Tuesday, September 15, 2020

(Bahasa Indonesia) Review: Dr. Bronner's Organic Pure Castile Soap

 Hey guys!

     Walaupun sempat ilang-ilangan ngeblog, apalagi sekarang lagi riweh pindahan. Sekarang aku berusaha update blog lagi nih! Since draft numpukkkk dan kepengen banget aku kelarin segera hahaha. Kali ini aku mau share review sabun organik yang belakangan ini lagi aku cobain nih, yaitu Dr. Bronner's!

dr-bronners-pure-castile-soap

INFORMASI PRODUK 

Blog Label: Green - Yellow Label
Brand : Dr. Bronner's
Nama : Dr. Bronner's Pure Castile Soap
Variant: 
  • Lavender,
  • Rose,
  • Baby Unscented, etc.
Isi: 59ml & 237ml 
Harga : IDR 52k - 167k (sekitar USD 5-16)
Harga berdasarkan toko di Indonesia. 

     Buat kalian yang belum tau, aku mau kasih tau dikit apa bedanya castile soap sama sabun biasa. Jadi castile soap itu adalah sabun organik atau organic soap yang basically kaya sabun vegan gitu. Karena dia biasanya terbuat dari bahan-bahan organic vegan yang eco friendly dan tidak mengandung lemak hewani dan sejenisnya yang sintetis. 

     Dr. Bronner's dibuat di tahun 1948 oleh Emmanuel Bronner yang merupakan generasi ke 3 dari keluarganya yang juga pembuat sabun. Dari awal Bronner emang sangat peduli dengan lingkungan dan juga keadaan sekitar, sehingga ia sering menggunakan label sabunnya untuk menyampaikan pesan-pesan yang positif. Antara lain seperti: "We are All-One or None!". Jadi nanti kalau kalian perhatikan kemasannya itu kaya produk dibalut koran cantik gitu, isinya tulisan kecil-kecil macem-macem haha.

     Sampai sekarang brand Dr. Bronner's ini masih dilanjutkan dan diurus oleh keturunan-keturunannya sendiri. Jadi untuk menghargai perjuangan Emmanuel Bronner sebagai penemu brand ini, keluarganya tetap memegang teguh visi Bronner dengan terus melanjutkan pembuatan produk-produk yang bertanggung jawab bagi lingkungan dan sekitar. Serta tetap berusaha menjaga kualitas produk dengan bahan-bahan yang juga berkualitas dan bahkan mendedikasikan keuntungannya untuk dunia. 


     Castile soap Dr. Bronner ini pun memiliki kandungan murni dari bahan-bahan organik, seperti organic oils, essentials oil, dan pastinya tidak mengandung bahan kimia/pengawet/pewangi buatan seperti SLS, Paraben dan juga alcohol. Jadi Dr. Bronner's ini tidak hanya aman untuk kulit, tapi juga di claim social & eco friendly!

     Kenapa socially friendly? Soalnya Dr. Bronner ini nge-claim kalau mereka sangat peduli dengan karyawan-karyawannya. Jadi mereka mendapat gaji yang sesuai, dihormati dan juga memiliki lingkungan kerja yang baik. Kalau eco-friendly pastinya karena bahan-bahan organiknya yang tidak diuji ke hewan dan juga biodegradable! Jadi ngga akan merusak lingkungan, or so it claims.

     Sekarang Dr. Bronner's ini adalah salah satu sabun natural top selling di US dan udah certified macem-macem juga. Antara lain sertifikasinya adalah: USDA Organic, Vegan, OTCO (Oregon Tilth Certified Organic), Fair Trade, Non DMO (Genitically Modified Organism), dan Non tested on animals.

     Bahan utama dari Dr. Bronner's adalah air dan juga organic oils yang baik untuk kulit serta aman untuk lingkungan. Base organic oils yang digunakan antara lain adalah coconut oil, olive oil, jojoba oil dan palm kernel oil. Sabun organic ini semua variantnya sudah diuji secara klinis dapat:
  • Menghidrasi kulit, menghilangkan sel kulit mati, mengencangkan pori, menjaga kadar sebum.
  • Menghilankan blackheads. 
  • Membuat kulit lebih berseri. 
  • Dan juga bikin kulit berasa bersih tanpa meninggalkan residu.
     Sebenarnya aku belakangan sering liat ini Dr. Bronner's di IG bule-bule gitu dan pas baca dia kaya banyak banget manfaatnya jujur langsung kepo sampai aku screen shoot haha. Eh ternyata malah dikirimin sama Jakarta Beauty Blogger buat di review. Langsung dicobain pas udah dibuka! Haha, penasaran ngga sih gimana ini sabunnya pas aku pakai? Lanjut ya bacanya!



KEMASAN & KEGUNAAN
     Pertama, liat kemasannya dulu yuk!





     Well, buat aku kemasannya unik tapi botolnya standar lah. Sebenarnya botolnya agak feels cheap, tapi sangat terbantu sama design kemasannya yang gemas dan unik. Penuh isi tulisan kaya koran gitu, tapi colorful. Hahaha, jadi cukup lengkap sih, ada pesan, ingredients, cara pakai dan sebagainya. Walaupun bacanya agak ribet ya harus di miring-miringin kadang. 

     But overall walaupun cute designnya, aku kurang suka tutup botol flipnya yang agak keras dan kaya tipis gitu. Yha but yaudalah ya, yang penting kan isinya lol. Untuk ukurannya sendiri cukup variatif ya, ada 3 size yang di jual di Indo kalau ngga salah. Aku sendiri ada yang size kecil ukuran 59ml dan 237ml. Satu lagi sizenya yang paling besar ukurannya itu 946ml. Jadi enak ada yang bisa travel friendly, ada yang cocok buat di rumah. Tapi aku agak berharap dia bakalan keluar yang versi pump sih haha. 

     Untuk variantnya ada tiga yang aku cobain, yaitu yang Lavender, Rose dan Baby Unscented. Untuk yang Baby Unscented ini cocok buat kalian yang ngga suka sama sabun yang ada tambahan wangi-wanginya. Atau buat anak bayi juga oke nih. Sementara yang Lavender karena ada kandungan lavender oilnya, bakalan oke banget buat kalian yang butuh relaxing atau kesulitan tidur. Yang rose di claim ada rose oilnya yang cocok untuk melembabkan kulit kering dan mengandung antiseptik untuk mengatasi kulit yang berjerawat. Kemasan  warna lavender yang ungu, rose yang pink tua dan baby unscented yang biru terang.



     Anyway, tadi aku sempat bilang kan ya sabun tanpa bahan kimia ini punya banyak banget manfaat? Beneran banyak banget guys, karena dia sampai ngeclaim ini sabun 18-in-1 Uses! Jadi ya satu sabun ini bisa 18 manfaat, bahkan aku liat di IG kemarin lebih dari 18! Nih aku cantumin ini sabun bisa buat apa aja menurut website nya Dr.Bronner:


     Banyak banget kan ya! Tapi jujur aku baru nyobain di badan, rambut, wajah dan buat rendaman kaki. Rencananya nanti kalau udah pindahan ke rumah ichi, mau nyobain Dr. Bronner's ini buat lantai juga, karena lantai di kamar ku nanti kan kayu gitu. Jadi selama ini kalau kata ichi ngga pakai cairan pel dan sejenisnya. So next time mau coba ini aja soalnya katanya aman juga buat lantai kayu as long as ngga terlalu becek.

     Anyway, kesan selama aku pemakaian ini masih cukup okay. Ngga yang wah gimana-gimana juga soalnya ini kan lebih ke natural gitu ya selling point nya. Tapi aku dan ichi sama-sama suka kalau pakai castile soap ini untuk bagian badan. Karena pas diaplikasikan dia tu yang licin, ngga perlu banyak-banyak juga bisa buat satu badan. 


     Tekstur sabunnya liquid dan sangat watery. Kalau digunakan, sabun ini masih ada kaya busa sedikit gitu, tapi ngga yang lebay kaya sabun-sabun normal lainnya karena ini kan no detergent. Ichi suka dengan tekstur yang masih kelihatan kaya pakai sabun ini, karena kalau ngga ada busanya sama sekali dia suka komplain katanya kaya ngga pakai sabun haha. Di bilasnya juga gampang banget karena ini sabun kaya nyerap gitu di kulit haha. Cuma after bilas efeknya kulit berasa kesat aja. Kalau aku sih ngga gitu problem, soalnya setelah kering kulit tetap balik lembab lagi. Kalau emang masih kurang lembab pastinya bisa ditambah body lotion. Tapi so far aman kok, ngga bikin kulit kering. 

     Dan since Dr. Bronner's ini adalah sabun tanpa bahan kimia dan di claim bisa juga sebagai sabun untuk kulit sensitif serta sabun untuk kulit kering, jadi aman untuk bayi, aku memberanikan diri buat nyobain sabun ini ke Isa. Itu setiap mandi pasti aku pakaikan sabun ini dan so far kulitnya untungnya cocok aja. Ngga kering juga. Awalnya aku nyobain ke dia yang Baby Unscented, tapi sempat juga kasih yang variant Lavender beberapa kali, dengan harapan dia jadi ngantuk lol.

     Isa lebih gampang liatnya kalau sabun kurang cocok, karena kalau sabun yang dipakai ngga cocok buat kulit sensitif, isa bakalan langsung kaya muncul spot-spot kering gitu, terutama di bagian lipatan tangan. Tapi pakai ini justru spot kering yang ada dilipatan tangan yang belakangan lagi muncul, cenderung berkurang. Jadi so far di kulit kami sih cocok dan tetap cukup melembabkan. 


     Sayangnya, aku sama ichi sama-sama kurang suka dengan pemakaian castile soap liquid ini untuk rambut. Pertama, karena kalau di bilas rambut bakalan kesat gitu, bedanya kalau rambut kesat aku tu rambutnya cenderung banyak rontoknya. Walaupun pas udah kering rambutnya aman aja ngga kering ya, tapi tetap aku kurang suka efek kesat after bilasnya itu kalau buat rambut. Sementara ichi sebenarnya suka efek agak kesatnya itu jadi rambutnya gak yang jatuh banget pas udah dikeringin.

     Terus juga di rambut aku dan ichi yang cenderung ketombean dan berminyak, variant castile soap yang aku cobain ini juga agak kurang helpful ya menurutku. Karena dia ngga bisa control minyak di rambut, jadi cepat lepek. Mungkin kalau yang variant Peppermint bakalan lebih cocok kali ya sama kondisi rambut kami, but untuk variant lavender, rose dan baby unscented ini ngga gitu cocok sih sama rambut kami. Jadi kayanya kedepannya aku ngga bakalan continue pemakaian castile soap ini untuk rambut sih, mending buat badan aja haha.

     Selain rambut dan badan. Aku juga semingguan belakangan ini pakai sabun yang rose untuk cuci muka. Masih mixed feeling sih. Walaupun yang rose di claim ada antiseptic nya dan bagus untuk mengatasi kulit berjerawat, tapi kayanya tetep kurang oke sama kulit berminyakku. Well, so far aman ngga ada jerawat baru yang disebabkan sama produk. Wajah juga masih cukup lembab. Tapiii kaya yang aku bilang, dia ngga bisa control oil yang ada di muka deh. Jadi kaya ngga lama cuci muka, wajah udah berasa oily lagi. Aku bakalan nyobain lagi beberapa saat buat make sure, tapi kalau masih berasa oily juga sepertinya aku juga ngga bakalan lanjutin pemakaian castile soap ini untuk kulit wajahku yang cenderung berminyak ini sih. Depends lah nanti gimana.


     Terakhir, aku nyobain juga yang variant lavender buat rendam kaki pas kemarin lagi super pegeeeeell banget karena ngurusin pindahan. Jadi aku campurin beberapa tetes yang lavender ke dalam air hangat untuk rendaman kaki. Well, enak sih, so relaxing rasanya. Setelahnya juga kaki jadi cukup lembab dan lebih moist. Mayan kan itung-itung perawatan kaki hehe.

     Dari pengalaman aku cobain Dr. Bronner's Pure Castile Liquid Soap ini so far cukup suka sih, tapi ya lebih ke pemakaiannya as sabun mandi. Karena yang claim lainnya belum aku cobain hehe. Tapi karena wanginya enak, especially yang lavender. Aku senang banget sih kalau mandi pakai ini, perasaan jadi lebih relax pas nyium wanginya. 

     Walaupun aku suka banget sama yang wangi lavender karena calming dan ngga gitu mencolok hidung. Jujur aku kurang suka sama yang rose, karena kaya terlalu manis untuk ukuran rose dan kurang segar gitu wanginya. Sedangkan yang baby unscented, karena ngga ada wanginya jadi kaya wangi minyak sabun aja gitu lah, jadi biasa aja. Kalau kalian mau coba pastinya aku sangat rekomen yang lavender! Plus aku penasaran banget juga sama yang peppermint!


REVIEW KESELURUHAN

     So far worth untuk di coba. Aku paling suka pakai ini ya as sabun mandi. Ichi juga suka pakai sabun ini, karena dia langsung ngomong sama aku dia suka. Biasanya kalau ditanya dia bakalan bilang "yaa oke aja". Tapi ini dia bilang suka dan cocok untuk kulit ichi yang juga suka cenderung muncul spot kering. Lol, yang banyak gaya itu kulit ichi sampai biasanya aku beliin sabun khusus kulit sensitif karena kulitnya suka aneh-aneh. Next time boleh lah cobain yang peppermint kali rasanya lebih fresh kan. 

     Walaupun udah enak banget as sabun mandi, aku bakalan mau coba sabun ini untuk berbagai hal lainnya seperti yang di claim di websitenya sih. Soalnya kan kepo aja, satu sabun tapi bisa untuk berbagai macam kegunaan hehe. 

Pro:
+ teksturnya cair dan mudah dibalurkan 
+ masih ada busanya sedikit walaupun tanpa detergent
+ wangi lavender enak banget!
+ bisa untuk berbagai macam kegunaan. Kalau lagi mepet kehabisan produk lain, sabun ini bisa jadi sangat useful
+ variantnya ada beberapa yang bisa dipilih sesuai kebutuhan 
+ mudah di bilas
+ enak banget jadi foot bath yang lavender
+ bisa untuk bayi (tapi ngga tear proof ya! Tetap hati-hati jangan kena mata)
+ cocok untuk kulitku, isa dan ichi
+ ada 3 size yang bisa disesuaikan sama kebutuhan
+ ada travelling size nya
+ socially dan environmentally friendly
+ organic dan udah diuji klinis juga
+ ngga mengandung SLS, paraben dan alkohol
+ bisa untuk kulit sensitif dan kulit kering

Cons:
- agak mahal dibanding sabun biasa
- efek kesat pada rambut
- kayanya agak kurang cocok buat oily face

Rating 4/5 
---

     Walaupun agak pricey aku cukup rekomen sih, apalagi kalau kalian emang nyari sabun yang untuk kulit sensitif/kering, atau nyari sabun yang organik serta ramah lingkungan. Plus, kalau di luar sana, website aslinya sampai ngebatesin pembelian karena naiknya demand dari customer, beruntung deh kalian yang di indo, belinya masih bebas hahaha. Jadi kalau kalian mau beralih ke sabun yang lebih organic dan ramah lingkungan, kalian bisa banget deh nyobain Dr. Bronner's Castile Soap ini!

    Dr. Bronner's sudah bisa dibeli di Tokopedia, Shopee, Sociolla dan juga Guardian. Kalau kalian mau beli di sociolla cus bisa pakai kode ku ya SBN04BEFD, buat dapeting potongan 25ribu setiap belanja min 150ribu, mayan kan! 

     Oya, selain castile soap liquid, produk-produk Dr. Bronner's lainnya juga udah ada beberapa yang masuk indo. Jadi bisa langsung dicek aja ya! Sekian dulu reviewku, semoga bermanfaat ya buat kalian! See you guys next time.

Love,
Auzola


No comments:

Post a Comment