Friday, April 26, 2019

(Bahasa Indonesia) Motherhood: Persiapan Staycation dengan Membawa Bayi

Hola guys!!

     Aku mau share experience aku nginep sama bayi Isa nih beberapa saat lalu. Tapi ini ngga review hotelnya guys, lebih kaya ke perencaan yang aku buat biar staycation sama Isa lebih aman dan menyenangkan! Apa aja sih kalau menurutku yang penting? Yuk di baca!


     Jadi, awal April lalu aku sempat staycation di Grand Zuri BSD sama Isa dan Ichi. Akhirnya berani bawa Isa nginep keluar selain ke rumah mertua hahaha. Aku emang jarang banget bawa Isa jalan-jalan, soalnya takutnya anak bayi kalau belum setaun dibawa kemana-mana rentan kena penyakit yes. Alhamdulillah si Isa ngga sering sakit, kalaupun sakit itu pas ketularan serumah pada sakit. Sisanya aman, fyuh (jangan sampai deh sering-sering sakit, capek pol jaganya).

     Emang sih, Isa belum satu tahun sekarang, tapi biar dia ada interaksi dengan dunia luar akhirnya aku mulai dikit-dikit berani bawa ke mall dan akhirnya berujung mantap buat ajak dia staycation, ngga jauh-jauh dulu deh, takut ngga repot. Bukan cuma repot karena jaga Isa, tapi akupun harus pumping terus-terusan dan itu lumayan bikin repot banget alias makan waktu. Kenapa aku pumping terus-terusan? Soalnya Isa udah ngga mau direct dari 6 bulan-an, jadi aku harus keep up pumping biar ASI nya ada terus. Ribet ya? Banget.

     Yha pada intinya aku akhirnya ngajak Isa nginep di Grand Zuri dan banyaaaakk banget persiapan cuma mau ke BSD doang hahaha. Aku tipenya masih yang takutan memakaikan barang-barang yang disediakann di tempat umum (misal kasur bayi/bangku makan bayi), takut ngga bersih hahaha. Maapin deh aku kadang suka jijik-an gitu. Jadi apa aja yang aku siapkan buat staycation kemarin?

1. Car Seat

     Ini wajib banget karena aku pakai mobil. Aku dari awal berusaha sedemikian mungkin biar Isa duduk di car seat kalau naik mobil (kecuali pas dia dibawa sama mama/papa, pasti digendong aja, doh). Untungnya Isa udah lumayan biasa duduk di car seat selama perjalanan. Paling kalau udah terlalu lama, aku gendong sebentar lalu balikin lagi di car seat-nya. Isa juga sering ketiduran di car seat kalau udah capek. Jadi pas jalan ke BSD kemarin, walaupun macet, dia akhirnya tidur sendiri dan ngga begitu rewel.

Isa mulai ngantuk dengan Teddy dan bantal gemesnya terjebak dalam car seat.

2. Mainan

     Musti banget lah ya bawa mainan kalau bawa bayi. Aku taro mainannya ditempat yang mudah aku jangkau, satu mainan aku pasang di pegangan tangan dekat car seat Isa, biar menggantung dan bisa dia mainin. Beberapa aku kasih pegang sendiri, dari mulai teether atau mainan biasa. Oh, jangan lupa si Teddy (boneka beruang Fabler Bjorn dari Ikea yang Isa demen banget gigitin).

3. Bantal

     Isa suka bantalnya dan dia emang biasanya tidur pakai bantal kalau bobok di crib rumah. Jadi kalau keluar biasanya aku suka bawain juga bantalnya dia, buat tidur di car seat, stroller, maupun di hotel nantinya. 

4. Susu dan Botol Bayi (+ Penghangat Susu)

     Karena Isa ngga direct breastfeed, makanya aku harus bawa ASIP yang udah dikulkasin. Emang sekarang stoknya pun lagi ngga banyak, jadi kalau mau keluar-keluar gitu panjang mikirnya. Soalnya harus kejar dengan pumping terus. Jadi ketiga hal ini sangat esential buat aku bawa.

5. Makanan Bayi dan Booster Seat

     Karena Isa udah mulai makan jadi makanan bayi ya harus dibawa. Tapi aku ngga khawatir sih, karena kalau berpergian kan bisa beli makanan bayi jadi yang udah di jar maupun pouch. Aku tetap bawa makanan yang udah aku masak, makanan buat diseduh dan juga beli makanan jadi yang udah di pouch. Soalnya Isa suka GTM, jadi makanannya harus variatif belakangan ini. 

     Kalau booster seat aku bawa buat makan dia, terutama di hotel, soalnya masih ngga berani pinjem highchair publik, takut ngga bersih juga, soalnya Isa suka nempelin mukanya ke meja. Plus kalau ngga duduk di booster (atau at least stroller), bah bakalan ribet makannya. Jadi kalau makan emang dia selalu aku tempel di highcair/booster/stroller dan fokus makan aja (paling sambil megang mainan buat dia banting-banting).

Isa dan booster seatnya pas di Chin-Ma-Ya abis dari Grand Zuri, lebih aman sentausa kalau makan. Ngga bisa kabur anaknya hahaha.

6. Alat Pumping

     Ini WAJIB banget kalau ngga Isa ngga bisa mimik nantinya hahaha. Jadi aku selalu bawa alat pumpingku (Spectra) dan segala perintilannya. Ngga lupa juga Gabag Plastik ASI dan botol kaca buat nyimpan ASIP.

Liatkan di kanan kiri Ichi, harus selalu ada alat pumping hahaha.

7. Stroller

    Penting kalau staycationnya mau sekalian jalan-jalan. Kebetulan hari itu aku ada event di AEON, jadi stroller ya wajib di bawa. Untung juga sih dibawa, karena pas pulang aku mampir ke IKEA, ngga kebayang kalau ngga ada stroller hahaha. I know di beberapa tempat kaya mall gitu bisa pinjem stroller, tapi kaya yang aku bilang tadi, aku menghindari sebisa mungkin pinjam-pinjam barang yang seperti ini, takut kotor. Oya, stroller ini juga penting pas makan, karena kalau di mall aku pakai stroller di restaurantnya (makanya selalu cari yang lowong), alasannya sama kenapa ngotot bawa stroller sendiri haha.


8. Baby Carrier 

     Ini juga aku bawa kalau Isa bosen di stroller. Yang biasanya sih ujung-ujungnya ngga kepakai karena Isa maunya digendong biasa aja dan biasanya kita juga ngga lama-lama gendong. Kalau udah beberapa saat pasti dibalikin ke strollernya.

9. Baby Box / Travel Cot (+ Mattress)

     I know ini agak maksa, tapi tetap ku bawa. Soalnya Isa itu mulai bahaya suka melipir ke pinggiran kasur, takut jatuh, soalnya dia kan belum paham turun dari kasur dengan benar. Di rumah sih pasti di masukkin baby crib biar aman kalau main tanpa pengawasan full dari aku atau pas tidur. Emang beberapa hotel bisa pinjem baby box, cuma selain masalah takut ngga bersih banget tadi itu, harga sewa baby box pun setau aku ngga begitu murah. 

     So opsi membawa baby box sendiri udah paling aman dan hemat menurutku. Travel Cot ku merek Joie dan itu bisa dilipat ke dalam size yang ngga begitu makan tempat. Yang makan tempat justru karena aku ngotot bawa matrasnya hahha. Isa ngga begitu suka tidur di travel cot tanpa matras, mungkin karena ngga stabil kalau dia mijak kali ya. Jadi akhirnya aku ya mutusin bawa juga matrasnya hahaha.

Isa di dalam baby box lengkap dengan matras, mainan dan bantalnya pas di Grand Zuri kemarin. Itu bukan gigi tapi makanan yang nempel di bibirnya hahaha.

10. Baju Bayi, Tissue Basah, Popok, dan Perlengkapan Mandi

     Iyalah pasti harus bawa baju ganti, tissue basah dan popok hahhaa. Untuk staycation semalam, aku mempersiapkan 4 pasang baju buat Isa dan 1 baju renang. Oya, ngga lupa juga bawa handuk Isa sendiri. Aku juga bawa sabun Isa soalnya Isa kulitnya agak sensitif, jadi sabunnya biasanya antara Mustela (bisa baca reviewnya DI SINI) atau Cussons SensiCare (bisa baca reviewnya DI SINI). Terus juga bawa minyak telon, lotion, Sudocrem, dan perintilan lainnya.

Biasanya aku pakai ini atau yang Cussons SensiCare.
---

    Banyak ya? BANGET! Tapi ya demi keamanan dan kenyamanan Isa itu semua bisa kita masukkin ke mobil Yaris imutku hahaha. Memang, ngga semuanya esential buat kebanyakan orang tua, tapi kalau aku 10 hal di atas itu cukup esential. Tau kan sekarang kenapa aku masih jarang banget bawa Isa jalan-jalan. Staycation yang pinggiran Jakarta aja ribet, apalagi kalau harus naik pesawat/kereta. Pasti preparation ku bakalan beda lagi, lebih ribet? Maybe.

     Aku masih mikir-mikir banget sih kalau mau bawa Isa lebih jauh lagi, walauapun aku tetep pengen staycation. Dan sebenarnya dari pulang staycation kemarinpun aku sama Ichi ngga kapok. Soalnya Isa super senang diajak staycation. Ngga berhenti-henti ketawa senang pas main di kamar hotel. Pas berenang dia agak tegang sih, cuma aku emang mau bikin dia berani lagi nyemplung di air (kelamaan ngga pakai bak mandi, jadi doi suka parno kalo dicelupin ke air). Pas mampir ke restaurant ramen Jepang Chin-Ma-Ya juga senangnya bukan main (baca reviewnya DI SINI). Terus abis itu ke IKEA juga dia demen banget, maunya pegang semua yang lewat hahaha.


     Jadi ya kita ngga kapok, walaupun urusannya segudang. Malah langsung banyak wacana mau staycation lagi, tapi ya tetep deket-deket juga sih. Sempat kepikiran apa nyoba di apartemen gitu, soalnya kan sekarang juga banyak sewa apartement, kaya misalnya sewa apartement harian di jakbar, jaksel, jakut dan sebagainya. Atau malah mau ke bogor atau puncak, yang jauh dikit tapi tetap ngga jauh-jauh banget. Banyak deh jadi wacananya! Hahaha, se-excited itu emang.

     Yah, semoga aja dalam waktu dekat ada rejeki lagi buat staycation sama Isa dan Ichi. It's gonna be super fun! Kalau kalian yang udah punya bayi, gimana pengalaman staycation atau liburannya? Sama ribetnya? Atau malah biasa aja? Yuk share! Anyway, see you guys on my next post!

Love,
Auzola


No comments:

Post a Comment