Monday, June 22, 2015

(Bahasa Indonesia) Experience: Hair Coloring with L’Oréal Paris Excellence 4.26 Purple Brown - Lembaran Baru 'Unveils The Excellence in Me'

Hey guys!

     Back again with me! Akhirnya aku ngepost tentang pengalamanku ngecat rambut sendiri di rumah! Hahaha, aku menggunakan L'Oreal Paris Excellence 4.26 Purple Brown, dan aku ngelakuinnya all by MY SELF! Maybe kedengeran lebay bagi kamu, tapi ngecat rambut perihal yang cukup penting bagiku. Yah itu juga karena sebelumnya aku ngga pernah warnain rambut. Jadi yuk langsung aja cek pengalamanku, terutama bagi kamu yang masih takut-takut buat cat rambut (kaya aku dulu!).

Check the English version HERE


INFORMASI PRODUK
Blog Label: Yellow
Experience: Hair Coloring
Brand: L’Oréal Paris
Name: L’Oréal Paris Excellence - 4.26 Purple Brown
Made In: China
Price : IDR 120k (sekitaran USD 10)
Harga berdasarkan toko di Indonesia.

     Long story short, intinya aku dapetin ini cat rambut pas dateng ke eventnya L'Oreal 'Lembaran Baru' Unveils The Excellence in You, di mana si Dian Sastro nunjukin warna rambut barunya. Jadi di sana mereka juga sekalian launching warna baru, yaitu L’Oréal Paris Excellence 4.45 Mahogany Copper Brown dan L’Oréal Paris Excellence 4.26 Purple Brown. Sebelum ada shade ini, L'Oreal Excellence juga uda punya sekitaran 20 warna yang bisa kamu pilih dan sesuain sama diri mu (lihat di sini untuk tips memilih warna rambut berdasarkan undertone mu).
    Terus juga di sana aku sedikit konsultasi tentang warna rambut yang cocok di aku. Dari konsultasi itu di dapat aku itu lebih ke warm tone, jadi di kasih tau warna-warna L'Oreal Excellence yang mungkin cocok di aku. Kebetulan aku dapat yang nomer 4.26 Purple Brown, pas aku tanyain katanya sih masih cocok di aku, karena walaupun purple brown, ini masih ada shade kemerahannya, which is bagus buat warm tone. So then my journey started.

KEMASAN
    Well, aku mau nunjukin kemasan produknya dulu sebelum kita mulai sama pengalamanku hahhaa.
     Box nya berukuran sedang, ga gede-gede banget cuma ga kecil juga. Terus di depannya ada gambar mba-mbanya menggunakan warna rambut yang tertera di kotak (ya kira-kira hasilnya gitu maksudnya). Punya ku yang nomer 4.26 Purple Brown. Di bagian belakang ada keliatan kira-kira hasilnya setelah melakukan pewarnaan. Kalau yang rambut naturalnya cokelat gitu hasilnya bakalan lebih terang, kalau mulainya dari hitam (atau brownish black gitu), warnanya pasti lebih gelap hasilnya.

Samping-samping kotaknya, ada penjelasan mini tentang produk-produk di dalamnnya dan juga peringatan-peringatan yang harus kita baca baik-baik terlebih dahulu.

 Bagian atas.

Bagian bawah. 

 Well, di bagian tutup ini kamu bisa gunting dan selipin di dompet mu, in case kalau lupa warnanya pas mau beli lagi hehehe.


     Dan ini peralatan perang yang disediakan dalam box nya! Menurutku ini uda cukup complete buat bikin rambut mu jadi kece hahaha. Aplikator ujung tip dan ujung sisir pun disediakan, tapi kalau kalau lebih suka pakai sisir brush yang buat cat rambut itu gapapa juga kok. Aku sendiri pakai sisir brush itu juga buat bagian pangkal rambut dan aplikator yang bentuk sisir dari box nya bantu banget! Oya, terus juga produk-produknya di kasih nomer-nomer, jadi kamu ga perlu bingung step nya :)

DETIL PENGALAMAN

     Sebelumnya aku sempat galau mau ngecat atau ngga hahaha. Bukannya karena gak mau ya, mau banget sebenarnya punya warna rambut berbeda, cuma nyokap selalu bilang ngecat rambut itu ngerusak rambut. So semenjak itu aku jadi takut gitu, aku panik kalau rambutku bercabang atau kering gitu (ini aja dari beberapa bulan lalu rontok parah aku panik hahhaa). Aku juga percaya akhirnya di cat itu bikin rusak pas ngeliat banyak banget cewek-cewek yang rambutnya di cat pada kering kerontang dan ada split ends nya. Jadi aku takut intinya.
     Akhirnya pas datang yang ke event L'Oreal ini dan liat si Dian Sastro rambutnya tetep oke abis di cat pakai L'Oreal Excellence, bikin aku mupeng mau ngecat, walaupun tetep parno hahaha. Terus aku juga baca press release nya kan yang bilang kalau L'Oreal Excellence ini pakai triple care technology, satu-satunya brand pewarna rambut yang melindungi rambut sebelum, selama, dan setelah pewarnaan. Akhirnya aku memutuskan buat tanya cowok ku mending di cat atau ngga, dan respon yang dia kasih positif dan nyuruh aku ngecat aja! Katanya, have courage dan lakuin aja, pasti bagus kok. Hehehe, jadi akhirnya aku memantapkan langsung ngecat rambut ku besoknya, sebelum aku berubah pikiran lagi hahhaha.
     Well, satu-satu nya alasan aku ngga langsung nge cat rambut abis ngrbol sama cowoku karena aku mau tes alergi dulu. Tentunya aku yang parno ini gak mau ada kejadian aku bentol-bentol cuma karena ga tes alergi hahaha. Jadi aku langsung mengoleskan sedikit cream colorant di bagian belakang telinga ku dan aku biarkan selama kurang lebih 24jam tanpa di bilas bagian situ nya (kalau mau lebih yakin bisa coba sampai 48jam). Setelah yakin ga kenapa-napa, akhirnya aku ngecat rambutku!

     Well, sebelumnya pastikan kamu uda baca manualnya dengan baik dan mengerti semuanya ya. Kamu juga bisa google-google dulu mengenai cara pewarnaan rambut yang benar (di sini  aku share tentang manual dari L'Oreal untuk lebih jelasnya). Kamu juga bisa baca di sini buat tips ngecat rambut di rumah dari L'Oreal dan di sini untuk tips-tips mengecat rambut di rumah dari beberapa sumber yang aku uda rangkum. Biar makin mantep sebelum melakukan pengecatan hehehe.

Jangan lupa pakai sarung tangannya!

1. Gunakan Protective Pre-color Serum
     Okay, sebelum ngecat rambut, biar tetap terlindungi kamu harus menggunakan pre-color serum nya dulu! Aku gunakan banyak-banyak, abis satu tube hahaha, biar rambut tetap aman. Plus ini bikin rambutku berasa haluusss.

 2. Let's Color The Hair!
     Setelah selesai sama serumnya, sekarang saatnya buat ngecat rambut! Uhuy! Well, aku mulai dengan mencampurkan magic formula nya dulu. Hehehe. Cukup campurkan cream colorant nya ke dalam botol cream developer. Setelah semuanya di campur, kocok dengan tenaga biar tercampur dengan sempurna. Jangan kelamaan tapinya, tar malah botolnya bisa bocor karena kebanyakan isinya dan langsung potong ujung aplikatornya.


 
    Seperti yang kamu bisa lihat di gambar, warnanya uda keliatan kan dari botolnya! Campuran nya siap digunakan! Pertama aku pakai aplikator biasa ini buat di bagian pangkal rambut. Aku juga pakai sisir brush yang buat cat itu biar lebih merata. Setelah selesai sama pangkalnya, aku ganti aplikatornya sama yang bentuk sisir. Itu gampang banget deh buat warnain batang sampai ujung rambut dengan merata. Hahhaa, aku senang aplikatornya beragam yang bikin mudah buat ngewarnain rambut (terutama buat orang macem aku yang baru pertama kali ngewarnain rambut). 

     Setelah aku yakin seluruh rambut udah tercover dengan merata (aku pakai keseluruhan isi pewarna rambutnya biar make sure hahaha), terus aku tungguin 30 menit deh sebelum bilas.


 Patiently waiting for 30 minutes while watching my favorite tv series: Charmed :)

3. Cuci-cuci-cuci
     Setelah sabar menunggu, akhirnya aku bilas rambut ku deh! Pertama, aku membilasnya dengan air biasa (lebih oke lagi kalau pakai air hangat) sampai bersih banget, alias sampai tetesan air dari rambutnya uda hilang warnanya. Terus aku pakai protective conditioner balm nya secara merata di rambutku dan pijat-pijat dengan lembut. Tunggu sekitar 2 menit dan abis tu bilas deh sampai bersih!
Lalu aku nunggu sampai rambutku kering dengan sendirinya! Guess what? Rambutku tetep halusss!


 4. Lihat Hasilnya!
     Well, aku harus jujur kalau aku sukaaaa banget hasilnya! Emang ga begitu keliatan banget perbedaannya, tapi dengan cahaya yang oke keliatan kalau rambut ku sekarang purple brown dan ada refleksi warna kemerahan juga. Hasilnya quite nice menurutku, terlebih lagi aku emang ga mau keliatan langsung beda banget hahhaha, so it's a perfect start :)


     Lihat kan bedanya? Maaf ya kameranya kurang nangkep. Anyway, rambut ku sebelumnya itu hitam kecoklatan dan setelah di warnain jadi purple brown with a hint of red! Karena aku suka, aku berencana mau ngewarnain lagi dengan warna yang sama biar lebih ngejreng hahaha.


REVIEW KESELURUHAN

     I loooovveee it! My first experience ever and it turns out nicely! Omg! Thank you L'Oreal for giving me such a smooth experience! Hahahha seriusan deh, aku beneran merasa happy dan excited banget, ya gimana lagi, ini pertama kali aku ngecat rambut SENDIRI dan ternyata hasilnya cukup oke, plus rambut ku tetap halussss! Senaaaanggg! Terus karena pengalaman sama L'Oreal Excellence ini pula, aku semakin berani buat kedepannya mau coba warna rambut lain hihihihi.
     Yang aku bisa bilang ke kamu yang masih takut-takut buat ngecat rambut: Jangan takut!! Kamu gak bakal nyesel deh, terutama kalau kamu baca manualnya dengan baik dan juga bisa memilih warna yang cocok sama kamu. Plus jangan takut sama proses pewarnaan rambut, at least aku pakai L'Oreal Excellence ngga bikin rambut ku rusak, ngga kering, ngga ada rambut bercabang. It's great really!

Pro:
+ isi box nya komplit buat ngecat rambut
+ warnanya oke
+ mudah banget makai cat nya
+ instruksinya gampang di mengerti
+ ngga ada alergi muncul
+ ngga ngerusak rambut ku
+ bikin aku jadi lebih berani untuk kedepannya ngewarnain rambut lagi
+ warnanya tetap oke walaupun uda hampir dua bulan

Cons:
- cat nya gak bikin rambut kamu berubah warna ngejreng banget (kali aja kamu pengen yang kaya gini), tapi sih sebenarnya aku ngga masalah dengan hal ini hahaha.

Overall Rating: 4.5/5
---

     Enough said, i love my experience and i'm glad i did it. Oya, untuk bikin warna rambutnya tetap vibrant dan bagus kaya awal di warnain, aku ganti shampoo dan conditioner yang khusus buat rambut bewarna, yaitu L'Oreal Color Vive (yang packaging nya merah). Ku rasa efeknya oke karena warna rambut ku masih bagus sampai sekarang. Plus buat ngejaga agar rambut ku terhindar dari kerusakan, aku juga menggunakan L'Oreal Extraordinary Oil biar rambut teta halusss. Kamu juga bisa liat post ku yang ngebahas tentang cara merawat warna rambut setelah ngecat di sini!
     Tattttaraaaaaaa, i'm happy. Maybe it's true when the said that changing hair color might bring happiness and also more confident :)

Ini "Lembaran Baru", bagaimana dengan mu? Yuk share!

Love,
Auzola


-----------------------------------------------------------------
P.s bagi kamu yang blogger, L'Oreal juga lagi ngadain kontes “Lembaran Baru: Unveils The Excellence in Me with L’Oréal Paris Excellence”, yuk ikutan karena hadiahnya wow loh! Kontesnya cuma sampai tanggal 23 Juni 2015 ini aja, jadi jangan sampai ketinggalan ;)

8 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. aku habis ngecat rambutku tapi warnanya kok ga muncul banget kya punya kamu, kenapa ya ? 😕

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, mungkin beda tingkat warna rambut dan juga tekstur rambut kali ya.. soalnya setau aku di emang beda-beda masing-masing rambut, ada beberapa yang ga begitu keluar ada yang keluar lumayan warnanya. Kalau misalnya mau lebih keluar lagi tanpa di bleach, coba warnain sekali lagi dengan warna yang sama, di kasih jeda ya jangan lupa biar rambut ngga rusak :)

      Delete
  3. Loreal ini permanen atau gak? Thankyou :)

    ReplyDelete
  4. Loreal ini bau nya menyengat gak?beberapa cat rambut yg aku tau baunya menyengat&br stelah keramas beberapa kali br hilang baunya

    ReplyDelete