Saturday, May 18, 2019

(Bahasa Indonesia) Chit chat: Persiapan Lebaran dengan Bayi!

Heyyyy!

     Aku mau chit chat lagi niiihh. Lagi ngga beride mau bikin review dari kemarin, padahal udah setengah jalan, terus stuck hahaha (gitu tuh kalau nulis, suka mampet). So, aku mau sharing aja chit chat ku tentang persiapan lebaran dengan bayi, soalnya ini lebaran pertama-nya Isa! Dan aku masih kelimpungan banget dengan status "new mom" yang masih kurang dari setahun ini. So, gimana nih persiapanku lebaran dengan bayi Isa? Apa aku bakalan mudik? Yuk di baca aja!



     Tapiiii, luckily aku bukan tim mudik guys!! Pasti kalian yang mau mudik, apalagi bawa bayi, makin banyaaaakk pikiran dan urusan persiapannya! Walaupun mungkin persiapannya lebih ribet, tapi untungnya kalau sekarang sih pasti lebih gampang ya seharusnya ngurus masalah kendaraan buat mudik. Mau beli tiket dan jadwal kereta kek, mau pesawat, kapal kek, atau mau cek tiket dan jadwal PO bus Efisiensi, atau apapun itu kendaraan yang kamu mau gunakan saat mudik, pastinya bisa lebih gampang karena berbagai platform yang bisa diakses secara online, in one click away. Ngga kaya dulu harus datengin tempat beli tiket haha, ribet. Untung dulu aku masih kecil, jadi mau naik mobil, kapal, atau pesawat ya tinggal terima jadi.

      Kenapa aku ngga mudik? Aku dari pas pindah ke Jakarta emang udah ngga mudik, soalnya aku tinggal di rumah nenek-kakek (maternal side), sama mama papa ku (sekarang nenek kakek udah meninggal, tapi masih tinggal sama mama papa di rumah yang sama), jadi ngga butuh pulang kampung ke Aceh. Selain itu, ayah dan mama Ichi pun di Jakarta (rumahnya pun kepeleset sampai), jadi benar-benar ngga ada keperluan buat mudik, kecuali jalan-jalan hehe. 

     Well, walaupun gitu, mudik jaman sekarang itu masih jauh lebih enak dibanding jaman dulu lah ya dengan berbagai fasilitas yang udah ada sekarang. Kalau dulu pas aku tinggal di Aceh, sama mama papa pastinya suka bolak balik ke Jakarta buat visit nenek kakek, dan itu naik mobil atau kapal! Sebenarnya sering juga naik pesawat, cuma kayanya bokap suka jalan darat atau laut. Maybe karena bisa sight seeing atau lebih seru kali ya. Ntah lah, bokap hobi pokonya haha.

That was the cute little me with my mom in the shotgun.

     Akupun kalau sekarang harus mudik, pastinya lebih milih naik pesawat sih, bisa encok kalau naik mobil kaya bokap hahaha. Aku aja ngga betahan harus di mobil lama-lama, apalagi si Isa yang masih kecil. Pasti rusuh, so pretty much aku cukup bersyukur mudik bukan suatu kewajiban di keluargaku hahaha. Therefore uangnya bisa disimpan buat jalan-jalan cantik nanti!

     Yhaa, walaupun ngga mudik, tapi tetep aja ribet guys! Duh ngga kebayang deh kalau mudik juga, pasti makin banyak persiapan hahaha. Yah pastinya sekarang waktu ku sangat terbatas, selain jaga Isa, aku harus rutin pumping (karena Isa ngga direct, jadi kalau missed pumping bisa fatal banget), terus karena mau lebaran aku juga bikin kue lebaran, belum lagi tetap mau makeup dan ngejar deadline freelance. Wah ribet deh. Sebenarnya kalau ngga pumping, waktuku bakal jauuuuuhhh lebih banyak bisa ini itu, tapi kemakan pumping banget sih.

     So, apa aja sih yang aku persiapin buat lebaran di Jakarta?

1. STOK SUSU!

     Paling penting, karena sibuk ini itu, ASI ku lagi drop, jadi kejar-kejaran banget pumping sama konsumsinya Isa. Pening aku tu. Jadi stok susu penting biar pas lebaran bisa bernafas sedikit. Kan enak tu kalau bisa ngumpul-ngumpul tanpa pusing mikirin Isa ada susu atau ngga :(



2. Bikin Kue Kering

     Aku awalnya ragu mau bikin kue kering atau ngga, tapi akhirnya memutuskan buat bikin sendiri aja. Dan itu sumpah curi-curi waktu bangetttt. Soalnya ya itu tadi, berbagai hal, termasuk pumping tiap beberapa jam sekali, bikin waktu ku sempit. Plus aku ngga bisa skip tidur, bawaannya cranky dan ngga sehat. Dari pada dilampiasin ke Isa, mending aku maksain waktu buat tidur deh, biar yang lain mepet-mepet waktunya.

     Kalian ada yang bikin kue kering juga kah, gimana susun jadwalnya? Kalau aku bikinnya saat malam, setelah Isa tidur, sampai waktu sahur, soalnya kosongnya ya jam segitu. Terus ngga ada yang bantu jadi lebih lama prosesnya. 



3. Susun Jadwal Family Visit

     Ini salah satu hal yang penting lainnya buat 'newly wed' kaya aku kemarin pas hamil kan drop, jadi ada alasan kalau ngga family visit, sekarang sih udah ngga bisa dihindari lah ya. Bayangin keluarga aku banyak, keluarga Ichi banyak, at least ada dua rumah yang fix harus di visit di hari pertama lebaran. Padahal rumahku sendiri open house untuk kumpul-kumpul keluarga dari sisi nyokap. Pusing kan tu, harus pertahanin fort tapi tetap harus visit orang haha.

     Jadi, kemungkinan besar sih hajar di pagi. Abis solat Eid di rumah ku (aku kekeh mau di rumah tahun ini soalnya solat Eid di rumah ku pas banget di jalanan depan rumah, tinggal buka pager), baru mampir ke rumah Ichi karena dekat juga untungnya. Nah setelah itu baru deh visit om ku dan om nya Ichi, dan baru deh pulang buat nge-host lagi di rumah, karena bakalan rame sampai malam.

     Pasti bakalan ribet sih, karena bayi punya waktu tidur, kalo ngga pinter-pinter, yang ada bayi malah skip jadwal tidur, terus imbas cranky semaleman. So, buat kalian yang punya bayi, penting banget deh nyusun waktu family visit saat lebaran, jadi ngga pusing.


4. Beli Baju Lebaran!

     Okay, karena efek baru punya anak, aku lagi kepengen banget pakai baju mirip pas lebaran. Ngga seragam yang sama persis ketiplek sih, cuma mirip-mirip aja gitu, misal dari tone-nya. Nyari baju koko bagus untuk seumuran Isa itu susah, jadi apa yang Isa udah punya, aku harus nyari yang mirip itu buat aku dan Ichi. Pilihan baju dewasa lebih beragam kan, jadi mending kita yang ikutin Isa, daripada ngga nemu yang buat Isa. Kalau kalian yang biasa seragaman buat Eid, belinya pada di mana sih yang harga bersahabat? Do share!



5. Beberes Rumah

     Oya, aku tu ngga perlu masak, kalaupun masak cuma bantu-bantu aja, karena nyokap dan bokap yang masak biasanya. Aku lebih ke beberes rumah dan nyari bunga buat mempercantik rumah. Means harus bagi waktu lagi karena rumah aku tingkat dan aku ada rencana buat beberes totalitas buat bagian atas. Soalnya aku tinggal di atas, jadi kaya ngekos/apartemen sendiri gitu, karena seantero atas cuma aku dan Ichi (plus Isa aja). Belum lagi beresin kandang kucing.

     Biasanya aku nyari mba harian buat bantu beberes rumah bagian bawah. Tapi tahun ini agak kepikiran mau kaya go-clean atau sejenisnya, cuma aku males jaga nya. Kalau mba yang biasa kan udah kenal atau lebih terpercaya lah, jadi ngga perlu di awasin ketat. Tapi masih ragu nih, mau nyoba apa ngga. Liat nanti deh.


6. Siapin Uang THR Buat Dibagi

     Di rumah aku dari dulu udah tradisi malemnya bagi-bagi THR. Mumpung aku sekarang udah gede, mau ngga mau jadi pemberi THR, bukan penerima lagi hahaha. Tapi kalau buat sodara-sodara aku kasihnya maybe around 20-50 ribuan aja, soalnya banyaaakk, bisa tekor kalau kasih banyak-banyak hahhaa. Kalau single mah gapapa deh, duit buat sendiri, ini udah ada Isa, jadi keperluan Isa tetap utama. 

     Kalau buat adik kandung baru sekian ratusan lah, depends, soalnya tahun ini aku kan udah ngga kerja semenjak lahiran Isa, jadi ya uang dari Ichi aja. So butuh perhitungan tepat biar ngga ada budget yang bocor, kalau lagi gini pasti rentan banget bocor. Kalian financial planning buat lebaran udah oke kan? Hayo jangan bocor! Doakan aku biar budget bulan ini tetap aman dan pada pos masing-masing ya guys! Haha.
   
---
     So far, 6 hal itu sih yang cukup penting buat survive lebaran tahun ini. Aku masih buta banget lebaran sama bayi, jadi semoga planning yang aku tulis ini bisa bantu aku buat inget-inget persiapannya. Deg-degan sih, cuma senang juga, it's Isa's first Eid!! How exciting. 

     Kalau kalian, gimana persiapannya? Di rumah aja, atau pada mudik? Jangan lupa planning semua dengan detil ya, terutama kalau mudik, biar menghindari keapesan hehe. Buat yang di rumah maupun yang mudik, stay save during Eid. Semangat, Eid is coming soon!

     Sekian dulu ya chit chat kali ini. Hope to see you guys later on my next post!

Love,
Auzola


4 comments:

  1. Wah Isa lebaran pertamakali
    Pastinya excited banget ini nyiapin lebaran bareng bayi. Mantul persiapannya euy

    Btw aku suka deh lihat foto lama itu. Terasa hangat di hati membayangkan perjalanan sekeluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa! Hehe, tahun lalu masih nunggu keluar soalnya wkwk. Lumayan excited nih, tapi deg2an sama keribet-an yang mungkin terjadi xD

      Hahaha, iyaaa, untungnya bokap banyak banget nyimpen foto lama jadi bisa throwback :D

      Delete
  2. Wah, pasti ribet banget ya. Bikin kue kering, tuh, yang harus dicicil dari kapan tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa, sampe keteteran banget tahun ini pdhl udah dicicil huhuhu

      Delete