Wednesday, March 21, 2018

(Bahasa Indonesia) Chit chat: Bahaya Kosmetik Palsu!

Heyyaa guys!

     Mumpung otak dan tenaga lagi mau kompromi, kali ini aku mau bikin artikel yang temanya ceritanya cukup serius hahaha. Masih belum kesempatan bikin review lainnya lagi setelah review PIXY Matte In Love (hayo yang doyan lipstick matte bisa cus baca DI SINI, ada full swatch nya lhoo, hehe), jadi artikel kali ini masih seputar chit chat dan tema kali ini adalah bahaya kosmetik / makeup palsu! Hayooo, siapa yang pernah / masih suka pakai makeup palsu? Yuk cus merapat dulu dan baca artikel kali ini!


      Jadi pas lagi buka-buka foto lama untuk blog di laptop, aku nemuin foto The Balm eyeshadow asli vs palsu yang tadinya mau dijadiin artikel blog (cuma mager terus kelupaan sampai sekarang hehe). Berhubung masih belum ada motivasi buat bikin perbandingannya, aku malah termotivasi buat bikin artikel tentang bahaya kosmetik / makeup palsu. 

     Duh, makin ke sini soalnya makeup palsu makin marak aja dan makin cepet keluarnya. Kita bahas palsu ya guys, bukan dupe (masih bingung arti dupe? Cek artikel ku yang INI). Misal nih ya, si Kylie lip yang kemarinan baru keluar, tetiba gak lama udah keluar palsunya yang bahkan kadang sekilas mata mirip bangettt nget ngett.  Atau MAC palsu yang jelas palsu sampai sekarang anehnya masih aja laku berat. Jangankan yang mahal, yang mumer macem eyebrow Viva aja masih dipalsuin dan ada yang beli pulak.

     Ngga bisa disangkal, selain karena ngga tahu/paham, kita bisanya tergiur untuk membeli makeup palsu karena harganya yang super murah (tapi sekilas kayak bisa dibawa gengsi karena bermerek). Padahal, ternyata makeup palsu itu BERBAHAYA! Jeng jenggg! Serius, ini bukan bohong-bohongan brand yang kesel karena produknya dipalsuin, tapi emang karena bahaya guys terutama karena langsung digunakan ke kulit, mata, bibir kita, etc right, menyerap ke dalam pori-pori (beda cerita sama beli baju palsu atau tas palsu). 

     Kalau produk kosmetik asli pasti ada regulasi dan ketat dalam pembuatannya, begitupula dengan standar regulasi parbiknya, kosmetik palsu ini sumpah ternyata random. Bahannya gak jelas apa, cara bikinnya juga gak jelas gimana, dan itu pabriknya ngga punya regulasi kesehatan pastinya. 

     Setelah baca-baca lebih lanjut, berikut beberapa hal berbahaya (dan menjijikkan) yang dapat terkandung dalam kosmetik palsu:

1. Mengandung Bakteri

     Makeup palsu itu ngga dibuat dengan standar yang sama dengan produk aslinya, seperti yang sempat aku mention di atas. Pabriknya itu bisa aja bukan pabrik beneran malah, bisa aja pembuatannya di rumah, kos-kosan, basement, ataupun kalaupun ada pabriknya, kemungkinan besar itu pabrik ngga ada quality kontrol sama sekali, apalagi mikirin masalah sanitary dan kesehatan. Padahal bakteri itu dapat menyebar dengan sangat sangat gampang, karena ya mau ngga mau bakteri itu ada di mana aja disekitar kita.

     Bayangin aja kalau itu produk dibuat di ruangan yang kotor, terus yang bikin pun pekerja yang kotor (ngga cuci tangan, ngupil, keringetan, dll), ditemani sama binatang-binatang yang ngga cute macem serangga seperti kecoak atau tikus. Wah pas banget lah itu, super gampang buat produk palsu tersebut terkontaminasi bakteri yang bakal mengkontaminasi kita juga kalau makai produknya. Please, kita ngga usah ngarep / ngayal pembuatannya bakalan higienis macem di pabrik yang punya quality control ketat.

2. Mengandung Arsenic

     Arsenic merupakan elemen kimia dengan simbol As dan nomor atom 33. Makeup / kosmetik palsu yang mengandung Arsenic dapat berbahaya bagi kesehatan! Disebutkan oleh FDA bahwa terpapar oleh Arsenic dalam jumlah yang tinggi atau dalam jangka waktu lama berkaitan erat dengan kanker kulit, kanker kandung kemih, sakit pada perut, shock, diabetes, penyakit pembuluh darah, penyakit paru-paru, sakit jantung, bahkan sampai kematian. O em gee.

3. Mengandung Lead (Timbal)


     Lead atau yang kita kenal dengan sebutan Timbal merupakan elemen kimia dengan simbol Pb dan nomer atom 82. Ternyata kerap juga ditemukan Lead / Timbal pada makeup palsu! Padahal nih ya, terekspos timbal dalam jumlah sedikit dalam periode waktu panjang bakalan sangat berbahaya bagi kita. Timbal akan sangat berbahaya jika sudah berada dalam sistem tubuh kita, soalnya dia didistribusi ke tubuh kaya mineral-mineral baik seperti zat besi, kalsium dan zinc, bedanya ini bahaya!

     Kandungan timbal yang berlebih pada tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, masalah kesuburan, masalah ingatan dan konsentrasi, sakit pada otot dan sendi, keracunan, dan sakit kepala yang menyiksa. Pada wanita yang sedang hamil, hal ini dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir prematur. Jadi harus hati-hati guys.

4. Mengandung Mercury

     Mungkin ini salah satu yang paling sering terdengar, makeup palsu atau abal-abal dapat mengandung merkuri. Merkuri merupakan elemen kimia dengan simbol Hg dan nomer atom 80. Pasti sudah sering denger dong kalau kosmetik yang mengandung merkuri itu berbahaya? Merkuri merupakan racun bagi sistem saraf pusat dan peripheral.

     Menghirup merkuri dapat menyebabkan efek berbahaya bagi saraf, pencernaan dan sistem imum, paru-paru, ginjal, hati dan juga otak, serta dapat berakibat fatal. Merkuri juga dapat menyebabkan gatal-gatal / kemerahan pada kulit, otot melemah, sakit kepada dan insomnia. Pada makeup mata (seperti eyeshadow, eyeliner dan sebagainya), merkuri bahkan dapat secara permanen merusak daya penglihatanmu lho! Sedikit aja bahaya, apalagi kalau kandungannya cukup banyak, ngeri kan :(

5. Mengandung Cadmium

     Cadmium merupakan elemen kimia dengan simbol Cd dan nomer atom 48. Cadmium dan komponennya disebutkan sebagai carcinogen pada manusia, alias dapat menyebabkan kanker. Menghirup Cadmium dalam level tinggi dapat merusak paru-paru, ginjal dan tulang, serta menyebabkan kematian. Menghirup debu atau uap Cadmium dalam waktu pendek dapat menyebabkan batuk, sakit kepala, sakit dada, menjadi cepat marah, bronchopneumonia, dan iritasi tenggorokan serta hidung.

     Terekspos Cadmium dalam jangka panjang dapat menyebabkan penumpukan Cadmium pada ginjal dan menyebabkan penyakit ginjal. Efek jangka panjang lainnya adalah kerusakan pada paru-paru, emphysema, bronchitis, tulang keropos, plmonary edema, kesulitan bernafas, anemia, rhinitis, dan perubahan warna gigi.

6. Mengandung Aluminium

     Level kandungan aluminium yang tinggi ternyata juga ditemukan pada makeup palsu lho guys. Eh, emangnya alumunium berbahaya?? Aluminium merupakan elemen kimia dengan simbol Al dan nomer atom 13. Ternyata aluminium juga bisa berbahaya lho bagi manusia, makanya sekarang banyak orang-orang yang sudah mulai berpaling dari deodoran karena ditemukan kandungan aluminium di dalamnya. Aluminium dapat menyebabkan masalah penyakit tulang, kelelahan, masalah ingatan, dementia dan lainnya. Glek, ternyata serem juga, padahal aluminium itu juga kita gunakan pada banyak barang-barang sehari-hari, maybe i'll read more about it nanti :o

7. Mengandung Paint Remover/Stripper

      Paint remover / stripper ternyata juga ditemukan dalam kosmetik palsu, seperti pada mascara atau liquid eyeliner. Padahal paint remover sendiri harus dipergunakan secara hati-hati lho dan bukan sesuatu hal yang kalian mau untuk gunakan di kulit atau indera kalian lainnya. Paint remover soalnya juga berhubungan dengan kerusakan pernafasan, penyakit kulit, kerusakan otak, kerusakan sistem saraf dan juga dapat merusak organ dalam tubuh. So hati-hati jangan sampai kita pakai di muka / badan, bahaya.

7. Mengandung E.Coli

     Seperti yang telah disebutkan pada point pertama, sering ditemukan jumlah bakteri yang berbahaya pada kosmetik palsu. Salah satu bakteri yang sering diidentifikasi atau ditemukan pada kosmetik palsu adalah e.coli (Escherichia Coli). E.coli dapat menyebabkan diare, bahkan sampai anemia dan gagal ginjal. Jijaynya, e.coli menyebar lewat poo-poo dan orang-orang yang ngga mencuci tangannya dengan bersih setelah buang hajat (malah mungkin gak cuci tangan sama sekali, ewww). Yah, seperti yang aku bilang tadi, kemungkinan itu pabrik / lokasi dan bahkan pembuat makeup palsu ngga peduli dengan kebersihan, jadi ngga usah kaget deh kalau ada e.coli dalam makeup palsu. Eww.

9. Mengandung Kotoran / Pipis Tikus


     Ha-ha, masih perlu di jabarin? Yep teman-teman tercinta sekalian, makeup palsu sangat rentan mengandung kotoran atau pipis tikus. Ew ew ewww. Jadi, balik lagi ke point pertama dimana itu tempat pembuatan kosmetik palsu kemungkinan besar jorok dan ngga peduli sama sanitary, jadi itu tikus berkeliaran bisa eek dan pipis di manapun dia mau. Atauuu, bahkan sengaja di masukin sebagai bahan penyempurna makeup palsu, we'll never know haha. Yang pasti kotoran / pipis tikus itu menjijikkan, mengandung bakteri dan kuman yang pastinya kita ngga sudi pakaiin di muka atau di kulit :|

10. Mengandung Pipis Manusia

     Jadiii, pada kosmetik palsu seerti parfum atau colognes ternyata ditemukan mengandung pipis manusia. O...kay. Selain pastinya jijik macem kotoran / pipis tikus di atas, pipis manusia ini juga bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit atau permasalahan kulit lainnya. Idih, gak lucu banget kirain fancy nyemprot Bvlgari parfum ternyata yang nempel di badan pipis abang-abang pembuatnya karena beli yang KW :|

---
      Hiiii, ngeri banget kan, plus jijay banget buat beberapa point *shiver*. Beberapa hal berbahaya dan menjijikan yang aku sudah sebutkan di atas dapat menyebabkan berbagai macam efek samping buat kita yang menggunakan makeup / kosmetik palsu tersebut lho, ngga cuma sekedar iritasi, tapi bisa sampai menyebabkan kematian! OMG, yuk yang masih bandel makai makeup palsu dengan alasan "murah", please guys, mending segera dihentikan sesegera mungkin. Gila lu kalo abis baca artikel macem ini masih berani-berani pakai kosmetik gak jelas, palsu atau abal :o

     Jangan sampai di kepala kalian masih sempat-sempatnya mikir "gue pake dan di gue baik-baik aja kok, ngga gatel ngga apa, kualitasnya juga bagus". Please STOP berfikir seperti itu, kita kan ngga tahu efeknya baru muncul jangka panjang nanti atau gimana. Sukur-sukur muncul iritasi sebentar doang, kalau sampai kehilangan indera, misalnya mata jadi buta dan sebagainya atau bahkan sampai kematian, mau gimana?? Mending cari aman deh ya, ngga sebanding murahnya :(
   
     Jujur, dulu awal-awal tertarik makeup, aku juga cukup innocent dan bego buat beli makeup palsu cuma karena murah, ketidaktahuan dengan yang namanya makeup bisa ada yang palsu, dan tergiur isi nya biasanya banyak (misal eyeshadow murah bisa dapat sampai ratusan warna-warni). Yah kalau ngga tau siapa sih yang ngga tergiur, ya gak? Yang tau aja kadang masih bandel tetep tancep gas buat beli.

      Lucky me, sejak memutuskan jadi blogger dan mulai cari tahu lebih banyak tentang makeup, mata jadi terbuka sama yang palsu-palsu. Lucky juga aku cukup cepat sadarnya tentang makeup palsu yang ternyata bisa berbahaya (walaupun dulu ngga tahu bahayanya sampai agak detail seperti ini) dan aku langsung stop pemakaian dan buang itu makeup palsu yang udah aku beli. 

     Awal-awal aku memilih beli makeup lokal aja, yang mudah di dapat dan harganya masih terbilang murah (that's why eyeshadow palette pertama aku yang official non abal jadinya Sariayu hahaha), atau makeup drugstore yang harga-harganya juga cukup affordable di kantongku. Kalau belum puas, sekarang banyak makeup dupe yang biasanya miriipp banget yang bisa kamu coba walaupun ngga akan se-perfect aslinya. Atau kalau emang kepengen banget punya itu brand, coba nabung dan langsung beli yang aslinya, jangan malah beli palsu karena cuma gengsi mau 'terlihat' nenteng itu brand makeup. Hati puas dan meminimalisir bahaya, walaupun kantong bakal kemungkinan cekak tapi kan uang bisa dicari lagi :')

     Jadi inget guys, say no to makeup / kosmetik palsu! Mau tobat tapi masih bingung cara bedainnya? Kamu udah bisa cek artikel ku yang selanjutnya tentang TIPS MENGETAHUI CIRI KOSMETIK PALSU DI SINI. Sekian dulu deh artikel ku kali ini, udah mayan panjang soalnya, stay tuned for the next post ya guys!  

Love,
Auzola


6 comments:

  1. aku pribadi sih prefer beli dupes atau preloved gitu daripada fake hahaha. pabrikannya gatau dimana, bahkan mungkin quality controlnya ga ada huhu. Thanks for sharing kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuull, mending beli dupes atau preloved..serem sama yang abal2 :(
      thanks juga sudah mampir fujii <3

      Delete
  2. Bener banget Ola, heran sama orang yang masih ga perduli sama kesehatannya sendiri demi style, biar gaya dikira pakai produk terkenal padahal KW :( tapi preloved juga aku nggak gitu setuju sih karena bekas pakai orang kan banyak bakterinya juga, kecuali kita kenal orang yang jual dan di steril dulu sebelum dipakai :)

    www.dajourneys.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ciii, padahal mah serem ya. Kalau dia belum tau wajar deh, kalau udah tau terus masih bebal pake yang palsu itu duh kebangetan :(
      Aku juga ngga pernah beli preloved sih huahahaha, anaknya doyannya yang baru xD

      Delete
  3. aduh apaan banget ini bagian mengandung pipis.. mau pipis tikus atau manusia, klo urusan pipis aku mah ga rasis karna jiji. :(

    tapi aku untungnya klo makeup sejauh ini emang lebih doyan makeup lokal, ga terlalu banyak yang aneh2 impor, jadi jarang denger ada yang dipalsuin. jangan sampe deh mudah-mudahan. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahahaha, sama aja ya sama2 pipis xD
      Iyess, mending lokal deh dari pada maksa-maksa beli "luar negeri" punya cuma KW :(
      Tapi viva denger2 ada palsunya juga, jadi tetap harus hati-hati beli di toko2 yang terpercaya hehe

      Delete