Thursday, January 23, 2020

(Bahasa Indonesia) Chit chat: Penerbangan Rute Jakarta - Medan, Membandingkan Soekarno Hatta dan Kualanamu

Heyya guys!

     Kali ini aku mau sekedar sharing chit chat, siapa tau bermanfaat buat kalian yang ingin pergi ke Medan dari Jakarta! Well, kalian mau penerbangan dengan tiket pesawat Jakarta Medan murah? Baca ajalah ya chit chat kali ini hehe :)

Pic source: linkedin.com

     Great news, Pegipegi bisa membantu kamu untuk mendapatkan tiket pesawat promo dengan cepat dan mudah. Karena itu, rencanakan perjalanan dan pesan sekarang juga tiket perjalananmu dari ibukota Jakarta ke kota Medan! Gampang dan tinggal klik-klik aja!


Travelling ke Kota Medan 

     Medan memang lebih populer sebagai kota perdagangan atau niaga. Sementara untuk berwisata sendiri, biasanya masyarakat Medan lebih memilih bertandang ke Danau Toba, Berastagi, ataupun ke Tangkahan. Orang Medan justru biasa melancong ke Provinsi Sumatera Barat atau Aceh, bahkan keluar negeri sekalian hehe. Sebagai anak aceh, pastinya aku sering banget dulu ke Medan, bahkan banyak banget keluargaku yang memang tinggal di Medan sana. Dan iya, emang kalau sekilas bingung ya mau ngapain sih kalau lagi travelling ke Medan.

     Sebenarnya kamu tuh ngga perlu bingung, karena Medan juga memiliki objek wisata yang sangat menyenangkan. Tidak hanya terdapat makanan lezat (kalau ngga salah dulu mama ku suka ngajakin kaya makan sumsum iga gitu deh dan itu yummy!), tetapi kota ini juga memiliki tempat ibadah terbuka untuk wisatawan. Intinya, selain menikmati wisata kuliner di Medan, kamu juga bisa mencoba wisata religi di kota Medan. Tapi fix sih, kalau ke Medan, plis jangan lupa makan duriannya, heaven on earth banget haha.

     Aku sendiri dulu kalau di kotanya lebih fokus kuliner dan main di mall aja sih, soalnya banyak yang gemes-gemes juga di mallnya. Sementara sisanya aku pergi ke pantai (lupa namanya) dan juga visit danau Toba. Seru sih, cuma perjalanannya capek kalau yang jauh gitu hehe.



Transportasi dari Jakarta ke Medan 

     Jika dari kota Jakarta, transportasi paling mudah memakai pesawat, pastinya lah ya. Cara paling mudah buat dapetin tiketnya, ya kamu bisa membeli tiket pesawat di salah satu biro perjalanan online terpercaya, seperti Pegipegi. Tidak hanya mudah memantau biaya tiket pesawat Jakarta Medan, kamu juga bisa mendapatkan promo tiket pesawat Pegipegi!

     Harga tiket pesawat dari Jakarta ke Medan, normalnya di kisaran Rp. 1 juta sampai Rp. 3 jutaan. Maskapai penerbangan yang melayani perjalanan ke Medan, diantaranya Garuda Indonesia, Sriwijaya, Citilink, Batik Air, dan Lion Air. Memang, agak mahal karena emang jauh dari Jakarta, maka dari itu harus rajin cari promo.

Temen di pesawat selama travelling dulu: Bubu dan Jack. They've been places! Dalam dan luar negeri hehe.


Ke Kota Medan Dari Bandara Kuala Namu 

     Cara paling mudah dari Bandara Internasional Kuala Namu ke kota Medan ialah menggunakan kereta bandara. Dikarenakan kereta bandara yang ada di kota Medan sangat strategis, karena melayani transportasi langsung ke pusat kota. 

     Untuk harga tiket kereta dari Kualanamu menuju kota Medan sendiri sekali jalan sekitar Rp. 50.000. Kemudian dari stasiun, perjalanan dilanjutkan kembali memakai transportasi online. Tapi kalau kamu ngga mau ribet ya bisa langsung aja sih cari taxi atau kendaraan resmi dari bandara lainnya. Kalau aku sih bisa minta jemput sodara hehe.


Keunggulan Bandara Kuala Namu Medan 

     Dari jantung kota Medan, jarak bandara Kuala Namu hanya sekitar 40 km saja. Bandara ini merupakan bandara kedua terbesar sesudah Soekarno Hatta diorientasikan sebagai hub penerbangan internasional di Kawasan regional Asia. Sampai saat ini, setidaknya sudah sebanyak 15 maskapai penerbangan yang melayani ke Kuala Namu dan dari Kuala Namu. Diantaranya seperti Wings Air, Susi Air, Sriwijaya Air, Lion Air, dan Garuda Indonesia. Lalu ada lagi Citilink, Tiger Mandala, Indonesia AirAsia, dan Sky Aviation. 

Pic source: thejakartapost.com

Ada beberapa keunggulan bandara Kuala Namu Medan, diantaranya : 

● Daya Tampung 

Daya tampung untuk bandara Kuala Namu bahkan mencapai 10 kali lipat. Bandara ini bisa melayani pergerakan hingga 8,1 juta penumpang tiap tahunnya. Dalam pengembangan berikutnya, Kuala Namu dirancang hingga kapasitas maksimal melayani 22,1 juta penumpang setiap tahunnya. Panjang runway di bandara ini sekitar 3.750 meter, karenanya bisa menampung pesawat yang berbadan besar, seperti Airbus A-380 dan Boeing seri 747. 

● Bandara Kereta 

Di saat KAI Bandara Internasional Soekarno-Hatta baru sebatas harapan saja, namun Bandara Kuala Namu justru sudah berwujud. Hal ini membuat KA Bandara Kuala Namu sebagai bandara sekaligus fasilitas khusus rel pertama untuk bandara di negara Indonesia. Adapun transportasi yang telah dikelola PT.Railink tersebut akan menjemput dan mengantar penumpang dari arah Stasiun Besar ke Bandara Kuala Namu, atau sebaliknya. 

Kereta Api pertama setiap harinya akan melakukan pemberangkatan ke Kuala Namu dari Stasiun Medan pada jam 03.55 WIB. Sementara kereta api yang terakhir berangkat ke Medan dari Kuala Namu pada jam 24.15 WIB. Untuk sekali jalan kereta api Bandara Kuala Namu ialah Rp. 80.000 per orangnya, dan rata-rata waktu tempuhnya sekitar 45 menit. 

● Hotel Transit 

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti menjelaskan bahwa akan dibangun hotel transit di lantai 2 kawasan Bandara Kuala Namu. Tempat penginapan ini dapat dimanfaatkan para penumpang yang tidak ingin pergi ke kota Medan karena jaraknya terlalu jauh. Setiap kamar hotel, rencananya akan dibebankan tarif setiap jamnya, sehingga tarifnya lebih mahal dibandingkan kebanyakan hotel di bandara lainnya. Tapi yah semoga aja harganya tetap reasonable yah. Soalnya enak juga kan ya kalau bisa per-jam gini.

---
     Nah, itu dia keunggulan bandara Kuala Namu Medan sebagai tempat pemberhentian pesawat yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta. Aku aja pergi ke sana udah sekian tahun lalu dan itu emang bagus, apalagi sekarang kan ya. Jika kamu ingin perjalanan lebih nyaman, langsung saja pesan tiket pesawat Jakarta Medan di Pegipegi sekarang juga! Sekian dulu chit chat kali ini, see you guys later!

Love,
Auzola

1 comment:

  1. Baca blog kaa ola yang ini jadi pengenn jalan” bangett hahaha😂

    ReplyDelete