Friday, June 12, 2020

(Bahasa Indonesia) Review: Wardah Lightening Liquid Foundation (ALL SHADE!)

Hey guys!

     Akhirnya aku balik lagi nih sama review foundation, setelah sekian lama hahaha. Soalnya baru ini dapet lagi foundie dengan harga super terjangkau tapi terlihat bagus hehe. Tapiii, apa emang bagus beneran? Worth it gak sih? Yuk lihat langsung review ku! Ada swatch shade lengkapnya juga lho!


INFORMASI PRODUK 
Blog Label: Green Label
Brand : Wardah
Nama : Wardah Lightening Liquid Foundation
Shade:
  1. Light Beige
  2. Beige
  3. Ivory
  4. Natural
Isi: 25ml 
Harga : IDR 49k (official store, di beberapa olshop distributor bisa lebih murah)
Harga berdasarkan toko di Indonesia. 

     Wardah Lightening Liquid Foundation merupakan liquid foundation yang terasa ringan, natural dan nyaman untuk digunakan sehari-hari. Terdiri atas 4 shade yang dapat kamu pilih, Light Beige, Beige, Ivory dan Natural.
  • Micronized Bright Pigment - mencerahkan dan menjadikan kulit tampak lebih halus.
  • Tahan lama hingga 12 Jam (berdasarkan uji terhadap 30 panelis) - untuk wajah cerah natural di setiap aktivitas.
  • Oil Absorber - untuk membantu menyerap minyak secara optimal.
  • SPF 30 PA+++ - optimal bantu melindungi kulit dari sinar UV berbahaya yang dapat menyebabkan warna kulit menjadi gelap.
  • Vitamin E - membantu menjaga kelembapan kulit.
  • Natural Matte Finish.
  • Non comedogenic.
  • Dermatologically Tested.
  • For all skin types.



KEMASAN
     Seperti biasa, lihat kemasannya dulu yuk!






     Well, jujur kemasannya standar banget tapi masih enak dilihat dan ngga terkesan terlalu cheapo lah. Kemasannya itu ngga pakai box, tapi cuma kaya kemasan sikat gigi aja gitu haha. Apasih nama kemasan kaya gini. Gitu lah pokonya yang kemasannya pasti langsung masuk tempat sampah dan ngga bakalan disimpan.





     Kemasan produknya sendiri bentuknya tube gitu. Dengan ujung mulut runcing yang bikin mudah saat mengeluarkan produk tanpa jadi terlalu beleberan. Yah so far kemasannya biasa aja tapi ngga masalah krn tetap fungsional. Plus side nya adalah ini tube nya kecil, jadi mudah untuk dibawa-bawa.

Ingredients / Bahan:
Aqua, Cyclopentasiloxane, Dimethicone, Propanediol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Phenyl Trimethicone, Niacinamide, Polymethyl Methacrylate, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Trehalose, PEG/PPG-18/18 Dimethicone, Magnesium Sulfate, Divinyldimethicone/Dimethicone Crosspolymer, Phenoxyethanol, Polyhydroxystearic Acid, Polymethylsilsesquioxane, Silica, Sorbitan Olivate, Tocopheryl Acetate, Aluminum Hydroxide, Hydrogen Dimethicone, Allantoin, Zinc Gluconate, Ethylhexyglycerin, Methicone, Disodium EDTA.
May contain: Cl 77891, Cl 77491, Cl 77499


SWATCH 
     Untuk swatchnya kali ini aku bikin di dua warna kulit berbeda. Satu kulitku yang putih medium, lalu satu lagi swatchnya ditangan suamiku yang kulitnya lebih sawo matang. Ini untuk mempermudah kalian aja nyesuain sama warna kulit kalian. Kalau agak putih kira-kiranya seperti kulitku dan kalau sawo matang bisa lihat kira-kira swatch ditangan suamiku.

      Berikut swatchnya:


     Oya, untuk memilih shade yang pas diwajah, sebaiknya emang swatch langsung wajah bukan yang ditangan, biasanya sekitaran rahang bawah. Kalau yang cocok ditanganku itu shade yang light malah, sementara kalau langsung di wajah lebih cocok yang ivory/beige.



     Ini aku juga coba untuk ngelihat oksidasinya. Jadi aku ngelakuin 3 swatch (untuk warna beige dan ivory aja), pertama swatch saat fresh baru diaplikasikan, terus 30menit berikutnya dan swatch 1jam berikutnya. Seperti yang kalian bisa lihat, ada sedikit oksidasi, foundie nya lebih menggelap makin lama, tapi samar sih menurutku untuk yang ivory, yang beige lebih kelihatan bedanya.


     So far teksturnya cukup light dan mudah sekali untuk di blend karena cukup cair/watery. Karena teksturnya agak light ini, hasilnya pun ngga langsung full coverage ya kalau kalian blend nya pakai beauty blender/sponge. Tapi emang sangat buildable untuk menghasilkan coverage yang baik. Sementara kalau pakai tangan, coveragenya bisa langsung medium sih menurutku. Jadi untuk foundation ini light-medium coverage menurutku.

    Medium coverage menurutku karena bisa nutupin noda-noda gelap dan noda jerawat pada wajahku yang cukup kemerahan, tapi masih agak kelihatan gitu menurutku dibanding foundation ku yang lain yang emang full coverage. Oya, mata panda juga ngga full ke cover ya di aku. Tapi medium coveragenya udah bagus banget kok, tinggal dibantu concealer aja bagian-bagian bandel yang masih visible.

     Anyway aku ini nyobain langsung dua shade karena keduanya cukup cocok dikulitku. Walaupun aku lebih prefer ivory sih karena lebih cerah di aku kelihatannya dibanding beige. Tapi mereka mirip sih! Ivory lebih yellow-ish terang dikittt aja dibanding beige sepenglihatanku.




     Selain itu dia ngga berasa berat. Emang lebih berasa kalau diblend pakai tangan, awalnya doang tapi. Terus pas aku build pakai sponge, itu hasilnya di wajah fix berasa ringan banget. Seriusan, super ringan! Bahkan aku bener-bener berkali-kali pas nge-test ini foundie sampai kelupaan lagi pakai foundation sampai aku ngga sengaja ngelap mukaku atau ngucek muka pas cuci muka, kejadian beberapa kali. Halus juga pas megang wajah kaya dibedakkin, padahal ngga. Jadi kalau dielus-elus halus gitu wajahnya. Ngesetnya cakep banget rasanya ringan dan ngga berasa pakai foundie.

     Terus juga, foundation ini ngga gitu nge-stain, jadi cukup aman lah menurutku. Masih nge-stain kalau percobaan aku di tisue, tapi ya ngga parah lah bagiku. Ini dibawah foto aku tap-tap pakai tisue. Yang foto pertama itu sekitaran 10menit setelah pengaplikasian. Yang kedua itu aku tap-tap setelah membasahi wajah. Yang ketiga itu sekitar 15 menitan setelah tap yang terakhir itu. Mungkin dia udah lebih ngeset jadi makin dikit stainnya. Diseret-seret pakai jari pas udah ngeset juga ngga geser. Cukup aman kan!


     Hasil finishing dari foundation ini di claim adalah matte, tapi di aku finish ngesetnya itu ngga terlalu matte deh. Emang terlihat natural sesuai claim nya, tapi bukan matte, maybe lebih agak matte-satin gitu kali yah. Jadi wajah ngga kelihatan banget dempulan dan kilatan natural wajah tu masih ada. Tapi bukan kelihatan oily atau dewy gimana juga. Aku suka sih hasil foundationnya ini karena tetap natural walaupun matte dan coveragenya bagus. Seriusan, cantik banget kulit tu kelihatannya walaupun pakai foundie ini agak tebel.

     Untuk daya tahan, aku udah nyobain paling lama sekitar 8-9 jam. Dengan berkali-kali dibasuh air (ada kali 4-6 kali) dan sambil gerah-gerahan. Well aku uji cobanya di rumah ya karena lagi WFH, tapi itu ngga yang duduk-duduk adem di kamar doang. Jadi foundienya aku bawa masak yang super gerah banget sampai keringetan ngocor jidatnya. Terus aku bawa baking juga dari jam 9malam sampai jam 2 pagi. Serius, baking itu gerah banget kaya lagi kena matahari. Soalnya oven ku itu model tangkring di oven yang harus dicek terus panasnya. Bayangin deh buka tutup oven muka kaya apaan udah gerahnya, mana ngga pake kipas, banjir coy. Engap ga tuh haha.

      So far berikut hasil dari daya tahannya:





     Pudar banget pastinya setelah 9jam, tapi masih kelihatan dikit sih. I mean kelihatan itu as in noda-noda di wajah walaupun mulai makin visible tapi ngga jreng saat wajah tanpa apa-apa. Mukanya sih udah berminyak banget pastinya ya kena gerah konstan gitu berjam-jam. Tapi masih okelah menurutku, apalagi ini ngga ada touch up sama sekali.

     Terus juga ngga pakai setting powder atau apapun itu. Jadi pure cuma foundationnya aja (sama undereye pakai concealernya, review DI SINI). Jadi oil controlnya emang masih ngga terlalu sesuai sama claimnya. Soalnya jangankan 9jam, dalam 2-3 jam juga udah kelihatan kaya berminyak gitu, walaupun di aku sih tetap kelihatan bagus ya, kaya lebih natural banget. Tapi emang perlu di setting sih sama bedak atau apapun itu biar makin tahan lama. But, so far suka sih sama performanya yang cukup bagus untuk harganya yang sangat affordable ini! Cuma kayanya emang mereka harus ubah beberapa claim produknya sih, kaya yang "matte finish" dan "oil absorber" nya yang memang masih belum sesuai claim.


REVIEW KESELURUHAN

     So far worth banget sih! Harganya affordable, tapi kualitasnya sangat bagus untuk harga segitu. Dari sisi finishingnya yang natural gitu (gak matte plek plek yah, di aku lebih satin matte gitu), foundienya yang ga gitu ngestain (atau geser), cukup tahan air walaupun dibawa basuh muka berkali-kali, dan coveragenya juga bisa medium. Bagus sih menurutku. Plus so far ngga bikin breakout di wajahku. Aman! Tapi semoga shadenya makin variatif sih kedepannya, karena masih standar banget ini shadenya menurutku.

Pro:
+ teksturnya oke, masih bisa buat diblend dan build
+ harganya affordable banget
+ tahan lumayan lama lah walaupun dibawa gerah-gerahan.
+ coverage light-medium dan buildable
+ hasilnya agak matte-satin, tapi tetap shiny natural dan ngga medok
+ wajah tetap berasa lembab
+ wajah juga berasa halus gitu padahal ngga ditambah bedak
+ ngeset nya bagus di wajahku
+ ngga gitu ngestain dan diseret pun masih aman banget
+ ngga bikin breakout di aku so far
+ kulit tetap berasa lembab
+ oksidasinya masih aman.

Cons:
- oil controlnya mungkin masih agak kurang
- shadenya masih kurang banyak

Rating 4/5 
---
     Serius untuk harga segini sih boleh banget buat kalian cobain. Hahaha. Worth lah so far. Cocok banget buat dipakai daily, karena ringan di wajah. Kalau kamu belum nyobain, cus lah dibeli, aku cukup rekomen! Oya, aku ingetin lagi, ini juga katanya buat semua jenis kulit, jadi kalau kamu berminyak banget jangan ngarepin banget masalah oil controlnya yah. Jadi tetap harus di setting biar buat kalian yang berminyak tetap tahan lama foundienya. Tapi so far sangat bagus kok untuk ukuran semua jenis kulit! Kalian bisa beli langsung di official shopnya Wardah atau ke online shop distributor kaya Makeupuccino atau Toko_palugada. 



     Oya, kalau beli di sociolla kalian bisa dapetin diskon potongan 50ribu (min belanja 250k) dengan pakai kode voucher SBN04BEFD, lumayan banget kan kalau lagi mau belanja banyak! Eh tapi aku ngga tau deh dia udah masuk belum ya ke sociolla yang variant baru ini. Coba langsung cek aja ya.

     Sekian dulu reviewku kali ini! Semoga bermanfaat yaa. See you guys on my next post!

Love,
Auzola

11 comments:

  1. bagus” banget swatchnya kaa😍😍 thanks buat review dan penjelasannya yaa kaa sangat detail dan sangat membantuu .. lebih paham soal” makeup soal skincare hehehe... Godblessyouu kaaa

    ReplyDelete
  2. Thank you kak reviewnya 🙏 Imo, mantap nih kak Wardah Lightening Liquid Foundation-nya, udah harganya terjangkau, coverage-nya lumayan pula. Worth it banget!

    ReplyDelete
  3. sebaguuuus ituuuu jd penasaran mau beli deh 😉😉😉

    ReplyDelete
  4. wahhh banyak juga shadenya ya kaa liquid foundationnya wardah😍❣️ bagus sih ini kayaknya kaa claimnya dia non comedogenic lagii.. cocok buat yg gampang bruntusan kayak akuuu... cuma kulit wajah aku sensitif banget aku.. kira” foundi wardah yg liquid ini aman ga ya buat kulit sensitif parah gitu? Karna susah kaa cari foundi yg aman buat kulit aku😭😭 btw thanks kaa for review nya yaaa.. sama kode voucher sociollanya😂😂 lumayannn hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah mantul banget ka auzola!! Setiap mgereview detail💕

    ReplyDelete
  6. Wah kaa😍😍 banyak juga shadeny ya kaa❤️ Cocok di kulit kakakkkk luv bangett

    ReplyDelete
  7. Wah bermanfaat bgt ini kak thnk u ya atas reviewnya��

    ReplyDelete
  8. Kayanyaaa foundation wardah yg satu ini emng bguss krnaa aku liat review reviewnyaa keren keren semuaa, aaaa jdi penasaraannn samaa produk satu ini

    ReplyDelete
  9. Pilihan shade nya lumayan banyak , tertarik pengen coba ♥️♥️

    ReplyDelete
  10. Produk ini tuh travel friendly bgt dan punya shade yg sesuai sama kebutuhanku kak

    ReplyDelete