Friday, July 2, 2021

(Bahasa Indonesia) Review: BASE Ultra Matte Natural Sunscreen

Hallo you guys!

     Kali ini aku mau share review tentang produk yang lagi aku gunakan belakangan ini yaitu BASE Sunscreen. BASE Ultra Matte Natural Sunscreen ini memiliki fungsi tambahan yang ngga semua sunscreen punya lho; melindungi dari Blue Light! Penasaran ngga sih apa itu Sunscreen Anti Blue Light? Yuk dibaca dulu!

base sunscreen

INFORMASI PRODUK
Blog Label: yellow label
Brand : BASE
Nama : BASE Sunscreen
Isi: 45g
Made In : Indonesia
Harga : sekitar IDR 169k (around USD 16)
Harga berdasarkan toko di Indonesia.   

     Apa kamu udah tau tentang brand BASE? Aku share sedikit ya mengenai BASE, atau mungkin kalian taunya sebagai "it's my BASE". BASE ini merupakan produk lokal yang berfokus pada skincare. Belum lama BASE meluncurkan sunscreennya sendiri yang ternyata agak beda nih guys. 

      Seperti yang aku mention sebelumnya, sunscreen BASE ini diklaim dapat melindungi dari Blue Light, ngga cuma UVA/UVB aja! Dan ini emang ngga semua sunscreen melindungi dari Blue Light karena perbedaan kandungan di dalam masing-masing sunscreen. Padahal pada kenyataannya kulit tidak hanya harus dilindungi dari paparan sinar UVA dan UVB, tapi juga harus terlindungi dari Blue Light (Visible Light), terutama di jaman serba modern ini!

     Buat yang masih bingung, Blue Light merupakan bagian dari Visible Light. Visible Light sendiri merupakan sinar yang juga terpancar dari matahari, di mana hampir sekitar 50% cahaya matahari yang sampai ke permukaan bumi adalah Visible Light. Blue light merupakan salah satu cahaya dalam Visible light yang memiliki gelombang terpendek dan energi terbesar dibanding warna lainnya.

     Apa sih bedanya sama UV? Dari yang aku baca, UV light memiliki gelombang yang lebih pendek dibanding Visible Light, makanya bisa memiliki efek yang lebih berbahaya bagi kulit. Walaupun begitu, Blue Light, yang juga disebut sebagai High-Energy Visible (HEV), adalah gelombang terpendek dan terkuat dalam Visible Light, yang ternyata dapat mengakibatkan kerusakan yang mirip dengan sinar UV, bahkan bisa mempenetrasi lebih jauh ke dalam kulit. 

source: https://www.womensweekly.com.sg/

     Blue Light walaupun utamanya berasal dari sinar matahari, tetapi juga dapat ditemukan pada gadget kita lho! Yes, kita setiap hari dan juga malam hampir selalu terpapar dengan Blue Light ini, ya dari matahari, ya dari HP, ya dari laptop, ya dari TV dan sebagainya. Nah sinar UV dan HEV ini bakalan bisa merusak kulit dan juga mempercepat penuaan kulit! Maka dari itu, kita perlu sekali menggunakan sunscreen, especially sunscreen yang dapat melindungi dari seluruh cahaya yang dapat merusak kulit tersebut. 

     BASE menghadirkan sunscreen yang diklaim dapat melindungi kita dari sinar UV dan juga HEV. Tidak hanya itu, brand Base ini sudah ber-BPOM, 100% vegan, diklaim sebagai aman untuk busui dan bumil (tapi tetap konsultasi sama dokter masing-masing ya), coral-reef friendly juga lho! Kita kulik lagi yuk!


KEMASAN & KEGUNAAN
     Kemasannya:

base sunscreen

base sunscreen

base ultra matte natural sunscreen

     Kemasan boxnya kecil ramping dengan warna gradient dominan orange. Kemasannya sendiri agak cukup colorful dan jreng ya menurutku, tapi kemasan boxnya masih cantik tampilannya. Dibagian atasnya ada stiker dengan tulisan "made for Auzola" karena BASE fokus dengan personalized skincare gitu.

base ultra matte natural sunscreen

base ultra matte natural sunscreen

     Untuk kemasan dalamnya adalah kemasan botol pipih dengan paduan warna orange dan ungu yang jreng. Jujur, aku kurang suka warna kemasan botolnya, paduannya terlalu jreng buat mataku lol. I really hope packingnya bakalan direnew (soalnya aku suka packaging skincare BASE yang lain), ini agak too much hahaha.

     Kemasan wise, walaupun warnanya jreng banget, aku suka karena dia pipih dan compact, gampang diselipin tas. Tutupnya harus diputar gitu, jadi lebih secure juga, dan ujung botolnya meruncing, bikin produk yang keluar bisa lebih terukur dan ngga belecetan.


Komposisi:
Aqua, Dicaprylyl Carbonate, Nylon 6/12. Octocrylene, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Zinc Oxide, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Monostearate, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Acrylates/c12-22 Alkyl Methacrylate Copolymer, Aminomethyl Propanol, Aluminum Starch Octenylsuccinate, C15-19 Alkane, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acrylolydimethyl Taurate Copolymer, Glycerin, Rubus Idaeus (Raspberr) Leaf Extract, Ribes Nigrum (Blackcurrant) Leaf Extract, Tocopheryl Acetate, Ceteth-10 Phosphate, Dicetyl Phosphate, Hydroxyacetophenone, Canola Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Arginine, Coco-Glucoside, Disodium EDTA, Ectoin, Ethylhexylglycerine, Disodium Lauryl Sulfosuccinate, Sodium Dilauramidoglutamine Lysine, Daucus Carota Sativa Seed Oil, Bisabolol, Magnesium Chloride, Beta-Carotene, Daucus Carota Sativa Root Extract, Helianthus Annuus Seed Oil, Sorbic Acid, Phenoxyethanol, BHT.

*Ecocert Certified Ingredients
*Natural Plant-Derived Ingredients

     Dari ingredientsnya, di sini keliatan kalau Base Sunscreen ini merupakan sunscreen hybrid, yaitu perpaduan antara chemical dan physical sunscreen. Kalau dari yang aku bold hitam, DHHB itu merupakan kandungan yang ada di chemical sunscreen (dan beberapa kandungan lainnya), sementara Zinc Oxide biasanya merupakan kandungan physical sunscreen. Zinx Oxide ini nih salah satu yang katanya bisa melindungi dari Blue Light dan juga dipadukan dengan natural ingredients yaitu Carotolino yang diextraksi dari biji dan akar wortel. 

KEY INGREDIENTS:
  1. Raspberry Leaves Extract: meregulasi sebum dan mencegah jerawat.
  2. Blackcurrant Leaves Extract: antioxidant yang kuat.
  3. Carrot Seed Oil & Carrot Root Extract: mengurangi kerusakan akibat Blue Light dan mem-boost kilat natural kulit.
  4. Sunflower Seed Oil: UV protection booster dan menenangkan kulit.
  5. Bisabolol From Chamomile:  UV protection booster dan burn healing.
  6. Argan Oil: mengunci kelembapan kulit dan sebagai UV protection.
  7. Vitamin E (Tocopheryl Acetate): antioxidant yang kuat.
  8. Ectoin (Amino Acid From Microorganism): mencegah photoaging dan kerusakan kulit, anti polusi dan juga anti iritasi.
Tentang Klaim Produk:
  • SPF 50 PA+++ yang ringan untuk perlindungan kulit dari UVA/UVB dan Blue Light.
  • Formula Ringan, tanpa kilap dan residu putih (white cast); cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.
  • Breathable Formula; tidak menyumbat pori-pori.
  • Beta-Carotene mencegah kerusakan kulit akibat radiasi UV termasuk blue light yang berasal dari gadget.
  • Anti polusi.
Cara Pemakaian:
Oleskan secukupnya 15 menit sebelum terkena sinar matahari ke wajah dan juga leher. Hindari area mata. Oleskan ulang setiap 4jam sekali dan setelah berenang atau berkeringat.

base sunscreen

base sunscreen

     Aku udah pakai ini 2 mingguan belakangan, hampir setiap hari (kecuali kalau lupa) dan bisa 2-3x re-apply dalam sehari, padahal aku diruangan aja most of the time akibat pandemi lagi melonjak kembali. First impression ku adalah amazed. Jadi dia teksturnya ringan, cukup mudah dibaurkan (tapi jangan kelamaan nanti agak kesat), dan mudah menyerap di kulit! Menyerap as in dia tidak meninggalkan efek berminyak atau perasaan berat kaya pake topeng, ringan banget untuk ukuran sunscreen. 

     Saat-saat tabir surya BASE ini ngeset di kulit, rasanya itu kaya adem gitu, kaya butter melting di kulit, ada rasa-rasa dinginnya. Setelahnya, kulit bakalan berasa smooth banget; kalau dielus kulit rasanya kaya velvety gitu. Ngga bikin wajah terlihat berminyak, tapi finishingnya natural shine ke arah matte kalau di kulitku (tapi bukan yang matte medok, jadi kulit masih terasa hidup gitu). 

     Satu lagi yang bikin aku seneng banget sama sunscreen ini adalah, dia ngga white cast! Ini hybrid sunscreen tapi tanpa white cast sama sekali. Warnanya super match sama skintone aku hasilnya, bikin terlihat cerah tapi ya sesuai warna kulitku, kaya ngga pakai apa-apa aja gitu. Seneng deh sama finishing yang kaya gini, karena cocok banget sama kulit aku yang berminyak. Ini efek dari carrot seed oil dan carrot root extractnya deh kalau aku liat dari penjelasan ingredientsnya. Mantul di aku!


     Ini dia hasil pemakaiannya, ini before after dalam satu foto tapi ngga keliatan sama sekali! Bagian wajahku yang sebelah kanan itu TANPA sunscreen, sementara yang kiri sudah DIAPLIKASIKAN sunscreen. Ga ada bedanya kan? Natural glowing matte gitu. seneng deh!

     So far dari pemakaian tabir surya ini pun aku ngga ada keluhan break out atau komedo bermunculan. Bener-bener kulit safe and sound banget, so i guess klaimnya cukup tepat kalau sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori dan cocok untuk kulit berjerawat. Karena surely it does wonder for me! Kayanya raspberry leaves extract nya works well on me.

     Aku belum coba bawa berenang atau panas-panasan parah sih karena efek di rumah aja, jadi ngga tau daya tahannya seperti apa in a long run. Tapi kalau keringetan parah saat bebersih rumah, sunscreennya sih cukup terjaga gitu. Setiap kaya basah karena keringat, terus mau kering lagi; bakalan ada perasaan dingin-dingin gitu di kulit dan ngga cepet luntur juga karena keringet. 

     Satu lagi, aku suka saat di re-appply dia tetap membaur dengan baik dan ngga bikin wajah terasa kaya topeng atau lengket. Enak banget juga pas di re-apply. So far ini kayanya sunscreen yang paling aku suka banget deh buat kulitku diantara sunscreen favorit lainnya!


REVIEW KESELURUHAN

    Suka banget so far sama BASE Ultra Matte Natural Sunscreen ini! Ringan di wajah, mudah menyerap, finishingnya velvety smooth gitu, matte tapi natural shine nya tetap ada. Cocok buat aku yang rentan berjerawat dan berminyak! Plus ini juga tetap menjaga kulit terasa lembab lho! Bahkan kadang aku ngga tambahin moisturizer kalau merasa udah cukup lembab.

Pro:
+ kemasan kecil dan compact
+ SPF 50 PA+++
+ bisa melindungi dari UVA/UVB dan juga Blue Light
+ formula ringan, so far ngga nyumbat pori-pori, maupun bikin breakout
+ formulanya juga ngga berasa lengket
+ finishingnya natural-matte
+ ngga bikin white cast
+ ngga bikin minyakan
+ ada kaya kandungan-kandungan skincarenya juga selain buat UV protection
+ menjaga kelembapan kulit
+ BPOM + vegan + bumil & busui friendly + coral reef friendly
+ adem di kulit
+ bikin kuli terasa velvety, lembut gitu

Cons:
- belum ada yang ganggu aku so far, kecuali warna kemasannya 

Overall Rating: 4.5/5
---


     Asli, langsung jadi favorite sunscreen sih. Buat kamu yang lagi nyari rekomendasi sunscreen musti banget sih cobain ini. Apalagi kalau kulitmu berminyak dan berjerawat seperti ku ya, mungkin bakalan suka deh sama sunscreen BASE ini. Kalau biasanya sunscreen kaya bikin wajah agak lengket dan white cast, sunscreen ini ngga ada tu problem wajah lengket sama white cast! Love bangettt.

      Belum lagi sunscreen ini kaya all in one gitu juga, udah melindungi dari UVA dan UVB, dia juga sunscreen anti Blue Light. Di mana wajib banget gak sih sebenarnya kita punya proteksi dari Blue Light karena setiap hari pasti mainan gadget. Jadi BASE sunscreen dengan SPF 50 PA +++ ini udah bagus banget buat kulit! Dan pastinya menambah sunscreen di skincare regime mu penting banget dan kamu ngga bakalan nyesel lah dengan menggunakan sunscreen karena banyak manfaatnya!

base skincare

     Oya, selama pakai sunscreen ini aku juga lagi meminimalisir penggunaan skincare lain, jadi skincare aku belakangan ini sangat minimalis, cuma cleanser, toner, balancing lotion (moisturizer) dan juga sunscreen ini. Semuanya itu aku lagi pakai brand BASE juga. Dan uniknya produknya ngga asal pilih, melainkan atas rekomendasi dari BASE semuanya, sesuai dengan jenis kulitku!

     Gimana caranya? Jadi sebelum belanja, aku ikutan kaya quiz dulu di website BASE, di sana nanti ada pertanyaan-pertanyaan sekitar kulit gitu. Jadi jawab sejujur-jujurnya biar pilihan skincare yang dipersonalizednya bisa benar-benar sesuai dengan kebutuhan kulitmu!

     Uniknya lagi, nanti diproduknya bakalan ada personalized nama kamu gitu. Nih kaya punya ku, formula ID nya 47E57726 dan ada tulisannya "made for Auzola". Gemes banget gak sih. Jadi dari hasil kuisnya nanti bakalan dikasih suggestion apa produk yang harus kamu beli. Aku sendiri hasilnya dapat sebagai berikut:
1. Nine to Ten Nourishing Cleanser
2. Freshly Dew Toner
3. Ultra Clarity Balancing Lotion
4. Ultra Matte Natural Sunscreen.
Ini aku pemakaiannya juga sesuai dengan urutan ini yaa untuk pagi hari. Siang re-apply sunscreen. Malam cuma step 1-3 tanpa sunscreen biasanya.

it's my base sunscreen

     Hasilnya dan paduan skincarenya bisa beda-beda ya sesuai kebutuhan kulitmu. Makanya langsung aja deh test, biar kamu juga tau kecenderungan kulitmu dan kebutuhannya seperti apa! Di mana bisa ambil quiz BASE personalized skincare ini? Di web nya yaa:


     Oya, hampir kelupaan, kalau yang mau belanja aku juga lagi ada promo code yang bisa kalian gunakan: AUZOLA35. Potongannya lumayan banget, 35% minimal belanja 100rb aja! Cus lah dipake buat beli sunscreennya. Soalnya worth bangettt!

     Sekian dulu review ku kali ini, see you guys on my next post!

Love,
Auzola

  

No comments:

Post a Comment