, ngga main treatement aja tanpa tau apa-apa. Dan ini biasanya konsultasi dokter di awal aja kok.
2. Face Toning (Active Acne Laser)
     Wajah akan dibersihkan terlebih dahulu oleh mba nya sebelum mulai Face Toning dengan dokternya. Face Toning sendiri menggunakan teknologi laser yang menggunakan mesin laser terbaik dari Eropa, dengan menembakkan sinarnya ke seluruh area wajah dalam dua putaran. Tujuan dari Face Toning adalah untuk mengurangi hiperpigmentasi kulit di lapisan dalam (dermis), mengurangi produksi minyak berlebih penyebab timbulnya jerawat, dan meningkatkan produksi kolagen. 
3. Alma Rejuvenation (Acne Rejuvenation)
     Menggunakan Advance Fluorescence Technology (AFT) yang merupakan inovasi terbaru dari Intense Pulsed Light (IPL) dengan cara ditembakkan pada kulit yang telah dilapisi formulated gel (gel dingin) yang melindungi dari energi panas. Tujuan dari Alma Rejuvenation ini adalah mengurangi hiperpigmentasi kulit di lapisan atas (epidermis & dermis bagian atas), mengurangi jerawat dan peradangan kulit, melembabkan dan menjadikan kulit lebih kenyal serta cerah. 
4.  Oxy Infusion
     Seperti namanya, Oxy Infusion ini treatment yang menyemprotkan oksigen pada permukaan wajah. Dengan alatnya, oksigen akan dapat dengan optimal menyerap pada wajah secara langsung melalui pori-pori. Treatment ini bersifat "soft peel", yang dapat membersihkan wajah dari debu dan kotoran. Oxy Infusion ini berfungsi untuk membuat kulit wajah menjadi bersih, segar, cerah dan lembab dalam waktu singkat. 

     Tapi, buat kamu yang mungkin concernnya bukan dijerawat juga bisa kok melakukan treatment Photo Facial ini karena treatment di atas bisa dilakukan secara terpisah . Jadi kamu bisa kalau cuma mau face toning, atau cuma mau oxy infusion aja, atau cuma alma rejuvenation aja. Tinggal disesuaikan aja sama kebutuhan kulitmu.

---
     Aku melakukan treatment di ZAP MOI. Udah hampir 2 tahun aku ngga ke ZAP MOI dan banyak banget perubahannya. Pertama, rukonya pindah ke depan. Dan itu lebih gede serta dekornya lebih menarik dibanding sebelumnya. Saat datang aku langsung ke kasir untuk cek bookingan aku. Setelahnya tinggal nunggu sebentar aja. Di loby juga dihidangkan minuman gratis jika kita haus.



     Anyway, setelahnya aku melakukan hal-hal sesuai sama urutan treatment di atas. Jadi awalnya aku konsultasi dokter sekitar 10menitan. Setelah dokter bilang aku aman untuk treatment, dia ngecek kulit aku sedikit masalahnya apa aja. Kalau kemarin obvious banget permasalahan aku di kulit berjerawat dan pori-pori besar. Yes, 2-3minggu belakangan ini jerawat lagi parah banget karena aku habis menstruasi.




     Setelah konsultasi, aku naik ke ruang treatment di lantai 2. Ruang treatmentnya dibagi peruangan, dan setiap ruangan itu dibagi lagi dengan tirai-tirai. Oleh karena itu kemarin di ZAP MOI cowok ngga boleh naik ke atas. Jadi suamiku nunggu di bawah.




     So, pertama-tama wajahku dibersihin dulu oleh mba-nya. Dari awal aku juga udah ngga pakai makeup biar proses treatment lebih cepat. Jadi kalau mau treatment mending bareface aja. Walaupun bareface bakalan tetap dibersihin dulu kok sama staff nya.

     Setelah bersih dan aku dipasangkan penutup mata, setelahnya langsung lanjut ke prosedur face toning, alma rejuvenation (kedua treatment ini dilakukan sama dokternya) dan terakhir oxy infusion (dilakukan oleh staff). Setiap mau melakukan treatment pasti dokter/staff nya selalu umumin apa yang akan mereka lakukan. Jadi kita pun tetap update dan ngga kaget kalau misalnya ada respon cekit-cekit/hangat.

Proses pembersihan wajah. 

 Proses Face Toning.

 Proses Alma Rejuvenation.

Proses Oxy Infusion.


Rasanya saat treatment??

     Notabennya aman dan ngga sakit kok guys. Paling pas di face toning agak cekit-cekit aja dikit dibagian jerawat yang lagi meradang. Tapi masih dalam batas normal dan setelah kelar face toning udah ngga berasa lagi. Sama pas Alma Rejuvenation maybe bakalan berasa dingin karena gel dan terus agak anget-anget gitu pas kena IPL nya

     Ngga perlu khawatir juga karena dokternya senatiasa nanyain respon kita, apa terlalu panas, atau cekat cekitnya kita ngga tahan, atau keluhan lainnya. Jadi cukup nyaman kok selama proses treatment karena disesuaikan sama respon kita juga. Terus bagian yang paling asik sih pas oxy infusion soalnya segar dan adem gitu disemprot oksigen hahaha.

     Oya, yang aku sangat syukuri adalah sekarang kalau photo facial bagian tahi lalat ditutupi jadi ngga berasa cekit-cekit atau panas pada bagian itu. Kalau dulu tahi lalat belum ditutup, jadi pas treatment lumayan panas/cekit-cekit pas kelewat bagian tahi lalatnya hahaha. Yah walaupun ngga lebay-lebay amat rasanya, tapi lumayan aja. Enakan gini ditutup jadi rasa cekit-cekit berkurang hehe. 


Rasanya setelah treatment??

     Ngga ada rasa apa-apa sih. Ngga ada kemerahan lebay, iritasi maupun sejenisnya. Yang penting patuhin aja apa yang dibilang dokter sih (kaya ngga usah pakai skincare dulu selama 2 hari, jangan cuci muka pakai air hangat, jangan bejemur, pakai sunblok, etc).



Hasil 1x treatment??

     Well, perlu aku ingatkan lagi, ini aku cuma 1x treatment, jadi hasilnya pun mungkin belum seberapa. Kata dokternya emang baiknya dilakukan beberapa kali treatment (bisa up to 16x untuk hasil yang lebih signifikan, tergantung kulitnya) dan dianjurkan seminggu sekali untuk treatmentnya. 

     Tapi so far yang aku rasain 1-3 hari setelah treatment adalah:
  1. Jerawat banyak yang mengering/kempis.
  2. Jerawat yang tadinya meradang mulai jauh berkurang. 
  3. Jerawat yang tadinya udah berminggu-minggu bengkak dan meradang banget karena ngga bisa keluar mata, finally keluar mata juga.
  4. Kemerahan pada wajah juga sedikit berkurang.
  5. Wajah berasa lebih cerah dan segar saat selesai treatment.
  6. Walaupun bagian jerawat banyak yang mengering, tapi overall kulit tetap berasa lembab dan kenyal.  

     Antara jerawat yang meradang keluar matanya, seperti 3 jerawat yang atas, atau jerawat jadi lebih kempis, kemerahan berkurang, pudar, bahkan ada yang hilang (buletan merah kecil sebelah kiri). 


Pricelist Photo Facial Acne nya?
  • Face Toning Only: IDR 299k
  • Alma Rejuvenation Only: IDR 449k
  • Oxy Infusion Only: IDR 299k
  • ALL IN: IDR 1.097k (1x treatment - ini yang aku coba harganya)

     Kalau pakai ZAP Series (kaya paketan gitu), harga per 1x treatmentnya (yang ALL IN) bisa lebih murah dengan range IDR 750k - 900k / treatment. Tergantung ambil paket yang mana (ada yang paket 4x - 64x treatment). Bisa coba cek di sini. 

     Oya, ini belum termasuk konsultasi dokter yaa. Konsultasi di charge IDR 50k. Selain itu aku juga kena charge tambahan untuk produk acne gel totol gitu untuk digunakan setelah treatment sebesar IDR 150k (yang ini aku bayar sendiri tapinya). Kayanya gel acne ini fungsinya juga buat meredakan radang dan mengempiskan jerawat yang ada.

     Harga treatmentnya memang sedikit mahal, apalagi kalau yang cuma 1x. Lebih enak ambil paket jadi totalnya pun jauh lebih murah. Tapi untuk 1x treatment yang aku rasakan sepertinya akan worth it kalaupun ambil untuk treatment jangka panjang. Apalagi kalau masalah kamu terutama emang wajah yang berjerawat.

     So far untuk hasil 1x treatment ini aku kasih rating 4/5.
---

      Sekian review experience aku kali ini. Kalau ada kesempatan dan rejeki lebih pastinya pengen banget lanjutin treatment Photo Facial Acne ini. So far so good sih, pastinya kalau rajin treatment hasilnya pun akan lebih baik lagi. Buat lebih lanjut kalian bisa cek social medianya ZAP yaaa:


     See you guys for now!

Love,
Auzola


No comments:

Post a Comment